pemilihan gaun bridesmaid

Tips Pemilihan Gaun Bridesmaid untuk Hari Pernikahan

Pernikahan merupakan momen sakral yang harus dipersiapkan dengan matang karena terjadi hanya sekali seumur hidup. Dari mulai dekorasi, catering, gaun pengantin hingga gaun bridesmaid kini menjadi elemen penting dalam pernikahan. Bagi kamu yang ingin menyiapkan gaun bridesmaid, kamu perlu tahu tips pemilihan gaun bridesmaid yang benar di hari pernikahanmu nanti.

Bridesmaid sendiri biasanya merupakan sahabat, saudara, atau kerabat dekat dari calon pengantin wanita yang akan turut membantu pengantin dalam mempersiapkan kebutuhan pernikahan hingga memberi dukungan dan menemani pengantin di hari pernikahannya.

pemilihan gaun bridesmaid
joydress.travel

Pada umumnya, bridesmaid bertugas mengiringi pengantin memasuki altar saat upacara pernikahan. Namun, sering kali mereka hadir hanya sebagai aksen manis pada acara resepsi pernikahan. Apapun tujuannya, kehadiran para bridesmaid menghadirkan kesan tersendiri pada perayaan pernikahan sekaligus menciptakan momen kebahagiaan bagi sebuah persahabatan.

Pemilihan gaun bridesmaid umumnya berkaitan erat dengan tema pernikahan secara keseluruhan. Paduan ini akan menjadi satu kesatuan yang manis dan harmonis pada tampilan acara pernikahan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan para bridesmaid untuk tampil prima.

Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah memastikan para bridesmaid ini tampil dengan balutan gaun yang sesuai dengan gaun pengantin wanita. Berikut ada beberapa tips pemilihan gaun bridesmaid yang benar di hari pernikahan.

1 Tema

Hal yang harus kamu lakukan pertama ialah menentukan tema pada pernikahanmu. Setelah menentukan tema kamu mulai menentukan gaun bridesmaid seperti apa yang sesuai dan selaras dengan tema. Tema pernikahan biasanya mengusung tema warna utama dan warna komplemen.

Jika kamu bingung untuk menuntukan tema, kamu bisa memakai bantuan dari wedding organizer mengenai warna yang memungkinkan untuk tema acara pernikahanmu. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan desainer mengenai pilihan warna dan desain yang sesuai untuk gaun bridesmaid-mu.

2 Budget

Gaun bridesmaid biasanya menempati posisi terakhir setelah busana orang tua, keluarga inti, dan keluarga besar. Namun, jika kamu dari awal memang sudah merencanakan adanya gaun bridesmaid, sebaiknya kamu tetap menghitung dari awal.

Jika kamu mempunyai budget lebih, kamu bisa langsung membeli atau menyewakan gaun bridesmaid. Namun, jika budget yang kamu keluarkan untuk gaun bridesmaid terbatas, kamu bisa membelikan bahan dengan warna yang senada untuk dijahit masing-masing. Kamu tidak perlu memaksakan adanya gaun bridesmaid pada pernikahanmu karena keberadaan bridesmaid hanya sebagai pelengkap acara pernikahanmu saja.

3 Perhatikan Pilihan Gaun Pengantin

Pastikan gaun bridesmaid yang kamu memiliki unsur yang ada dalam gaun pengantin. Hal ini bisa diterapkan dari warna yang senada atau masih dalam satu shade. Dari segi model, jika kamu menggunakan warna putih klasik pada gaun pengantinmu, kamu dapat memilih gaun bridesmaid yang lebih sederhana namun elegan.

Selanjutnya mempertimbangkan warna, setelah menentukan warna dasar kamu dapat memilih warna yang satu hingga dua tingkat lebih muda atau lebih tua dari warna dasar tersebut untuk pakaian para bridesmaid.

4 Utamakan Kenyamanan

Hal yang tidak kalah penting adalah unsur kenyamanan. Pastikan para bridesmaid-mu merasa nyaman dengan gaun yang mereka gunakan dengan memilih bahan yang nyaman dan sesuai untuk para bridesmaidmu.

Bahan atau material seperti lace, satin, chiffon dan jacquard adalah beberapa contoh pilihan bahan atau material yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah gaun bridesmaid. Sesuaikan dengan tema pernikahan seperti romantic, rustic ataupun yang lainnya. Kamu bisa menggabungkan dua atau tiga tema sekaligus menjadi satu tampilan. Dengan melakukan hal itu mungkin busana untuk para bridesmaid akan menjadi lebih bagus dan menarik tentunya.

Sesuaikan model gaun bridesmaid dengan postur tubuh masing-masing bridesmaid. Jangan sampai kamu memilih gaun bridesmaid yang tidak sesuai seperti kekecilan atau kebesaran dari postur tubuh mereka dan membuat terlihat tidak menarik dan malah akan menimbulkan masalah baru.

Selain itu untuk hasil foto yang paripurna kamu juga bisa menambahkan ilusi garis leher, embroidery, dan potongan gaun bridesmaid yang cocok dan serasi ketika dipakai foto Bersama. Tiap bridesmaid mungkin saja memakai gaun dan perhiasan yang berbeda. Tapi Anda dapat membuatnya memiliki satu benang merah dengan mempertahankan satu warna pada tampilan bridesmaid Anda, misalnya dengan melengkapi tampilan bridesmaid dengan bunga atau aksesori rambut yang senada sebagai sentuhan akhirnya.

5 Pertimbangkan Membeli atau Menyewa

Untuk masalah ini, kamu harus mendiskusikannya dengan pasanganmu. Mana yang lebih baik antara membeli atau menyewa karena hal ini akan kembali lagi dengan budget yang kamu siapkan untuk gaun bridesmaid.

Pemlihan gaun bridesmaid dapat cukup memakan waktu, terlebih bila gaun yang dibuat tidak seragam karena penyesuaian desain tiap gaun tidak dapat dilakukan dalam sekejap. Menyewa gaun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk lebih menghemat biaya dan waktu karena gaun yang tersedia sudah siap dipakai.

Namun, jika kamu memiliki budget yang cukup tinggi, kamu bisa membeli gaun untuk masing-masing bridesmaid. Hal ini tentunya membuat para bridesmaid-mu merasa senang dan memberikan kesan tersendiri untuk pernikahanmu nanti.

6 Terbuka untuk Mencoba Hal Baru

Di hari yang spesial tentunya kamu dan para bridesmaid perlu tampil sempurna. Keunikan karakter dari masing-masing bridesmaid dapat kamu tonjolkan disini. Coba kamu dan bridesmaid juga diskusikan busana yang sesuai dengan gaya mereka. Namun, perlu diingat, pakaian harus dalam satu benang merah baik dari segi bahan maupun warna.

Panjang gaun dan model boleh saja berbeda, namun untuk menjaga keberagaman gaun tetap senada, tentukanlah setidaknya satu hal yang sama untuk menjadi benang merah. Hal tersebut dapat menjadi simbol sekaligus menjadi identitas atau ciri khas dari gaun bridesmaid yang berbeda-beda. Sebagai contoh, kain dengan warna yang sama atau kain bawahan yang sama untuk pernikahan tradisional.

7 Lokasi

Hal yang terakhir dan tidak boleh dilupakan ialah lokasi. Lokasi akan mempengaruhi gaun bridesmaid yang dikenakan. Dimana lokasi pernikahanmu diadakan? Di luar atau di dalam ruangan? Ini akan mempengaruhi dan menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih jenis bahan dan model gaun yang akan mempengaruhi kenyamanan para bridesmaid.

Itulah beberapa tips pemilihan gaun bridesmaid yang baik di pernikahanmu. Pastikan semua komponen ini dapat kamu pertimbangkan sebelum memilih gaun bridesmaid, ya! Perlu diingat, bahwa gaun bridesmaid bukanlah hal utama dan wajib ada pada pernikahanmu nanti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *