Berlian adalah salah satu batu permata yang diminati oleh banyak orang. Sebagai perhiasan, berlian juga sangat populer di kalangan wanita. Namun, banyak dari kita yang kurang pengetahuan tentang berlian. Tahunya cuma kelihatan mewah dan wah. Memilih batu berlian bukanlah hal yang mudah. Harga berlian asli yang tinggi, seringkali menjadi celah bagi para oknum untuk berbuat curang.

Banyak kasus penipuan oleh para oknum nakal yang menjual berlian dengan harga rendah. Harga berlian yang murah ini tentu saja bisa menarik banyak orang. Padahal, kamu juga harus tahu berlian itu asli atau palsu. Sebagai orang awam, tentu saja sulit membedakan batu berlian asli dengan batu berlian palsu apalagi jika hanya dilihat dengan mata telanjang.

Berikut cara mudah yang bisa kamu terapkan langsung di rumah untuk membedakan apakah berlianmu asli atau palsu!

1. Amati Berlianmu Menggunakan Loupe

Loupe adalah jenis kaca pembesar yang bisa kamu temukan di pasar. Dengan menggunakan alat ini, coba amati tepi berlian milikmu. Biasanya sebuah berlian yang asli memiliki tepi tajam, sementara berlian palsu punya ujung yang bulat. Terlihat sekali bedanya bukan?

2. Lakukan Fog Test pada Berlian

Fog Test atau uji tes embun bisa dilakukan dengan cara meletakkan berlian di depan mulut, kemudian hembuskan nafas ke arah berlian seperti sedang mengembus cermin. Berbeda dengan berlian palsu yang akan menghasilkan embun dan tetap bertahan selama beberapa detik, konduktivitas panas yang baik dari berlian yang asli akan membuat embun menghilang dengan sangat cepat.

3. Taruh Berlian di Atas Buku

Struktur dari berlian asli akan benar-benar menghalangi cahaya yang masuk sehingga kamu tidak akan mampu melihat tulisan apapun yang sedang ditutupi oleh berlian yang asli. Sebaliknya, jika kamu masih bisa membaca tulisannya, besar kemungkinan berlian yang kamu punya merupakan berlian palsu.

Baca juga:  Mengenal Ciri Berlian Mentah

4. Perhatikan Bayangan dari Berlianmu

Bayangan berlian asli mempunyai pantulan warna putih dan abu-abu. Kalau kamu melihat lurus dari atas berlian, kamu bisa menentukan warna apa yang berlian itu pantulkan. Jika kamu melihat pantulan warna pelangi, berarti berlian itu kemungkinan besar berkualitas rendah atau bahkan palsu.

5. Gosok Menggunakan Ampelas

Sebagian besar berlian palsu terdiri dari bahan cubic zirconias. Inilah yang menyebabkan berlian palsu bisa tergores jika digosok dengan ampelas kasar.

Cek Batu Berlian secara Profesional

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menguji atau memeriksa berlian kamu secara profesional. Kamu bisa membawa perhiasan ke toko perhiasan. Nanti, petugas akan memeriksa batu berlian dengan menggunakan beberapa alat penguji. Beberapa metode yang dilakukan antara lain:

1. Pengujian kombinasi

Pengujian ini menggunakan perangkat khusus yang membedakan berlian dengan batu moissanite. Alat ini dapat dengan cepat menunjukkan apakan batu berlian itu asli atau palsu. Alat akan berbunyi dan menyala jika batu berlian asli, namun tidak pada yang palsu.

2. Timbangan berlian

Jika berlian palsu, beratnya akan lebih besar dari berlian asli, walaupun dengan bentuk dan ukuran yang sama. Hal ini dikarenakan, cubic zirconia (batu sintetis) 55% lebih berat dibanding berlian asli.

3. Mikroskop

Pengujian dengan mikroskop adalah dengan menaruh berlian di bawah mikroskop dengan bagian atas menghadap ke bawah. Kemudian berlian dibolak-balik dengan pinset. Nah, jika ada bias oranye di sepanjang sisi, maka berlian tersebut palsu.

4. Sinar Ultraviolet

Ketika berlian asli diletakkan di bawah sinar ultraviolet, kilau berlian akan berubah menjadi biru. Namun, pada berlian palsu hampir tidak akan pernah terlihat kilau biru di bawah sinar ultraviolet.

Baca juga:  Mengapa Cincin Berlian Wanita Begitu Terkenal?

Ciri-ciri Berlian Palsu

Selain itu, sebelum kamu membelinya, kamu harus tahu ciri-ciri dari berlian palsu atau imitasi. Ciri-cirinya yaitu:

1. Terlihat Terlalu Bersih

Berlian imitasi seringkali terlihat lebih bersih dibanding berlian asli. Mengapa? Karena berlian tiruan ini tidak memiliki cacat, baik di bagian luar maupun bagian dalam batu.

2. Menyimpan Panas

Jika berlian yang Anda beli mampu menyimpan atau menahan panas, maka bisa dipastikan berlian tersebut adalah palsu.

3. Mudah Tergores

Berlian adalah batu permata yang paling keras. Meskipun Anda memukulnya dengan keras, ia tidak akan mudah tergores.

4. Murah

Ciri paling mudah untuk menentukan apakah berlian yang Anda beli itu palsu atau tidak adalah dengan melihat harganya. Berlian imitasi memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding berlian palsu.

5. Terlalu Berkilau

Berlian asli memang berkilau, namun berlian imitasi biasanya terlihat lebih menyilaukan. Beberapa di antaranya bahkan memiliki kilau dalam warna-warni pelangi.

Nah sekarang sudah tahu kan cara membedakan berlian yang asli atau palsu? Bingung di mana membeli berlian yang asli? Kamu bisa kunjungi webstore V&Co Jewellery, lho! Selain berlian, banyak sekali perhiasan lain yang bisa kamu dapatkan di sana.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin