Cincin Tunangan dan Cincin Nikah Sama atau Tidak?

Cincin Tunangan dan Cincin Nikah Sama atau Tidak?

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai cincin tunangan dan cincin nikah sama atau tidak? Sebenarnya pertanyaan ini tidak hanya ada di dalam pikiranmu, tetapi setiap orang yang hendak melaksanakan upacara pernikahan yang sakral. Mengingat acara pertunangan dan pernikahan terjadi di waktu yang berdekatan, banyak orang yang mempertimbangkan apakah mereka akan membeli cincin tunangan juga atau hanya membeli cincin nikah saja.

Ada juga orang yang menggunakan desain cincin yang sama untuk pernikahan dan pertunangan, tak heran kemudian pertanyaan cincin tunangan dan juga cincin nikah sama atau tidak pun muncul ke permukaan, karena ini juga adalah sebuah opsi yang menggiurkan dan cukup menekan dana yang harus kamu persiapkan untuk pernikahan kamu yang hanya sekali seumur hidup. Jadi, apa perbedaan dari kedua cincin tersebut?

Sebelum mengerti perbedaan tentang cincin tunangan serta cincin nikah, sebelumnya kamu harus mengerti mengenai definisi dari masing-masing cincin. Cincin tunangan sendiri adalah cincin yang disediakan oleh mempelai pria untuk melamar mempelai wanita. Sementara cincin nikah adalah cincin yang ditukar oleh kedua mempelai saat upacara pernikahan dan mulai dikenakan pada saat itu juga. Keduanya sama-sama cincin yang akan dikenakan, terutama oleh mempelai wanita, tetapi karena faktor budaya, sejarah, dan kecenderungan setiap orang, di era modern ini tradisi mengenakan kedua cincin mulai berubah.

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah dari Desain

Secara desain sendiri, cincin tunangan memiliki desain yang lebih mewah dan kompleks daripada cincin nikah. Semua ini sesungguhnya adalah hasil dari iklan De Beers—perusahaan yang bekerja di bidang eksplorasi berlian dan pemotongan berlian—yang mempromosikan cincin tunangan mewah. Sementara itu, secara tradisional juga berlian di cincin tunangan melambangkan betapa besar cinta yang dimiliki pria untuk kekasihnya.

Sehingga, tidak heran bila kamu bertanya di toko tentang apakah cincin tunangan dan nikah sama atau tidak, kamu akan disodori oleh desain solitaire dengan berlian yang besar untuk cincin tunangan, sedangkan untuk cincin nikah kamu akan diberi desain yang lebih simpel dengan berlian kecil yang bersifat dekoratif. Seputar harga, tentu saja, karena berlian yang digunakan menjadi faktor utama penentu harga cincin, cincin tunangan dengan berlian yang besar menjadi lebih mahal daripada cincin nikah.

Sesungguhnya ada beberapa opsi mengenai cincin nikah maupun cincin tunangan. Kamu bisa menggunakan satu cincin yang sama untuk kedua acara, membeli cincin tunangan dahulu sebelum membeli cincin nikah, atau membeli keduanya bersamaan sehingga mendapatkan satu set. Semua ini tergantung dari kebiasaan dan mana yang lebih sesuai untuk diri kamu, tanpa harus memikirkan cincin tunangan dan cincin nikah sama atau tidak. Karena, kadang ada beberapa daerah yang budayanya memaksa kamu untuk mengenakan cincin nikah untuk alasan kesopanan, tetapi ada juga lini pekerjaan (dokter bedah, misalnya) yang kurang menganjurkan kamu untuk mengenakan cincin karena akan berisiko selama bekerja.

Bolehkah Cincin Pernikahan dan Tunangan Dipakai Bersamaan?

HARGA CINCIN TUNANGAN

Bila kamu memiliki tradisi dimana cincin tunangan dan cincin nikah dikenakan bersamaan, maka sebaiknya kamu memikirkan opsi untuk membeli cincin nikah dan tunangan yang satu set. Sehingga keduanya akan cocok untuk berdampingan satu sama lain. Terkadang ada yang tidak memakai cincin tunangan mereka, karena desainnya yang tidak sesuai bila berdampingan dengan cincin nikah. Atau desain yang dimiliki kedua cincin tersebut tidak nyaman dikenakan berdampingan, antara menabrak atau membuat tanganmu jadi tidak leluasa bergerak.

Jadi, saat kamu masih bingung cincin tunangan dan cincin nikah sama atau tidak, membeli set juga bisa menjadi solusi karena kamu akan mendapatkan dua cincin yang berbeda, tapi tetap terlihat cocok dikenakan bersebelahan! Namun, ada juga yang hanya mengenakan cincin tunangan hanya sampai hari pernikahan. Bila kamu termasuk tipe yang seperti ini, tentu tidak apa-apa bila kamu membeli cincin tunangan yang berbeda 

Pada intinya, semua tentang cincin tunangan dan cincin nikah sama atau tidak memang hanya sekadar nama saja. Zaman sekarang sudah lebih fleksibel, bahkan kamu tidak perlu membeli cincin tunangan yang terlalu mewah dan berlebihan, walau ada tradisi yang mengatakan besarnya berlian melambangkan besarnya cintamu. Mau kamu membeli cincin nikah dan tunangan yang berbeda set, membeli dari set yang sama, atau hanya membeli satu cincin untuk kedua tujuan, semuanya tergantung pada kamu. Yang jelas, kamu harus ingat, ya, untuk membeli cincin yang tahan lama, supaya bisa tahan lama, selama pernikahan kamu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *