Perhiasan sudah dikenakan oleh manusia sejak 75.000 tahun lamanya. Pada masa lalu, perhiasan juga lebih sering digunakan sebagai simbol status atau jimat untuk keberuntungan seperti yang sering diperlihatkan oleh kaisar, raja-raja, dan orang-orang kaya pada zaman dahulu. Pada awalnya, manusia menggunakan kulit, tulang, kerang, bulu, dan hingga gigi binatang yang dijadikan sebagai perhiasan.

Sedangkan di zaman modern ini, logam mulia seperti perak, emas, serta batu permata (diamond atau berlian) merupakan beberapa contoh pilihan perhiasan yang dianggap berharga. Hingga saat ini banyak dijumpai orang-orang yang menggunakan perhiasan berbahan kerang, akar-akaran, kayu, hingga gigi binatang atau taring.

Dan di era modern ini, sebagian besar perhiasan yang terbuat dari logam mulia berupa perak, emas, ataupun logam-logam lain seperti platinum, titanium, sampai rhodium yang sebagian besar telah dikombinasikan dengan batu permata. Sehingga tidak heran lagi bila di zaman modern ini, banyak sekali cincin nikah bertahtakan berlian ataupun sebuah anting yang terbuat dari kombinasi antara emas dan mutiara.

perhiasan berlian sertifikat

Diamond atau berlian adalah salah satu pilihan batu berharga yang banyak sekali digunakan untuk menghiasi anting, kalung, gelang, dan liontin. Berlian dipilih karena bentuknya yang indah, dan juga karena langka. Seperti pada umumnya sebuah batu berharga, berlian juga hadir dalam berbagai pilihan kualitas.

Bagi orang yang tidak paham dalam menilai kualitas sebuah berlian bukanlah perkara mudah. Pada dasarnya dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan yang mendalam untuk mengetahui kualitas, keaslian, dan juga berbagai cacat yang terdapat pada berlian. Selain membutuhkan keahlian, kamu juga membutuhkan peralatan yang canggih untuk meneliti sebuah berlian agar kamu mengetahui kualitasnya.

Jangankan untuk mengklasifikasi kualitas berlian, untuk membedakan berlian yang asli atau palsu saja banyak sekali yang masih keliru dan tidak bisa melakukannya. Bahkan tidak jarang juga menganggap sebuah berlian palsu sebagai berlian asli. Dan sebaliknya menganggap berlian asli sebagai berlian palsu.

Karena terdapat alasan tersebut, akhirnya muncullah beberapa lembaga yang secara khusus mendedikasikan diri untuk meneliti dan memberikan sebuah penilaian klasifikasi untuk berlian. Salah satunya itu adalah Gemological Institute of America (GIA).

Apa itu Perhiasan Berlian Sertifikat GIA?

Bagi kamu yang mungkin saja akan segera melangsungkan pernikahan atau pertunangan, sebagian dari kamu pasti ada yang berusaha mencari sebuah cincin kawin atau cincin tunangan berlian dan kebetulan menemukan istilah perhiasan berlian sertifikat GIA, pasti membuat kamu bertanya-tanya.

Apa sih yang dimaksud dengan perhiasan berlian sertifikat GIA? Mengapa semua perhiasan berlian sertifikat GIA selalu dijual lebih mahal namun justru lebih banyak dipilih dan dibeli?. GIA merupakan singkatan dari Gemological Institute of America yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti sebuah institut yang mempelajari batu permata dari Amerika.

Sebuah batu permata seperti berlian biasanya mendapatkan sertifikasi GIA, apabila orang yang memiliki mengirimkan sebuah batu permata tersebut ke GIA untuk diteliti. Dalam proses pengiriman dan penelitian tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan biayanya pun tidak sedikit. Itulah sebabnya mengapa mengapa sebuah perhiasan belian sertifikat GIA umumnya dihargai lebih mahal dibandingkan dengan perhiasan berlian biasa yang tidak dilengkapi dengan sertifikat GIA.

perhiasan berlian sertifikat
lion city lover

Sebuah berlian yang sudah diteliti oleh GIA akan langsung mendapatkan sertifikat sebagai bukti. Berbagai hasil penelitian terhadap sebuah berlian yang dicantumkan pada GIA diantaranya:

  • GIA akan mengklasifikasikan warna dan tingkat kecerahannya berlian yang diteliti. GIA juga akan cantumkan hasil pemolesan, simetri report, berbagai cacat, atau kekurangan yang terdapat pada berlian tersebut.
  • Bentuk atau model pemotongan. Ada beberapa model pemotongan berlian yang terkenal diantaranya itu terdapat radiant, oval, pear, round, emerald, princess, heart, dan lain-lainnya. Tidak kurang dari 60% berlian dipotong dengan model round brilliant karena dianggap sebagai pilihan potongan yang sempurna. Pada dasarnya, gaya round cut ini apabila dilakukan dengan tepat akan menghasilkan sebuah berlian paling cemerlang dan berkilau.
  • Pengukuran dan proposi. Selain mengukur ketebalan, ketinggian, dan volume keseluruhan berlian. GIA juga akan mengukur setiap sudut potongan, apakah sudah cukup presisi atau belum. Dari angka-angka hasil penghitungan tersebut seseorang bisa meneliti dan mengetahui apakah berlian tersebut cukup baik atau tidak. Sekalipun dipotong dengan gaya round brilliant belum tentu juga berlian tersebut bisa memancarkan cahayanya. Karena sudut pemotong yang tidak tepat dapat membuat cahaya terjebak sehingga berlian jadi redup tidak maksimal dalam menangkap dan memancarkan cahaya.

Bagaimana cara mengetahui keaslian sertifikat GIA?

Berbagai macam perhiasan berlian seperti anting, kalung, cincin, gelang, dan liontin berlian yang memiliki sertifikasi GIA dijual dengan harga yang lebih mahal. Karena harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membayar harga pehiasan tersebut, maka dari itu kamu juga harus tahu bagaimana cara membedakan sertifikat GIA asli dan palsu agar tidak tertipu nantinya.

Untuk mengetahui keaslian sertifikat GIA caranya cukup mudah. Karena semua GIA Report selalu disertai dengan nomor atau angka seri yang unik, yang bisa langsung kamu cek di website gia.edu sertakan nomor seri yang tertulis pada berlian sesuai nomor GIA Report yang hanya bisa dibaca dengan menggunakan kaca pembesar atau microscope.

Keuntungan membeli perhiasan berlian sertifikat GIA

1 Jaminan keaslian

Toko online merupakan salah satu tempat membeli perhiasan yang paling menyenangkan. Selain karena lebih hemat waktu dan lebih mudah, beli berbagai jenis perhiasan lainnya di online shop pilihannya juga terkadang lebih lengkap. Sehingga akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan sebuah perhiasan yang sesuai dengan yang kamu butuhkan dan sesuai dengan selera. Agar terhindar dari penipuan dan juga tidak mendapatkan produk palsu, kamu bisa membeli perhiasan apapun di toko online terpercaya seperti V&Co Jewellery yang menyediakan anting-anting, kalung, cincin, gelang, dan liontin berlian yang bersertifikat GIA.

2 Sertifikat taraf internasional

Sertifikat GIA sudah diakui di seluruh dunia. Sehingga untuk menjual perhiasan yang dilengkapi dengan sertifikat GIA akan lebih mudah dan harganya pun lebih terjamin.

3 Lebih terpercaya apabila berlian dijual kembali

Menjual berlian tentu tidak lah mudah. Apalagi jika dijual dengan orang yang tidak paham betul tentang berlian, pastinya akan merasa ragu karena tidak memiliki keahlian dalam membedakan berlian palsu dan asli. Namun dengan adanya sertifikat GIA yang menyertai berlian tersebut maka orang yang tidak memahami pun bisa mengetahui kualitas berlian tersebut dan mengetahui keasliannya. Pastinya akan lebih meyakinkan.

4 Bisa tahu kualitas berlian tanpa harus repot menelitinya

Meneliti sebuah berlian tidak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan mata telanjang. Selain dibutuhkan pengalaman yang luas dan juga pengetahuan, meneliti sebuah berlian juga membutuhkan perawatan yang khusus seperti kaca pembesar yang dapat melihat detail-detail kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Nah, artikel di atas sudah menjelaskan tentang keuntungan membeli perhiasan berlian sertifikat GIA. Jadi jangan sampai keliru lagi dalam membeli berlian, karena pembelian berlian harus benar-benar diperhatikan juga, lho.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin