persiapan acara lamaran

Apa Saja Persiapan Acara Lamaran?

Pernikahan itu biasanya diawali dengan lamaran kepada calon pengantin wanita. Di era modern ini lamaran dan tunangan dipadukan menjadi satu. Atau juga tak jarang seseorang menyebut acara lamaran dengan istilah tunangan. Terlepas dari apapun istilah yang digunakan, pada umumnya acara tunangan dimaknai sebagai pengikat antara kedua pasangan. Persiapan acara lamaran membutuhkan waktu juga, lho.

Cincin yang melingkar di jari manis tangan kiri ataupun tangan kanan sudah membuktikan bahwa kedua pasangan tersebut siap membawa hubungannya ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Keberadaan sebuah cincin tunangan juga bisa menjadi penjaga kedua pasangan. Sehingga siapapun yang melihat cincin di jari manis seorang wanita atau pria, akan lebih mudah untuk menduga kalau orang tersebut sudah dilamar atau sudah tunangan dengan pasangannya.

Apapun acara yang akan kamu gelar nantinya, khususnya lamaran, harus mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Karena hal itu akan membuat acara lamaran sukses dan yang pastinya akan lebih berkesan. Untuk mewujudkannya, berikut ini ada beberapa hal yang perlu direncanakan dengan matang dan yang harus dipersiapkan sebelum acara lamaran.

Pilih hari yang tepat

Di dalam budaya tradisional, biasanya ada pemilihan hari-hari tertentu yang dianggap sebagai hari baik untuk melangsungkan acara-acara seperti tunangan maupun pernikahan. Dalam memilih hari untuk tunangan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu antara lain:

  • Pilih hari libur

Memilih hari di mana para tamu undangan bisa hadir semua. Hari libur atau akhir pekan merupakan pilihan terbaik untuk melangsungkan acara tunangan. Pada saat itu baik anak sekolahan, PNS, hingga karyawan pun libur dan kemungkinan mereka dapat menghadiri acara kamu. Setidaknya jauh lebih baik dibandingkan mengadakan acara lamaran di hari kerja.

  • Pertimbangkan cuaca

Ada baiknya untuk mempertimbangkan sebelum melangsungkan acara apakah akan turun hujan atau tidak. Negara Indonesia itu yang kamu tau pasti hanya mempunyai dua musim saja yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan umunya akan berlangsung mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Namun tidak jarang juga musim hujan berlangsung sedikit lebih lama hingga bulan Maret atau April.

Melangsungkan acara di bawah cuaca yang cerah tentu saja menjadi setiap impian setiap orang. Dengan adanya cuaca yang mendukung, para tamu undangan biasanya akan lebih banyak yang datang dibandingkan jika kondisi cuaca sedang hujan. Sekalipun ada perkiraan cuaca, tidak sepenuhnya prediksi itu tepat, dear.

Sebagai informasi, perkiraan cuaca biasanya memiliki tingkat akurasi yang bisa mencapai 80% apabila diprediksi dalam kurun waktu 1 minggu ke depan. Akurasinya akan meningkat 90% apabila diprediksi dalam kurun waktu 5 hari. Dan sebaliknya, tingkat akurasi perkiraan cuaca akan menurun hingga 50% jika diprediksi hingga 10 hari kedepan.

Cincin tunangan

Sekarang ini banyak orang yang sengaja menggabungkan acara tunangan dengan lamaran. Bagi kamu yang sengaja menggabungkan kedua acara tersebut, maka harus mempersiapkan cincin lamaran atau cincin tunangan yang mewah tetapi balik lagi ke diri kamu sesuaikan dengan kemampuan kamu. Dengan adanya cincin akan membuat acara lamaran sukses dan berkesan pastinya.

Harga cincin untuk lamaran tentunya sangat beragam dan disesuaikan dengan dari bahan logam cincin tersebut. Cincin berlian asli tentunya lebih mahal dibandingkan dengan cincin emas yang berhiaskan permata imitasi. Hampir semua cincin tunangan dihiasi berlian atau permata. Inilah yang membedakannya dengan cincin kawin. Pada umumnya, cincin yang dipilih adalah tipe solitaire, seperti cincin perak dengan satu mata cincin atau cincin emas.

Model cincin solitaire banyak dipilih sebagai cincin tunangan. Sebuah cincin yang bertahtakan berlian merupakan simbol kesungguhan hati dan besarnya rasa cinta pria kepada wanita yang akan dilamarnya.

Seserahan

Ada satu hal yang sering kamu lihat pada acara lamaran atau tunangan yaitu seserahan. Seserahan atau barang hantaran bisa terdiri dari berbagai macam benda. Tetapi pada umumnya terdiri atas sandang dan pangan, sehingga barang kebutuhan sehari-hari atau perhiasan. Misalnya bisa berupa:

  • Sandang atau pakaian yang dikemas sebagai seserahan pada acara lamaran biasanya berbentuk dress, baju, sepatu, sendal, dan seperangkat alat shalat.
  • Untuk pangan itu biasanya terdiri atas berbagai macam kue-kue modern, buah-buahan, dan kue-kue internasional.
  • Untuk perhiasan itu hanya dijadikan sebagai opsi saja sebenarnya, ada juga sebagian orang yang menjadikan perhiasan berupa cincin emas, anting, kalung, dan gelang dijadikan sebagai seserahan.
  • Ada juga sejumlah uang dijadikan sebagai seserahan. Biasanya uang ini digunakan untuk melangsungkan acara pernikahan nantinya. Jumlah uangnya pun ditentukan oleh pihak keluarga mempelai wanita dan ada juga yang diserahkan   kepada calon mempelai pria.
  • Make up juga biasanya masuk ke dalam seserahan yang harus dibawa. Mulai dari pilihan merk ataupun jenis make up nya biasanya tergantung pada pilihan mempelai wanita. Oleh sebab itu, harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan calon mempelai wanita agar tidak salah memilih. Tidak semua kulit wajah itu cocok dengan merk tersebut.

Mempersiapkan tempat untuk melangsungkan acara lamaran tidak serumit pada saat memilih tempat untuk menggelar acara pernikahan. Acara lamaran atau tunangan biasanya dilangsungkan secara sederhana dan biasanya hanya dihadiri oleh keluarga inti dari kedua calon mempelai.

Melangsungkan acara di rumah calon mempelai wanita merupakan pilihan yang paling banyak diambil oleh orang-orang. Namun bagi kamu yang merasa rumahnya tidak cukup luas dan tidak cukup besar untuk melangsungkan acara, sebaiknya menyewa tempat yang sederhana disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada. Sebelum menentukan tempat yang akan disewa. Harus mempertimbangkan kapasitas, catering, fasilitas, lokasi yang strategis, dan kelangkapan sound sytem.

Dokumentasi

Persiapan acara lamaran selanjutnya adalah dokumentasi. Mengabadikan momen-momen yang bahagia seperti acara lamaran dalam bentuk foto maupun video sebaiknya harus benar-benar diperhatikan. Karena moment-moment langka yang mungkin hanya terjadi satu kali seumur hidup ini akan jadi kurang berkesan apabila hanya didokumentasikan secara ala kadarnya saja.

Jika kamu memiliki budget yang banyak sewa lah fotografer profesional. Namun apabila kamu memiliki budget yang sedikit atau terbatas, cobalah kamu meminta tolong kepada kerabatmu yang ahli dalam memotret untuk dijadikan seorang fotografer. Moment-moment seperti ini perlu diabadikan secara profesional, karena kamu tentu tidak ingin apabila foto atau video acara lamaran terlihat amatir.

Makanan dan minuman

Moment bertemunya dua keluarga pada acara lamaran akan terasa semakin sempurna berkat kehadiran macam-macam pilihan makanan dan minuman yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga bisa membuat pertemuan kedua belah pihak jadi terasa lebih intim.

Dalam mempersiapkan makanan dan minuman bisa mengandalkan catering profesional yang pandai dalam menyajikan aneka rupa masakan khas ataupun masakan modern yang lezat dan nikmat.

Setelah kamu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar persiapan acara lamaran, kamu langsung bisa menerapkannya, lho. Semoga acaramu lancar, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *