merawat emas

Merawat Emas itu Penting!

Emas sering disebut sebagai logam mulia. Predikat ini diberikan bukan hanya karena nilai moneternya yang diakui di seluruh dunia, melainkan juga karena karakteristik logam ini sendiri. Para arkeolog tidak jarang menemukan benda-benda antik berbahan emas yang tersimpan selama berabad-abad dengan kondisi yang masih seperti baru. Tetapi, logam mulia pun bisa kehilangan kilau aslinya dan membutuhkan proses pembersihan yang tepat. Berikut ini V&Co Jewellery berikan informasi cara membersihkan emas dan cara merawat emas kamu.

Cara Merawat Emas

Perhiasan emas perlu dirawat secara hati-hati. Untuk merawat emas kamu tetap terlihat seperti baru, ikuti beberapa tahapan sederhana dalam artikel ini. Sebagai langkah pencegahan, jika mungkin, lepas perhiasan emas kamu sebelum melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini:

1. Membersihkan rumah yang melibatkan cairan pembersih guna menghindari kontak antara perhiasan emas dan produk pembersih

2. Operasi kosmetik

3. Mengunjungi sauna, mandi uap, atau kegiatan lain yang melibatkan perubahan suhu yang bervariasi

4. Kegiatan fisik, terutama berenang di kolam renang karena klorin dapat memengaruhi penampakan logam

5. Prosedur pemotretan Sinar X (rontgen)

Cara Merawat Emas Supaya Tidak Pudar

1. Tidak terpapar bahan kimiawi terlalu sering

merawat emas

Jika kamu adalah tipe orang yang malas melepas cincin emas, entah saat mandi atau berolahraga, jangan harap cincin tetap terlihat mewah. Karena bahan kimiawi yang tersebar di bumi ini sangat banyak, lebih baik kamu menjaganya lebih ekstra.

2. Direndam dengan air hangat

merawat emas

Jangan bingung. Sekali pun tak boleh terpapar sabun terlalu sering, kamu masih bisa membersihkan dengan merendam di air hangat. Saat direndam tak boleh terlalu lama dan secukupnya. Kamu bisa membayangkan jika terlalu lama, bukan?

3. Jangan menumpuk perhiasan

merawat emas

Setelah dibersihkan, jangan lupa menaruh perhiasan di tempat masing-masing. Tidak disarankan untuk meletakkan perhiasan dengan cara ditumpuk-tumpuk. Tata perhiasanmu agar rapid an juga lebih terawat.

Kalau perhiasan emas kesayangan kamu mulai terlihat kusam, simak cara mencuci perhiasan emas di bawah ini!

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Jika perhiasan emas kamu memiliki nilai jual sangat tinggi atau memiliki nilai historis, tindakan yang paling tepat adalah membawanya ke jasa pembersihan emas profesional. Kamu juga dapat membeli produk pembersih khusus emas di toko perhiasan.

Ada beberapa cara membersihkan emas di rumah. Kamu bahkan bisa menggunakan bermacam-macam bahan rumah tangga untuk memoles emas, tetapi berhati-hatilah karena teknik membersihkan yang salah dapat merusaknya. Jadi, selalu tes teknik dan bahan yang akan kamu gunakan sebelum mempraktikkannya langsung pada emas kamu. Mulailah dengan konsentrasi bahan rendah dan durasi pendek, lalu perlahan-lahan tingkatkan konsentrasi campurannya dan waktu pembersihannya. Selain itu, kalau perhiasan kamu memiliki elemen tambahan—semisal berlian, mutiara, zamrud, atau batu permata dan fitur lain—pertimbangkan juga cara membersihkan elemen-elemen ini secara terpisah.

Cara Mencuci Emas dengan Benar

1. Sediakan sabun cuci piring cair, air hangat, dan sikat gigi berbulu halus. 2. Sikat gigi atau sikat lain berbulu kasar dapat merusak permukaan emas.

3. Isi sebuah mangkuk dengan air hangat dan tambahkan sedikit sabun cuci piring cair. Kamu hanya butuh beberapa tetes saja, kok!

4. Rendam perhiasan emas kamu di dalamnya selama beberapa menit.

5. Gunakan sikat gigi untuk mengangkat kotoran dan debu yang melekat.

6. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau kain halus.

Cara Menghindari Goresan pada Perhiasan Emas

1. Berlian Perhiasan Emas yang Tidak Mudah Tergores

Emas adalah salah satu logam terlembut, semakin tinggi karat dari sepotong perhiasan, semakin lembut perhiasan itu. Sebaliknya, perhiasan karat yang lebih rendah lebih keras dan lebih tahan lama karena mengandung lebih sedikit emas.

Kamu dapat menggunakan karat yang lebih rendah untuk potongan-potongan yang akan lebih cenderung tergores atau rusak, misalnya cincin dan gelang. Pilih karat yang lebih tinggi untuk perhiasan yang akan lebih sedikit terkena risiko kerusakan (misalnya, kalung atau liontin).

2. Kenakan Perhiasan yang Rentan Tergores Lebih Jarang

Kamu juga dapat mencocokkan seberapa sering kamu mengenakan perhiasan dengan daya tahannya. Misalnya, kenakan perhiasan emas karat tinggi (18K atau 20K) lebih jarang agar tidak cepat rusak. Sebagai gantinya, gunakan potongan 10K atau 14K kamu untuk sehari-hari.

Ternyata penting sekali, ya, merawat emas. Nah, jika kamu masih cuek dengan perhiasan emasmu, segeralah ikuti tips-tips yang V&Co Jewellery berikan. Agar kamu tidak menyesal jika ada sesuatu terjadi dengan perhiasan emasmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *