10 Tips Memilih Cincin Emas Couple

Cincin merupakan perhiasan yang sangat spesial bagi kamu yang ingin melangsungkan acara pernikahan. Memakai cincin couple dapat diartikan sebagai terikatnya sebuah hubungan ke jenjang yang lebih serius. Sebelum kamu membelinya, tentunya kamu harus tau beberapa tips memilih cincin emas couple yang tepat.

Cincin adalah salah satu perhiasan yang biasa digunakan saat momen acara lamaran maupun pernikahan. Melalui sebuah cincin yang cantik, diharapkan ketulusan hati sang pria dapat tersampaikan kepada wanita. Sejak dulu hingga kini pun cincin emas couple masih menjadi sebuah barang yang memiliki makna penting.

Setiap toko perhiasan pasti akan menyuguhkan berbagai jenis, model, dan harga yang beragam kepada para calon pengantin. Tentunya untuk menentukan cincin couple, tentu tidak bisa dilakukan dengan buru-buru jika calon pengantin ingin mendapatkan cincin emas couple yang perfect untuk acara pernikahan impian.

Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih cincin emas couple yang bisa menjadi referensi kamu dan pasangan:

1. Bahan Dasar Cincin

Ada baiknya sebelum kamu dan pasanganmu menentukan model cincin couple seperti apa yang akan dibeli nanti, diskusikan terlebih dahulu mengenai bahan dasar apa yang akan kalian pilih. Biasanya, para calon pengantin memilih cincin emas untuk dijadikan sebagai cincin pernikahan.

Namun, banyak juga dari para calon pengantin saat memilih cincin dikaitkan dengan selera, kebiasaan, dan agama dari sepasang calon pengantin tersebut. Sebagai contoh, ada yang memilih cincin dari bahan apa saja, baik dari kayu atau emas. Namun, untuk agama tertentu yang meyakini bahwa pria sebaiknya tidak memakai emas. Semua kembali lagi pada selera masing-masing pasangan.

2. Pilih Model yang Sesuai dengan Keinginan

Baca juga:  10 Cara Mengatasi Cincin Kebesaran

Jika kamu sudah menentukan bahan apa yang kamu pilih sebagai cincin couple-mu, selanjutnya kamu memilih model yang sesuai dengan keinginan dan kegiatan. Jika kamu ingin memakai cincin untuk sehari-hari, sebaiknya kamu memilih model yang sederhana dengan lebar cincin yang tipis. Dengan begitu, kegiatanmu tidak akan terganggu dengan cincin cantik di jarimu.

Namun, jika kamu lebih menyukai cincin dengan bentuk yang besar dan tebal juga tidak akan menjadi masalah. Karena semua kembali pada kenyamanan dan selera masing-masing. Kamu dapat memilih cincin couple apapun sesuai dengan yang kamu mau.

3. Kumpulkan Referensi

Saat kamu dan pasangan sudah terbayang model apa yang akan kamu pilih, ada baiknya juga kamu mencari referensi. Hal ini tentunya akan sangat membantu apabila kamu dan pasangan ingin membuat cincin dengan model custom.

Bisa juga kamu mencetak gambar-gambar dari referensi cincin yang kamu cari dan menunjukannya kepada penjual perhiasan. Cara ini sangat membantu dan mempermudah proses pemesanan dan pembuatan. Pencarian referensi melalui internet merupakan cara yang paling mudah.

Para calon pengantin bisa mencari di situs pencarian, seperti google, untuk model yang sangat beragam, baik dari buatan lokal maupun international. Kamu juga bisa mencari di sosial media, seperti Instagram, yang kini menjadi sumber referensi kebutuhan pernikahan. Akan ada banyak sekali model cincin yang akan kamu temui dan dipamerkan oleh masing-masing akun resmi toko perhiasan untuk menarik perhatian para instagrammer.

4. Alokasi Dana

Setelah menentukan bahan dan model yang diinginkan, serta mendapatkan beberapa referensi yang mendukung, kini saatnya membahas persiapan dana untuk cincin. Sebaiknya, penentuan alokasi dana ini sudah kamu dan pasanganmu bicarakan di awal

Baca juga:  Mencari Inspirasi dari Foto Cincin Kawin Para Artis

Hal ini karena alokasi dana untuk cincin couple biasanya akan mengeluarkan dana yang relatif besar, terutama jika calon pengantin ingin memakai cincin bertahtakan berlian, kamu perlu memilih bahan dasar cincin tersebut apakah berbahan emas atau palladium.

Semakin besar gram atau karat dari sebuah cincin, tentunya akan mempengaruhi harga yang semakin besar. Begitupun dengan model, semakin rumit desain pada model cincin couple yang kamu dan pasangan inginkan, maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Akan lebih murah jika kamu membeli cincin couple emas yang modelnya sudah tersedia di toko perhiasan, kamu hanya perlu mencari ukuran yang pas dengan kamu dan pasanganmu. Namun, akan lebih berkesan jika cincin emas couple-mu itu custom, bukan?

5. Pilih Karat yang Kamu Inginkan

Setiap perhiasan pasti memiliki kandungannya masing-masing, semakin banyak kandungan emas, maka akan semakin tinggi pula nilai karat yang terdapat pada perhiasan tersebut. Nilai jual yang terdapat pada perhiasan itu pun menjadi mahal.

Sebuah cincin emas 15 karat mengandung emas murni sekitar 63 persen. Sisanya emas tersebut terbiat dari logam lain seperti seng, nikel, dan lain sebagainya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa semakin kecil nilai karat, maka akan semakin rendah daya tahan pada cincin tersebut.

6. Periksa Kualitas

Pemeriksaan kualitas tidak hanya pada cincin emas couple, tetapi pada semua jenis cincin. Sebaiknya, kamu pastikan cincin yang kamu pilih memiliki minimal dua tanda di bagian dalam. Tanda pembuat cincin dan tanda kualitas cincin seperti PLAT atau 24 K.

7. Pilih Toko Perhiasan Terpercaya

Saat ini sudah banyak sekali toko perhiasan yang mudah kamu temui dimana pun. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih toko perhiasan. Sekarang, semakin banyak modus penipuan dari toko perhiasan yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga:  7 Tips Mudah Berinvestasi Cincin Emas 24 Karat

Kamu bisa langsung datang mengunjungi toko yang sudah memiliki reputasi baik dan kepercayaan banyak orang seperti VnCo Jewellery. Sebaiknya, kamu juga harus mengetahui dan mengerti mengenai emas dan berlian. Dengan begitu kamu akan lebih tenang saat berbelanja, bukan?

8. Berfikir Jangka Panjang

Selain cincin emas couple yang kamu dan pasangan pilih memiliki model yang trendi, sebaiknya kamu pastikan juga cincin tersebut dapat dipakai hingga berpuluh-puluh tahun kemudian, tetap nyaman dipakai dan sesuai untuk segala kegiatan sehari-hari. Namun, jika kamu sudah terlanjur beli, kamu masih bisa meng-upgrade cincin emas couple tersebut di kemudian hari.

9. Perhitungkan Masalah Perawatan

Memperhitungkan masalah erawatan pada cincin emas couplemu sangatlah penting. Terlebih karena cincin pernikahan merupakan cincin yang akan dipakai setiap hari. Pilih model yang simple agar kamu dan pasangan bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

10. Ingat Gaya Hidup Kamu dan Pasangan

Hindari membuang-buang uangmu untuk membeli cincin yang cantik, berharga mahal, tetapi tidak nyaman saat dipakai dan sering dilepas karena tuntutan aktivitas. Sebaiknya, pilihlah cincin emas couple yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang biasa kamu lakukan.

Kamu dan pasangan dapat memilih model cincin yang biasa disebut comfort it yang ramping dengan sisi-sisi yang bulat. Memilih cincin emas couple tanpa hiasan batu permata atau pahatan yang rumit akan lebih nyaman dipakai ketika mengerjakan sesuatu. Kamu bisa tes kenyamanan dari cincin tersebut dengan cara menggunakanya selama beberapa saat untuk mengetik dan menulis.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk memilih cincin couple emas di hari pernikahanmu nanti atau untuk kamu dan pasangan kenakan sehari-hari. Selain cincin couple berbahan emas, kamu bisa memiliki cincin couple dengan material yang beraneka ragam tentunya di V&Co Jewellery!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin