9 Cara Mengenali Berlian Hitam yang Asli dan Palsu

9 Cara Mengenali Berlian Hitam yang Asli dan Palsu

Berlian hitam memiliki keistimewaan tersendiri apabila kamu ingin menggunakannya sebagai perhiasan. Batu berlian merupakan salah satu batu alam termahal yang ada di dunia, karenanya kamu harus mengetahui ciri-ciri berlian hitam asli karena berlian hitam palsu merupakan hasil treatment radiasi dari berlian putih kualitas rendah.

Berlian hitam atau black diamond merupakan jenis batu mulia yang banyak ditemukan di Afrika bagian Tengah dan Selatan. Batu ini terbentuk secara alami dalam perut bumi selama ribuan tahun dengan suhu udara yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, berlian hitam memiliki daya tahan yang sangat kuat.

Batu berlian memiliki kekerasan yang cukup kuat dan mampu merefleksi cahaya, juga memberikan keindahan yang luar biasa dari keunikkannya tersebut. Batu berlian hitam ini juga digunakan oleh para bangsawan sejak jaman dahulu dan sampai sekarang juga dipakai oleh para public figure karena warna hitamnya yang pekat sangat identik dengan kesan mewah dan elegan.

Batu berlian hitam ini terbentuk selama ribuan bahkan jutaan tahun di dalam inti atau perut bumi secara alami dalam suhu dan tekanan yang sangat tinggi, sehingga mampu menghasilkan material kristal alam yang sangat keras dan kuat dengan tingkat kekerasan hingga 10 Mohs.

Banyak kolektor yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengoleksi berbagai jenis berlian. Namun, apakah kamu sudah mengetahui ciri-ciri berlian hitam yang asli dan palsu?

Ciri-Ciri Berlian Hitam Asli

Jika kamu ingin membeli berlian hitam, pertama pastikan itu bukan Moissanite hitam, jika kamu mendapatkan Moissanite hitam, artinya barang yang kamu beli jauh lebih murah lagi. Lalu, kamu perlu berhati-hati jika menemukan berlian hitam yang dijual dengan harga per carat satu sampai dengan lima juta rupiah.

Di luar negeri, harga berlian hitam mencapai 100-400 usd atau rata-rata masih pada ratusan us dolar per carat. Berlian hitam dengan harga jual seperti itu umumnya merupakan berlian putih yang cukup kotor lalu dilakukan iRradiation, treatment radiasi ini lah yang membuat warnanya menjadi hitam.

Berlian hitam dilengkapi dengan report atau memo kecil dari lab umumnya hanya menjelaskan bahwa berlian tersebut natural, tetapi jarang ditemukan penjelas tentag metode treatment yang dilakukan. Jika berlian hitam yang kamu beli dibanderol dengan harga yang murah, maka bisa dianggap berlian tersebut sudah terkena treatment radiasi.

Jika kamu ingin membeli berlian hitam yang harganya sudah di atas 10 juta rupiah per carat, sebaiknya kamu meminta jaminan jika berlian tersebut tidak ada treatment sama sekali. Selain itu, kamu bisa membuat perjanjian, bagaimana jika dikirim ulang ke laboraturium lain jika ternyata hasilnya telah mendapat treatment radiasi.

Berlian hitam yang natural dan untreated umumnya berharga diatas 25 juta rupiah per carat, namun tergantung pada clarity-nya. Nah, ini 9 poin untuk menentukan berlian hitam asli, yuk kita simak!

1. Keras

Berlian merupakan batu yang paling keras di perut bumi. Jika, berlian yang kamu miliki rusak atau terbelah saat mendapatkan benturan ringan, maka dapat dipastikan jika berlian yang kamu miliki merupakan berlian palsu.

2. Memiliki Berbagai Warna

Selain hitam, berlian memiliki bermacam-macam warna. Berlian dengan warna pink, kuning, dan biru merupakan jenis berlian yang sangat langka. Namun, kamu jangan sampai tertipu jika penjual perhiasan mengatakan berlian yang dijual yaitu berlian langka tetapi memiliki warna selain pink, kuning, dan biru.

3. Dapat Menggores Benda Apapun

Berlian mampu menggores benda apapun karena berlian merupakan benda terkeras di Bumi. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menguji keaslian berlian yaitu dengan menggoreskan berlianmu ke kaca. Jika kaca tersebut tergores dan berlianmu tidak mengalami goresan atau cacat sedikit pu, maka bisa dipastika jika berlian yang kamu miliki asli.

4. Pencerminan Tidak Jelas

Jika kamu ingin menguji keaslian berlian dengan cara lain, kamu bisa meletakkan berlianmu di atas koran. Jika berlian yang kamu miliki asli, maka tulisan di koran tersebut tidak terlihat begitu jelas.

Sebaliknya, jika kamu meletakkan berlian palsu di atas koran, maka tulisan itu akan terbaca dengan jelas. Hal ini dikarenakan berlian palsu terbuat dari kaca sehingga mengakibatkan refleksi benda di balik berlian palsu dengan jelas.

5. Terdapat Refleksi Abu-Abu

Berlian asli hanya bisa memberikan refleksi berwarna abu-abu saja. Jika berlianmu mampu mereflesikan berrbagai macam warna, maka berlian yang kamu miliki tersebut merupakan berlian palsu.

6. Tidak Bisa Berkabut

Cobalah hembuskan nafasmu ke berlian. Jika kabut pada berlianmu menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut merupakan berlian asli. Sedangkan, jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlianmu, maka dapat dipastikan berlian tersebut merupakan berlian palsu.

7. Tidak Bisa dipanaskan

Jika kamu memanaskan berlian, lalu berlian tersebut panas, maka besar kemungkinan jika berlian yang kamu miliki palsu. Sama halnya dengan kabut, pada berlian asli dapat menghilangkan panas dengan cepat, sehingga jika kamu sentuh kamu tidak akan merasakan panas atau hangat pada berlianmu, itu memastikan jika berlian yang kamu miliki asli.

8. Berlian Palsu Mengapung di Air

Saat ini sudah banyak para oknum-oknum nakal dengan menjual berlian palsu. Untuk mengecoh pembeli, terkadang penjual tidak bertanggung jawab mencampurkan ciri-ciri berlian asli dengan berlian palsu dibagian bawah.

Kemudian, untuk mengetes keaslian berlian dengan cara mencelukannya ke dalam air. Jika berlian tersebut mengapung, maka berlian tersebut palsu.

9. Mampu Mereflesikan Cahaya

Berlian yang asli dapat mereflesikan cahaya pada setiap sisinya, sehingganya membuatnya selalu berkilau. Sedangkan pada berlian palsu biasanya hanya memancarkan cahaya pada bagian atas berlian saja.

Berlian dengan warna hitam pekat memiliki tampilan yang sangat mempesona. Selain kuat dan keras, berlian hitam juga mampu mereflesikan cahaya dengan sangat baik. Warna hitam juga jauh lebih mudah dipadupadankan dengan beberapa busana. Kesan mewah dan elegan akan kamu dapatkan saat menggunakan perhiasan berlian hitam.

Warnanya yang hitam dan bercahaya serta getaran yang dihasilkan dapat memberikan ketenangan, ketabahan, keteguhan serta ketentraman batin. Berlian hitam ini juga dipercaya mampu mendorong perkembangan psikis atau kejiwaanmu sehingga akan sangat cocok sebagai terapi batin dan juga terapi emosi yang bisa membuatmuĀ lebih tenang.

Banyak orang memiliki berlian untuk dijadikan perhiasan maupun koleksi pribadi sehingga karena keindahan dan keistimewaan berlian hitam ini bisa digunakan sebagai sarana investasi yang sangat menguntungkan bagi pemiliknya.

Di atas merupakan ciri-ciri berlian hitam asli dan ciri-ciri umum pada berlian. Sebelum membeli berlian hitam, sebaiknya kamu mempelajari hal-hal tersebut agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan dan kamu dapat berbelanja dengan tenang dan aman.

Terdapat banyak kelebihan pula pada berlian yang bisa menambah keyakinanmu untuk memilikinya. Selamat memilih berlian!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *