Kenapa Wanita Lebih Memilih Cincin Tunangan Emas Putih

Kenapa Wanita Lebih Memilih Cincin Tunangan Emas Putih?

Emas putih sudah tidak asing lagi di dunia perhiasan. Warnanya yang elegan dan kilau cerah melambangkan kemewahan yang elegan. Khususnya saat mengenakan cincin yang terbuat dari emas putih. Cincin tunangan emas putih menjadi model yang paling banyak diminati, karena berbagai alasan yang akan dibahas di bawah ini.

Cincin emas putih terbuat dari emas kuning yang dicampur logam lain. Selain perak dan nikel, beberapa logam lain yang dapat dicampur adalah palladium dan platinum, namun tidak banyak yang dapat ditemukan di pasaran karena harga paduannya sendiri yang cukup mahal.

Selain bercampur dengan logam lain, biasanya emas putih juga akan dilapisi rhodium agar warna putihnya lebih awet dan berkilau. Perhiasan emas putih 14K mengandung 58% emas, sisanya logam lain seperti perak atau nikel. Sedangkan untuk 18 karat merupakan kombinasi 75% emas murni dan 25% perak atau nikel.

Bagi kaum milenial, memilih cincin tunangan emas putih untuk momen pertunangan menjadi tren yang lebih diminati daripada emas kuning. Hal ini juga terlihat dari semakin banyaknya toko perhiasan yang memiliki lebih banyak koleksi cincin emas putih. Selain itu, cincin emas untuk pengantin wanita ini juga terlihat lebih modern dibandingkan cincin pertunangan berwarna kuning emas. Hal ini disebabkan tampilan cincin emas putihnya yang tidak terlalu mencolok sehingga tidak terasa lengket terutama pada kaum muda.

Alasan Wanita Menyukai Emas Putih

Untuk kamu yang tidak suka terlihat mencolok, warna cincin emas putih lebih netral yang membuat cincin pertunangan emas putih lebih cocok untuk semua jenis batu permata. Selain itu, berikut ini beberapa alasan kenapa emas putih lebih disukai oleh wanita.

1. Harga Lebih Murah

Dari segi harga, cincin emas putih dan emas kuning mempunyai harga yang tidak jauh berbeda. Walaupun demikian, cincin emas kuning umumnya mempunyai harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan cincin emas putih.

Harga cincin tunangan emas putih tentunya harus dilandasi oleh berbagai faktor seperti popularitas dan gaya dari desain cincin tersebut. Karena semakin populernya hari ini, cincin pertunangan emas putih mungkin memiliki harga beli yang lebih tinggi daripada cincin pertunangan emas kuning dengan kelas dan berat yang sama.

Desain dan model cincin tentunya juga akan mempengaruhi harga. Semakin rumit modelnya dan semakin eksklusif desain cincinnya, semakin tinggi harga cincin pertunangan emas putih tersebut. Bagi mereka yang tidak suka menonjol, putih lebih netral, yang membuat cincin pertunangan emas putih lebih cocok untuk semua jenis batu permata.

2. Tahan Lama

Cincin emas putih dengan campuran perak, rhodium atau palladium, yang merupakan logam kuat akan membuat cincin emas putih ini lebih kuat dan juga lebih tahan lama jika dibandingkan dengan emas kuning. Cincin emas putih juga tidak mudah tergores. Selain itu, kilauan dan warna yang diperoleh dari cincin emas putih lebih halus dan elegan. Namun, cincin emas ini juga memiliki kekurangan. Paduan rhodium memungkinkan warna dan kilau cincin emas putih memudar seiring waktu, sehingga harus dilapisi secara berkala.

Dengan jenis cincin tertentu, emas putih yang dicampur dengan nikel dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sebagian orang dengan kulit sensitif. Selain rhodium, cincin emas putih juga mengandung palladium. Hal ini menjelaskan bahwa logam mulia emas yang memutih, tidak hanya disebabkan perpaduna dengan nikel, melainkan palladium juga bisa.

Kombinasi keduanya membuat bahan cincin yang bagus. Dimana logam emas memiliki elastisitas sehingga mudah dibentuk, dan logam palladium memiliki sifat anti alergi yang bagus untuk pengantin wanita yang alergi terhadap logam.

3. Nilai Jual yang Tinggi

Selain bisa dikombinasikan dengan palladium, cincin tunangan emas putih ternyata lebih bermanfaat daripada cincin tunangan emas kuning. Sebab, cincin emas putih bisa menjadi instrumen investasi untuk jangka panjang. Karena, cincin emas putih mempunyai nilai jual atau nilai tukar yang peningkatannya lebih besar jika dibandingkan dengan emas kuning biasa.

Untuk harganya sendiri belum ada harga spesifik yang lebih mahal antara emas putih dan emas kuning. Karena cincin emas putih sama dengan emas biasa, yang membedakannya adalah cincin tersebut hanyalah campuran yang memberikan warna berbeda dari kedua jenis emas tersebut. Karena emas adalah logam mulia yang lunak, emas murni 24 karat sering kali dapat ditemukan. Jadi perhiasan emas merupakan hasil penggabungan logam mulia dengan bahan lain, baik itu emas putih maupun emas kuning.

4. Tampilan yang Simpel

Bagi kamu yang kurang menyukai tampilan emas kuning karena terlalu mencolok dan terlihat kuno, emas putih mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengenakan perhiasan emas. Warnanya yang tidak terlalu mencolok membuat tampilan cincin emas putih tampil lebih simpel, ringan dan tidak berlebihan. Cocok untuk kamu yang berjiwa muda dan tidak ingin terlihat berlebihan. Meski demikian, cincin emas putih tetap terlihat anggun dan glamour karena mengandung logam mulia dengan tampilan fisik yang khas dan cocok dipasangkan dengan gaya busana apapun.

5. Menambah Keindahan Batu Mulia

Cincin emas putih umumnya akan dihiasi dengan liontin seperti ornamen, batu permata berwarna lainnya atau berlian, sebagai pemanis dan menambah kesan mewah serta elegan. Penggunaan emas putih meningkatkan efek warna batu permata dan membuatnya tampak lebih berkilau.

Sebaliknya, emas kuning justru akan mengalahkan pesona warna batu, membuatnya tampak lebih gelap atau bahkan kekuningan. Perhiasan emas putih juga sangat fleksibel untuk dipadukan dengan batu permata berwarna, karena putih sangat netral sehingga tidak mengganggu keseimbangan warna dan tidak terkesan terlalu “ramai”.

Rekomendasi Model Cincin Tunangan Emas Putih

Jika kamu dan pasangan memang ingin mencari cincin tunangan emas putih. Berikut ini beberapa model cincin emas putih dari V&Co Jewellery yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang sudah kamu siapkan.

1. Cincin Emas Putih dengan Berlian

Rekomendasi Model Cincin Tunangan Emas Putih

Harga cincin emas putih ini kurang lebih Rp. 22 jutaan. Cincin tunangan berlian ini memang sangat eksklusif dan membuat pemakainya terlihat seperti ratu dan raja yang anggun dan glamour. Cincin ini memiliki taburan berlian berkilau 0,17 karat yang indah. Berat cincin ini hanya 4,8 gram untuk cincin pria dan 4,3 gram untuk cincin wanita. Seperti yang sudah disebutkan, berat cincin juga akan mempengaruhi harga cincin emas putih.

2. Cincin Dua Warna

Berikutnya adalah cincin dengan taburan dua warna emas, contohnya cincin WR0066 eksklusif dari V&Co Jewellery. Cincin ini dihargai Rp. 13 juta. Mengapa cincin ini lebih murah dari yang sebelumnya? Salah satu faktornya adalah berat cincin ini tidak sama dengan cincin di atas yaitu hanya 3,5 gram untuk cincin pria dan 2.5 gram untuk cincin wanita. Apalagi cincin pria tidak dilengkapi berlian, yang juga merupakan faktor penentu harga cincin tunangan dua warna putih ini.

3. Cincin Emas Putih Polos

Jika kamu menginginkan cincin yang simpel namun tetap elegan, kamu bisa memilih cincin tunangan polos. Berapa harga cincin emas putih ini? kamu bisa mendapatkannya hanya dengan Rp. 4 juta. Cincin ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memangkas budget dan mengalokasikan budget persiapan pernikahan untuk hal lain seperti catering dan sewa gedung. Meski mempunyai desain sederhana, cincin ini tetap memiliki tampilan yang elegan dan cantik.

Itu dia lima alasan kenapa cincin tunangan emas putih lebih disukai oleh wanita jika dibandingkan dengan emas kuning. Selain itu ada rekomendasi tiga model emas putih yang bisa kamu beli untuk momen bahagia di hari pertunangan yang kamu lakukan dengan pasangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *