Ingin Membeli Batu Berlian Mentah? Kenali Ciri-cirinya

Ingin Membeli Batu Berlian Mentah? Kenali Ciri-cirinya

Ketika sudah memiliki cincin berlian, pasti ada keinginan untuk memiliki batu berlian mentah. Apa alasannya? Tampilannya yang kemilau dan harganya yang cukup mahal sehingga membuat berlian menjadi berkelas di mata masyarakat sehingga membuat kita ingin mengenal ciri-ciri batu berlian mentah yang asli.

Sebelum kamu membeli batu berlian mentah, alangkah baiknya kamu kepo dulu bagaimana bentuk tampilan dan ciri-ciri batu berlian, agar tidak terkecoh dengan membeli batu berlian yang palsu. Hal ini sering terjadi, karena kita sering mendengarkan apa kata orang, apa kata teman, apa kata sahabat, apa kata keluarga tanpa mencari tahu terlebih dahulu. Tidak ada yang salah dengan mencari tahu dari orang terdekat kita. Tapi dibarengi dengan menambah wawasan kamu juga, ya!

Batu berlian mentah adalah bentuk padat dari unsur karbon dengan atom-atom yang tersusun dalam struktur kristal atau intan kubik. Ada istilah grafit yang perlu kamu ketahui, ini bentuk karbon padat lain yang stabil secara kimiawi dan berlian tidak pernah mengubahnya. Berlian mentah juga dikenal dengan berlian kasar, dimana ia belum mengalami proses cutting, sebuah proses dasar yang sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu. Proses cutting yang sering dilakukan adalah memecah berlian kasar untuk memisahkan berlian-berlian kasar menjadi beberapa bagian yang nantinya akan diproses menjadi batu mulia. Setelah kamu memahami bagaimana bentuk berlian mentah, minimal sudah ada dalam bayanganmu.

Batu yang paling keras

Batu berlian mentah adalah batu yang paling keras dari perut bumi.  Karena ciri-cirinya yang keras, akan sangat mustahil kalau berlian kamu pecah akibat benturan ringan atau tersenggol tanpa sengaja (mungkin disengajakan boleh untuk mengujinya). Jadi, kalau kamu beli dengan harga yang mahal,, sudah dipastikan batu berlian kamu tidak asli alias palsu. Hati-hati ya

Banyak warna seperti pelangi

Ciri-ciri batu berlian mentah yang satu ini mungkin belum banyak diketahui orang. Ya, jangan salah sangka, batu berlian tidak memiliki satu warna. Batu berlian mentah tidak bening begitu saja. Ia memiliki banyak warna. Warna batu berlian yang paling langka adalah pink, kuning dan biru. Cantik, bukan? Jadi jangan tertipu kalau ada penjual yang bilang “ini warna berlian paling langka, warna merah yang paling langka dan menjadi incaran banyak orang”. Itu modus yang merugikan buat kamu. Jadi, jangan gampang tertipu dengan mulut manis yang membuat kamu tergoda.

Refleksi dalam warna abu-abu

Meskipun salah satu ciri-ciri batu berlian mentah adalah memiliki banyak warna, akan tetapi ia hanya memberikan refleksi dalam warna abu-abu saja. Refleksi ini adalah pantulan kilauan berlian yang berwarna abu-abu.

Tanpa kabut

Kamu bisa mencoba ciri-ciri batu berlian mentah yang satu ini dengan mengembuskan napasmu di batu berlian tersebut. Kalau hasil kabutnya cepat pudar, maka bisa dipastikan asli. Jika hasilnya sebaliknya, kabutnya bertahan lama maka berlian tersebut palsu.

Batu berlian palsu bisa mengapung di air

Modus penipuan bisa dilakukan penjual dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengatakan ciri-ciri batu berlian mentah adalah mampu mengapung di air. Padahal kenyataannya, batu berlian asli tidak mampu mengapung di air. Jadi hati-hati dengan tipuan modus ini ya.

Harga yang fantastis

Dari bentuk tampilan yang sedang kita bayangkan, sudah pasti ia akan menguras uang yang kamu punya. Dari harganya yang sangat tinggi bisa membuat kamu yakin kalau berlian mentah itu asli. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa tertipu kalau hanya menilai dari segi mahalnya saja. Bandingkan dari penjual atau toko satu dengan lainnya sehingga kamu bisa menjadikannya bahan pertimbangan sebelum membeli berlian mentah.

Pastikan kamu mendapat sertifikat

Tanpa perlu menguasai ciri-ciri batu berlian asli, kamu bisa mendapatkan batu berlian asli dengan membeli batu berlian mentah di tempat yang terpercaya dan pulang membawa sertifikat. Hal yang sangat umum, kalau kita membeli berlian pasti mendapatkan sertifikat yang menjadi ciri mutlak kalau berlian itu asli. Karena itu, pastikan kamu membeli di Toko Berlian Bersertifikat.

Ketika sudah yakin, belilah batu berlian mentah ketika dana sudah mencukupi. Kalau belum tercukupi, menabunglah dari alokasi dana pemasukan kamu setiap bulan. Meskipun semakin tahun, kemungkinan harga akan naik. Akan tetapi keuntungan kedepannya juga akan kamu rasakan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *