Batu mulia

7 Jenis Batu Mulia Paling Populer

Batu mulia adalah jenis batu yang nilai kerasnya di atas 6,5 dan mengandung bermacam-macam mineral yang sangat tinggi.

Batu ini terbentuk atas hasil proses geologi bumi yang dipoles sedemikian rupa dan sangat sulit didapatkan. Tak heran jika batu mulia dijual dengan harga yang tinggi dan diburu oleh banyak orang.  Batu cincin berharga belasan juta hingga milyaran sudah bukan jadi rahasia umum lagi di kalangan masyarakat.

Semakin tinggi kualitas standar suatu batu, semakin tinggi pula harganya. Biasanya kualitas standar batu mulia dilihat dari karat, warna, kebeningan, dan pola bergaris atau guratan yang dimilikinya.

Dalam dunia yang semakin modern dan semakin maju ini, banyak orang membeli perhiasan yang bertahtakan batu mulia, baik berupa cincin dan kalung untuk memperindah penampilan ataupun cincin kawin. Selain dapat menunjukkan kewibawaan dan tingkat status sosial seseorang yang memilikinya, batu mulia juga digunakan untuk kesehatan karena kandungan mineral alaminya yang sangat tinggi.

Sang pemakai akan mendapatkan energi yang terpancar dari mineral alami yang dikandung oleh batu ini, baik itu energi positif atau negatif tergantung kecocokan dari si pemakai terhadap kandungan mineralnya. Tak heran jika batu ini sering dipakai oleh para sosialita, pejabat, selebriti dunia, hingga presiden.

Batu Mulia Terpopuler dan Termewah

Di Indonesia, batu mulia atau batu akik sudah biasa dipakai oleh para keturunan bangsawan kerajaan. Para presiden kita seperti Bapak SBY, Bapak Habibie, dan Bapak Jokowi juga mengenakan cincin bertahtakan batu mulia di jarinya. Berikut kami paparkan 7 jenis batu yang paling populer di dunia dan makna di baliknya.

  1. Batu Kecubung (Amethyst)

Umumnya batu kecubung berwarna ungu sampai merah muda (kecubung duwet), tapi ada juga yang berwarna hitam yang disebut dengan kecubung wulung. Karena warnanya yang indah, batu ini umumnya digunakan sebagai bahan perhiasan dan manik-manik.

Batu mulia jenis kecubung memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi dan tembus cahaya karena kepentingannya. Batu mulia jenis ini tidak mudah tergores dan mengandung mineral kuarsa serta melambangkan ketulusan dan kasih sayang.

  1. Batu Mata Kucing (Cat’s Eye)

Image result for batu mata kucing

Seperti namanya, batu mulia jenis mata kucing ini mirip seperti mata kucing jika disinari oleh cahaya. Bentuknya bulat seperti telur dan umumnya berwarna coklat gelap, tapi ada juga beberapa yang berwarna abu-abu ungu dan hijau. Batu ini mengandung mineral berilium dan aluminium oksida.

Batu ini diyakini dapat menjauhkan energi negatif, meningkatkan daya ingat dan kekuatan hubungan persaudaraan. Batu mata kucing melambangkan kejayaan dan kewibawaan.

  1. Batu Giok (Jade)

Image result for batu giok

Batu mulia jenis giok memiliki warna yang bermacam-macam, seperti hijau, kuning, putih, atau hitam. Batu ini sangat halus dan transparan serta memiliki kandungan mineral berupa nephrite dan jadeite.

Batu ini biasa digunakan untuk terapi berupa pemijatan karena kandungan besi, kalsium, dan magnesiumnya yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menghambat penuaan dini. Batu Giok melambangkan kejayaan, kekayaan, dan kekuasaan sehingga dijadikan simbol kekaisaran negara Tiongkok.

  1. Batu Mutiara (Pearl)

Batu mutiara yang umumnya berwarna putih ini termasuk yang paling populer selain batu berlian. Minat masyarakat terhadap batu ini juga sangat tinggi. Karena kepopulerannya dan bentuknya yang indah, batu mulia jenis ini sering dibuat tiruannya dan sering dipalsukan.

Cara menguji keaslian batu mutiara adalah gosokkan batu ini pada permukaan gigi, jika terasa kesat / teksturnya yang tidak rata berarti batu mutiara itu asli. Batu ini berbentuk bulat halus, dan berkilau karena memantulkan cahaya. Mutiara melambangkan kesucian, kemurnian, dan komunikasi yang terbuka.

  1. Batu Aquamarine (Biru Laut)

Image result for batu aquamarine

Seperti namanya, batu mulia jenis aquamarine umumnya berwarna biru muda bening layaknya lautan lepas dan mengandung jenis mineral beryl. Batu ini terasa dingin jika disentuh, memiliki tingkat transparansi yang tinggi, dan apabila dilihat dengan kaca pembesar maka akan tampak banyak serat di dalamnya.

Batu ini diyakini dapat memberikan harapan bagi pemakainya, baik itu tentang cinta, semangat hidup, dan energi positif. Batu aquamarine melambangkan kepercayaan dan pertemanan yang kuat. Cincin pertunangan jenis aquamarine telah dinobatkan menjadi 10 cincin pertunangan selebriti terbaik versi majalah VOGUE.

  1. Batu Mata Harimau (Tiger’s Eye)

Image result for batu tiger eye

Sesuai namanya, batu mulia jenis ini memiliki garis-garis warna yang berbeda seperti harimau. Batu ini mengandung mineral seperti besi dan mangan sehingga digunakan untuk pengobatan mata rabun, mencegah kecanduan alkohol, dan meringankan penyakit pencernaan.

Umumnya, batu ini berwarna kuning tua hingga coklat gelap bergaris. Batu mata harimau melambangkan karakter tegas dan kepemimpinan yang kuat. Artis dan pengusaha yang telah dinobatkan sebagai artis muda terkaya di dunia, Kylie Jenner, mengoleksi batu mata harimau untuk keperluan penampilannya. Dia meyakini bahwa mata harimau dapat memberikan keberuntungan, perhatian publik, dan aura kebaikan.

  1. Batu Berlian (Diamond)

Batu jenis berlian ini pasti sudah tidak asing lagi di kalangan kaum borjuis. Di antara jenis-jenis batu yang ada, batu berlian adalah batu yang paling populer. Batu berlian umumnya berwarna putih bening keabu-abuan, tapi ada juga beberapa berlian yang berwarna merah muda, kuning, dan biru. Ciri-ciri batu ini adalah memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, tidak dapat tergores, dan dapat memantulkan cahaya.

Batu dengan berlian bersertifikat sering disimbolkan sebagai tahta, kekuasaan, dan sebuah ikatan hubungan percintaan yang kuat dan tiada akhir. Karena maknanya yang dalam, batu jenis berlian adalah batu yang paling banyak dipakai oleh selebriti dunia.

Demikian 7 daftar batu mulia terpopuler dan makna di baliknya. Semoga semakin menambah wawasan kamu tentang batu mulia dan menginspirasi kamu untuk membeli batu mulia jenis apa yang cocok dengan kamu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.