Alasan Perlu Membeli Berlian Asli

Satu Pertanyaan: Mengapa Orang Membeli Berlian Asli? Pertanyaan itu selalu terlintas di kepala mereka yang tidak paham mengenai obsesi orang-orang terhadap keaslian berlian. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak cara untuk mendapatkan batu mulia yang memiliki warna dan pancaran khas dari berlian. Namun, tetap saja banyak yang bersikukuh untuk membeli berlian asli, yang alami ditemukan di alam. Memangnya, apa saja, sih, yang membuat berlian asli ini tetap menarik?

Tentunya, orang masih tergila-gila dengan kata ‘berlian asli’ karena citra yang dibawa oleh kata itu sendiri. Di antara sebegitu banyaknya batu mulia, hanya berlian yang merupakan batuan mulia yang terbentuk dari satu unsur, yakni Karbon. Sementara batuan-batuan mulia yang lain terbentuk dari percampuran dua atau lebih unsur, yang dipanggil sebagai senyawa.

Berlian sendiri merupakan simbol dari kemewahan, kemurnian, dan keteguhan, dikarenakan warnanya yang jernih dan harganya yang mahal dibandingkan batu mulia lainnya. Sementara cincin tunangan solitaire dengan berlian asli di tengahnya, memiliki makna kesungguhan, niat, kepercayaan, janji, dan harapan. Sudah banyak sekali legenda dan berbagai makna yang terkandung di berlian, sehingga orang-orang pun selalu berusaha untuk membeli berlian asli.

Kenali Cirinya Sebelum Membeli Berlian Asli

Sekarang terdapat berbagai pengganti berlian yang bisa ditemukan di pasaran perhiasan, menggantikan berlian asli yang harganya selangit. Mulai dari berlian buatan lab dengan bahan yang sama persis dengan berlian alami, zirkonia kubik/cubic zirconia yang sejatinya adalah kristal zirkonium dioksida, mengganti dengan safir atau batu mulia lain yang berwarna sama, sampai menggunakan material lain seperti kaca yang dibentuk sedemikian rupa.

Baca juga:  Karakteristik dan Berbagai Model Cincin Nikah Rose Gold

Tentu saja, semakin rendah harganya, ketahanan dari setiap mata perhiasannya akan berbeda juga, karena berlian sendiri adalah material alami paling kuat di dunia, empat kali lebih kuat dari Korundum yang merupakan materi terkeras kedua di dunia. Sehingga untuk memotong berlian pun, diperlukan berlian lainnya.

Ciri khas berlian asli bisa dilihat dari berbagai aspek, dimana ada beberapa cara yang bisa kalian coba di rumah, seperti
1) melakukan tes air, dimana berlian asli akan tenggelam karena berat jenisnya yang lebih besar dari air
2) mencoba tes kabut, karena dibandingkan dengan material lain, berlian akan sulit berkabut,
3) memanaskannya dengan api, karena berlian asli tidak akan meleleh, atau
4) mencoba melihat pantulannya, karena akan sulit untuk membaca tulisan di atas kertas dengan berlian asli, dibandingkan material lainnya.

Tentunya, keaslian berlian lebih mudah ditentukan bila kalian pergi langsung ke pakar dan meminta tes laboratorium untuk menentukan apakah berlian yang kalian punya asli atau tidak.

Apa sih yang Bernilai dari Berlian?

Eksistensi dari berlian sendiri sudah dikenal sejak beribu tahun lalu, dengan peninggalan berlian tertua ditemukan di Yaman dan sudah ada sejak abad keempat sebelum Masehi. Tentu, berlian pada masa lampau adalah berlian asli karena peradaban manusia belum menemukan cara untuk menduplikat berlian.

Nilai dari berlian ini sendiri semakin meroket karena kelangkaannya, dimana berlian hanya bisa ditemukan di daerah bentanglahan vulkanis atau deposisional, juga pernah menjadi komoditas berharga di daerah Asia Selatan, sampai akhirnya penemuan cadangan berlian besar di Afrika Selatan sekitar 1870an membuat harga berlian semakin turun. Itu pun, belum membuat berlian menjadi lebih terjangkau.

Baca juga:  Sejarah Berlian dan Penggunaannya Sebagai Perhiasan

Berlian asli juga bisa dikenali dari ‘kecacatannya’. Ini bukan berarti bentuknya yang tidak indah, tapi berlian asli yang bukan buatan laboratorium, memiliki beberapa flek warna yang akan bisa ditemukan oleh pakar-pakar penilai berlian. Flek ini sendiri sulit dihindari karena memang sudah merupakan fenomena alam. Bukannya tidak ada berlian yang tidak cacat, tetapi flek warna sendiri adalah salah satu yang dicari oleh para pakar saat mengetes keaslian berlian. Di dunia batu mulia pun, berlian dikenal memiliki berbagai warna dari kuning, merah muda, hingga putih seperti yang biasa kita ketahui. Tentu saja, putih menjadi warna paling mahal yang paling dicari.

Dari beberapa penjelasan di atas, tentunya kamu bisa menyimpulkan mengapa berlian asli begitu berharga, karena untuk mencarinya sendiri diperlukan perjuangan keras dan diperlukan kondisi yang begitu spesifik supaya berlian asli bisa berkembang dari ratusan reaksi fisis dan kimiawi yang terjadi di alam. Saat sudah menemukan pun, hanya orang-orang tertentu yang sudah dilatih yang dapat memproses berlian, sehingga menjadi batu mulia termahal seperti yang pernah kita kenal sekarang. Bila menilik prosesnya, tak heran apabila wanita-wanita kadang menilai kesungguhan pasangannya dari batu mulia yang terpasang di jarinya, untuk melihat apakah pria itu serius padanya seperti bagaimana orang-orang serius mencari berlian, atau tidak?

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah kamu merasa kalau adanya berlian asli di perhiasanmu adalah sebuah hal yang wajib? Atau sebenarnya tidak begitu terobsesi membeli berlian asli, tapi suka pada sentuhan elegan yang diberikan berlian asli di perhiasanmu? Yang mana pun, tidak ada orang yang menampik kalau berlian memang adalah batu mulia terindah di dunia.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin