Berlian adalah sebuah permata yang diasah hingga memancarkan kilau yang sungguh memesona. Perhiasan berlian adalah batu permata yang paling berharga di bumi. Sebagai batu intan yang malah dihitung dari ukuran batu tersebut, semakin besar batu berlian dan bentuk yang semakin indah, maka harga perhiasan berlian tersebut akan semakin mahal.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai berlian secara rinci, mulai dari sejarah, jenis, perbedaan berlian palsu dan asli, tips membersihkan perhiasan berlian, sampai harga perhiasan berlian. Mari cari tau, yuk!

Sejarah Perhiasan Berlian

Kepopuleran berlian dimulai dari abad ke-4 sebelum masehi, dimana berlian pertama kali ditemukan di dalam endapan tahan alluvial di sepanjang sungai Krishna, Penner dan Godavari, India. Karena kuantitasnya yang terbatas dan masih susah untuk ditemukan, pada saat itu berlian yang digunakan oleh kaum bangsawan di India saja.

Seiring dengan meluasnya perdagangan dari India ke Eropa, mulai dari sinilah perdagangan berlian dari India mulai di pasarkan lewat pedagang dari Venecia, Italia. Mulai saat itu, persebaran batu berlian mulai menjelajah ke benua lain dan mulai menjadi aksesoris bagi para bangsawan eropa.

Pada tahun 1700-an, pasokan berlian di India mengalami penurunan, lalu Brazil mulai muncul sebagai negara baru yang menghasilkan berlian seiring demam pertambangan emas yang mulai melanda negara itu. Batu berlian di Brazil dapat ditemukan di lokasi-lokasi penambangan emas secara tidak sengaja. Brazil sempat mendominasi pasar batu berlian dunia hingga lebih dari 150 tahun setelahnya.

Setelah pencarian berlian di India dan Brazil mulai tidak bisa memenuhi tuntutan pasaran, pada pertengahan abad ke 18, Erasmus Jacobs menemukan sebongkah batu berlian yang belum diasah di tepi sungai Orange, Afrika Selatan. Dengan pemikiran batu itu cukup cantic dan berharga, ia pun menjualnya ke  Schalk Van Neikirk yang kemudikan menamainya Eureka Diamond.

Mengusut letak ditemukannya berlian-berlian di Afrika Selatan, di sebuah bukit bernama Colesberg Kopje, penggalian dan pertambangan berlian secara besar-besaran pun dimulai. Tambang yang diberikan nama Tambang Kimberly ini memberikan suplai yang luar biasa untuk berbagai batu mulia yang bisa ditemukan di dalamnya.

Pertambangan di Afrika Selatan memberikan gambaran terhadap berlian atas nilainya yang lebih besar. Mereka pun mempunyai terobosan untuk memperkecil biaya penggalian, mengontrol suplai berlian dunia, mencari ide untuk mempercantik berlian dan mematenkan citra berlian di dunia.  Sejak itulah dunia mulai memandangan berlian begitu penting dan ideal.

Jenis Perhiasan Berlian yang Populer

Cincin Berlian

Perhiasan yang paling mendasar ialah cincin berlian. Cincin tunangan, cincin kawin, cincin dari orang tua atau semua jenis cincin yang kamu inginkan, bisa kamu beri hiasan sebutir berlian sebagai matanya. Berlian akan menambah kilauan pada cincinmu dan membuat jarimu menjadi semakin elegan jika memakainya.

Namun, jika kamu ingin memakai cincin berlian untuk sehari-hari, kamu harus memilih berlian yang tidak terlalu lembek, akan mengakibatkan berlian lepas sewaktu-waktu karena cincin yang berubah bentuk dan mulai longgar.

Anting Berlian

Anting berlian merupakan aksesoris yang paling dicari walau keberadaannya kadang tertutup dengan rambut. Selain itu, anting merupakan aksesoris yang universal, bisa dipakai oleh pria maupun dipakai oleh wanita.

Memakai anting berlian akan membuatmu terlihat fancy dan elegan, karena terdapat butiran berlian pada anting-antingmu. Anting berlian yang biasanya banyak dicari kaum wanita yaitu anting stud untuk yang ingin simple namun berkesan elegan dan anting hoop yang bisa kamu mix and match dengan outfit yang funky maupun feminim.

Gelang Berlian

Gelang kaki atau gelang tangan menjadi aksesoris yang bisa kamu gunakan untuk sehari-hari jika memiliki desain yang simple. Kehadirannya akan membuat tanganmu tidak terlalu kosong dan dapat menyamarkan bentuk-bentuk dari pergelangan yang ingin kamu sembunyikan.

Gelang berlian merupakan perhiasan yang tepat untuk kamu jadikan sebagai seserahan saat melangsungkan pernikahan nanti. Jadi, selain untuk mempercantik penampilanmu, gelang berlian juga mampu membuatmu menjadi lebih percaya diri.

Liontin Berlian

Liontin berlian adalah kalung dengan berlian sentral yang dilampirkan oleh lingkaran kecil ke rantai perhiasan yang terbuat dari logam mulia. Liontin berlian sangat menarik perhatian para kaum wanita. Selain memiliki banyak bentuk yang unik, liontin juga hadir untuk mempermanis dan membuat elegan penampilanmu.

Kamu bisa memilih bentuk liontin sesuai dengan seleramu, mulai dari desain liontin yang simple sampai glamour. Ditambah dengan butiran berlian pada liontin yang dapat menjadikan tampilanmu menjadi sempurna.

Bros Berlian

Saat ini kehadiran bros mulai banyak diminati lagi khususnya kaum wanita. Baik wanita yang berhijab maupun tidak, bros bisa menjadi pilihan aksesoris untuk mempermanis penampilanmu. Kamu bisa memakai bros sebagai hiasan untuk tas, pakaian, penjepit pashmina, dan lain-lain.

Pemberian berlian pada bros akan menjadikan daya tarik pada bros itu sendiri. Kamu bisa menentukan pengunaan bros berlian sebelum membeli, sehingga kamu tidak akan bingung saat inging memadukan brosmu.

Cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu

1. Berlian yang asli tidak akan tergores meski digosok dengan dengan ampelas

Biasanya, berlian palsu terdiri dari bahan cubic zirconic. Inilah yang dapat menyebabkan berlian mudah tergores jika di gosok dengan ampelas.

2. Amati Berlian Menggunakan Loupe

Loupe sama seperti kaca mata pembesar yang mudah kamu dapati di pasar. Dengan mengamati berlian menggunakan alat ini, kamu bisa melihat berlian yang asli biasanya memiliki tepi tajam sementara berlian yang palsu mempunyai ujung yang bulat.

3. Uji Tes Embun pada Berlian

Uji tes embun dilakukan dengan cara meletakan berlian di depan mulut, lalu kamu hembuskan nafas di arah berlian seperti kamu sedang mengembus kaca. Jika berlianmu palsu, berlian akan menghasilkan embun selama beberapa detik. Berlian asli akan menghasilkan konduktivitas panas yang baik dan membuat embun menghilang dengan sangat cepat.

4. Perhatikan Bayangan dari Berlianmu

Bayangan pada berlian asli akan menghasilkan pantulan berwarna putih dan abu-abu. Kamu bisa melihat warna apa yang berlianmu pantulkan jika kamu melihatnya dari lurus dari atas berlian. Jika kamu melihat pantulan warna pelangi pada berlianmu, kemungkinan besar berlian itu berkualitas rendah bahkan palsu.

5. Taruh berlian di atas buku, coba perhatikan apakah tulisan di bawahnya terlihat atau tidak

Struktur dari berlian asli akan menghalangi cahaya yang masuk, sehingga kamu tidak akan bisa melihat tulisan apapun yang sedang ditutupi oleh berlian asli. Jika kamu masih bisa melihat tulisan yang ditutupi oleh berlian itu, kemungkinan besar berliannya palsu.

Tips Membersihkan Berlian

Sabun Pencuci Piring

Sabun pencuci piring mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk menghilangkan minyak dan berbagai kotoran yang menempel di perhiasan berlian. Karena memiliki fungsi sebagai pencuci perlatan makan, makan bahan yang terkandung pada sabun pencuci piring lembut dan tidak akan merusak berlian.

Caranya dengan mencampurkan setengah sendok teh sabun pencuci piring dengan satu gelas air, lalu aduk hingga menghasilkan busa. Rendam berlian selama 15 menit ke dalam larutan sabun. Sikat berlian dengan menggunakan sikat gigi lembut dengan perlahan hingga terlihat bersih dan berkilat. Bilas dengan air mengalis lalu keringkan dengan handuk bersih.

Pasta Gigi

Pasta gigi juga mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk membuat permukaan berlian terlihat lebih bersih dan berkilau. Caranya dengan mengambil sedikit pasta gigi dan gosokan pada berlian menggunakan sikat gigi yang lembut. Perhatikan lipatan pada perhiasan berlian yang mungkin sulit dijangkau. Bilas dengan air mengalir sambil terus disikat sampai semua busa hilang.  Keringkan berlian dengan handuk lembut dan angina-anginkan sebelum berlian kembali disimpan.

Soda

Soda memang terkenal untuk membersihkan berbagai perhiasan. Namun, soda memiliki sifat abrasive yang bisa membuat perhiasan rusak jika terkena soda terlalu lama. Kamu hanya bisa menggunakan soda untuk membersihkan berlian jika berlianmu sudah sangat kotor. Kamu cukup merendam perhiasan berlianmu selama 5-10 menit, lalu sikat dengan sikat gigi lembut. Lalu, bilas dengan air mengalir dan keringkan.

Pembersih Kaca

Cairan pembersih kaca juga ternyata sangat bagus untuk membersihkan berlian. Caranya kamu bisa menyemprotkan sedikit cairan pembersih kaca ke perhiasan berlian, lalu segera lap dengan kain lembut. Lakukan hal ini beberapa kali sampai perhiasanmu bersih.

Sebelum menyimpan berlian, pastikan juga bagian lipatan bagian perhiasan berlian sudah bersih dari sisa cairan pembersih kaca. Karena jika ada sisa residu yang tertinggal, cairan pembersih kaca justru bisa meninggalkan noda pada permukaan berlian.

4 Manfaat Memiliki Berlian

Perhiasan

Manfaat berlian yang paling utama ialah untuk dijadikan sebagai perhiasan. Perhiasan yang terdapat berlian atau terbuat dari berlian memiliki harga yang cukup mahal. Biasanya, berlian dijadikan perhiasan seperti, cincin, kalung, gelang, mahkota, dan lain-lain. Berlian juga dapat dijadikan sebagai penghias saja seperti pada batu cincin, liontin kalung, hiasan anting, dan masih banyak yang lainnya.

Benda yang terdapat berlian memiliki harga yang cukup mahal. Berlian juga cocok digunakan untuk momen yang berkesan dalam hidup seperti dijadikan cincin pernikahan, cincin tunangan, maupun seserahan untuk pernikahan.

Investasi

Kegunaan memiliki berlian akan lebih bermanfaat jika kamu menjadikan berlian untuk investasi. Kegunaan berlian tidak hanya digunakan sebagai perhiasan untuk menunjang penampilan saja melainkan berlian dapat dijadikan investasi.

Setiap berlian yang memiliki harga yang cukup fantastis pasti memiliki sertifikat khusus. Sertifakat ini yang akan menjadi bukti keaslian berlianmu. Oleh karena itu, menyimpan sebuah berlian yang mahal bisa kamu jadikan sebuah investasi masa depan yang bagus.

Harga berlian bisa sama dengan harga tanah, karena berlian sendiri dari tahun ke tahun akan mengalami peningkatan harga yang cukup tinggi. Jika kamu memliki berlian dalam jangka waktu yang lama, kamu akan mendapat keuntungan yang besar dari berlian.

Koleksi

Untuk orang yang berkecukupan atau menengah ke atas, biasanya berlian dapat juga dijadikan sebagai koleksi. Berlian memiliki beraneka bentuk dan warna yang unik yang akan menarik perhatianmu.

Berlian sering dijadikan untuk pameran, biasanya setiap diadakan pameran berlian para kolektor akan mencari berlian yang memiliki nilai unik dan langka. Semakin banyak bentuk berlian yang unik, maka akan semakin banyak dicari oleh para kolektor. Para kolektotor tidak hanya menyimpan berlian dalam bentuk perhiasan, tetapi juga berlian dalam bentuk utuh.

Sebagai Keberutungan

Banyak orang yang percaya jika berlian dapat memberikan sebuah keberuntungan. Di Indonesia, beberapa orang mempercayai jika berlian dapat membawa keberuntungan. Setiap wana yang berbeda-beda pada berlian memiliki makna yang berbeda-beda pula.

Berlian digunakan untuk bemacam-macam urusan seperti, digunakan untuk status sosial, mengusir aura negatif, memberikan energi positif dan masih banyak manfaat yang lainnya. Harga berlian akan meningkat setiap tahun, terlebih jika berlian langka akan mahal sekali harga jual berlian.

Harga Perhiasan Berlian

Berlian memiliki harga yang beragam. Mulai dari yang terjangkau sampai mahal dapat ditemukan dalam sebuah perhiasan berlian. Pada liontin berlian dapat berkisar harga 5 jutaan sampai puluhan juta, itu baru liontinnya saja.

Jika kamu hanya ingin memakai berlian sebagai penghias dan penunjang berlian, kamu bisa memiliki berlian dengan harga dibawah 10 juta rupiah, tetapi jika kamu ingin menjadikan berlian untuk investasi harga yang ditawarkan diatas 100 juta rupiah.

Pada berlian yang dijadikan investasi juga harus memenuhi syarat. Umumnya berlian memiliki karat yang kecil dan besar, berlian yang bisa dijadikan sebagai investasi merupaka berlian yang memiliki satu karat ke atas, ditambah dengan sertifikat jual beli yang terpercaya.

Jika kamu memiliki berlian dengan karat kecil atau besar namun sudah dipecah tiga sampai empat butiran kecil, kamu hanya bisa menjadikannya sebagai perhiasan. Karena, ketika kamu menjual berliannya, harga yang ditawarkan akan berkurang 30 persen dari harga asli berlian yang kamu miliki.

Berlian yang bisa kamu jadikan investasi adalah satu berlian utuh dengan karat yang besar yang disebut dengan berlian solitaire. Selain memperhatikan karat dalam membeli berlian untuk investasi, kamu juga harus memperhatikan 4C (Carat, Color, Clarity, Cutting) dan kelengkapan sertifikat.

Untuk berapa persen keuntung yang didapatkan dalam investasi berlian itu tidak dapat ditentukan secara signifikat, karena berlian tidak dibuat dengan bentuk dan ukuran yang sama persis.

Sekarang, kamu sudah mengetahui banyak pengetahun tentang berlian, bukan? Bagi kamu yang ingin memiliki berlian dengan budget yang tidak terlalu besar, kamu masih bisa memilikinya untuk keperluan pribadi maupun acara yang sakral seperti pernikahanmu nanti.

Jika kamu memiliki budget yang lebih dan menyukai berlian, kamu bisa menjadikan berlian untuk koleksimu maupun investasi. Pastikan juga kamu harus merawat berlian dengan baik dan benar ya, agar berlian yang kamu punya tidak mudah rusak. Kamu juga harus memilih toko perhiasan terpercaya agar kamu bisa mendapatkan berlian yang asli dan sertifikat pada berlianmu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin