Bolehkah Mengenakan Cincin Tunangan Polos

Bolehkah Mengenakan Cincin Tunangan Polos?

Ketika suatu hubungan menjadi serius, setiap pasangan pasti akan bersiap untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Beberapa orang memutuskan untuk bertunangan terlebih dahulu, ada juga yang lebih suka mengatur pernikahan segera. Jika kamu memutuskan untuk bertunangan terlebih dahulu, kamu harus mempersiapkan cincin tunangan polos terlebih dahulu.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membeli cincin tunangan adalah modelnya. Biasanya orang memilih model cincin tunangan sesuai keinginan mereka. Jika kamu orang yang spesial, mungkin kamu akan memilih model yang unik dan bervariasi. Tetapi, bolehkan memilih cincin tunangan yang polos? Pemilihan cincin adalah yang terpenting karena kamu dan pasangan harus bersatu atau cocok dengan selera masing-masing. Berkat hal tersebut, kamu dan pasangan bisa dengan nyaman mengenakan cincin tunangan yang akan kamu pakai setiap hari.

Bentuk dan Makna Cincin yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang kamu ketahui, ada banyak sekali bentuk cincin yang beredar di pasaran saat ini, mulai dari motif, bentuk, batu permata yang disematkan dan lain sebagainya. semua ini, tentu saja, memiliki arti dan makna.

Tapi, sayangnya tidak semua orang tahu tentang itu. kebanyakan orang membeli cincin hanya tertarik dengan motif atau desain cincin tunangan tersebut, namun tidak mengetahui apa artinya. Khususnya terkait dengan cincin pertunangan yang banyak beredar di pasaran. Berikut ini beberapa bentuk cincin pertunangan beserta maknanya yang perlu kamu ketahui.

1. Makna Bentuk Lingkaran

Pada umumnya cincin berbentuk lingkaran. Ini adalah bentuk dasar yang sudah ada sejak zaman kuno. Walaupun pada masa itu dibuat cincin dengan berbagai macam desain, seperti cincin yang berbentuk bulat seperti lingkaran, namun berkat perkembangan desain cincin, saat ini terdapat motif dengan bentuk seperti segitiga, segi enam, dan lain sebagainya.

Tetapi semua itu. tidak mengurangi makna lingkaran yang sudah terpasang pada cincin tersebut. Banyaknya bentuk cincin, tetapi masih dalam aturan lingkaran, berarti ada kesetiaan yang harus dijaga pasangan. Seseorang yang sudah berani bertunangan, harus menunjukkan kesetiaan yang besar meski banyak godaan yang menghampirinya.

Ibarat cincin tunangan, meski sudah banyak desain baru, bentuk dasarnya tetap bulat atau tidak berujung. Jadi, kesetiaan seperti itulah yang harus ada dalam suatu hubungan, yang tetap setia dan tidak ada akhirnya.

2. Makna Cincin Polos

Dari sekian banyak desain cincin yang laris di pasaran, ternyata masih banyak yang memilih cincin tunangan polos, tentunya ada alasan tersendiri dalam memilih motif ini. Setiap orang yang membeli cincin polos sebagai cincin pertunangan tentunya memiliki tujuan tersendiri kenapa membuat cincin pertunangan dengan pola yang polos.

Cincin polos adalah tema sederhana. Seseorang yang memilih tema sederhana sebagai motif cincin pertunangan bisa diartikan sederhana. Biasanya orang-orang seperti itu tidak menyukai hal-hal yang rumit dan mereka biasanya menyukai hal-hal yang sederhana.

Selain itu, tema-tema sederhana tersebut juga menggambarkan harapan yang dimiliki pasangan agar menginginkan hubungan yang tenang, damai, dan tanpa banyak keributan di antara keduanya.

3. Makna Model Satu Permata

Di antara model cincin modern saat ini, terdapat cincin yang dibuat dengan cara disematkan batu permata. Model ini tentu dibuat dengan maksud tertentu. Selain untuk mempercantik tampilan sebuah cincin, menyematkan batu permata pada cincin juga berarti hanya ada satu cinta dalam sebuah hubungan. Ini adalah makna yang harus diketahui oleh semua calon pengantin.

Seseorang yang berani berkomitmen harus tahu bahwa hubungan yang terjalin di antara mereka tidak seperti dulu lagi. mereka sudah memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan saat mereka bertemu, karena kedua keluarga di kedua belah pihak sudah mengetahuinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga hubungan dimana hanya ada satu cinta.

4. Makna Cincin Couple

Ada juga cincin yang dibuat couple. Pola couple atau cincin berpasangan adalah cincin yang terbuat dari dua bagian atau berpasangan. Meski dibuat berpasangan, pola antara cincin pria dan cincin wanita tidak sama. Ini untuk menunjukkan perbedaan antara pria dan wanita.

Namun perlu kamu ketahui bahwa ada makna di balik desain couple tersebut. Cincin yang dibuat berpasangan berarti mereka tidak lagi sendirian. ada pasangan yang harus diperhatikan, baik itu kasih sayang atau cinta.

Untuk itu, yang terpenting di sini adalah rasa peduli satu sama lain, tidak hanya pria tapi juga wanita yang peduli pada hubungan. Selain saling menjaga, arti lain dari pasangan cincin adalah keterpaduan antar pasangan. Orang yang memakai cincin couple akan terlihat lebih kompak.

5. Makna Model Single

Selain model couple, ada juga cincin yang dibuat dalam satu model. Model single adalah cincin yang dibuat hanya satu bagian saja. Biasanya cincin ini diberikan pria kepada wanita. Artinya hampir sama dengan cincin satu batu permata, yaitu hanya ada satu cinta di hati pasangan. Pria yang memberikan cincin kepada pasangannya adalah seseorang yang menunjukkan dan menyatakan bahwa hanya ada satu cinta di dalam hatinya.

Alasan Kenapa Memilih Cincin Tunangan Polos

Alasan Kenapa Memilih Cincin Tunangan Polos

Mungkin kamu bertanya bolehkah mengenakan cincin tunangan polos? Tentu saja hal ini boleh-boleh saja dan tidak hukum yang melarang penggunaan motif polos. Namun, dalam hukum Islam melarang pria mengenakan cincin dari emas. Jadi ada baiknya, untuk kamu yang beragama Islam, untuk memilih cincin tunangan dari bahan perak, palladium atau titanium.

Mengacu pada awal tradisi bertukar cincin, cincin pertunangan hanya ada satu bentuk, yaitu lingkaran di tangan yang melambangkan keabadian bagi mempelai wanita. Namun, kini telah banyak mengalami perubahan. Berbagai jenis cincin bermotif telah diperkenalkan, seperti cincin berlian. Meskipun demikian, banyak pasangan masih bertunangan menggunakan cincin tunangan dengan motif polos yang dipakaikan di jari manis.

Selain itu, Cincin tunangan polos ini sebenarnya sangat cocok untuk pasangan yang tidak mau ribet. Toko perhiasan biasanya sudah memiliki pilihan model cincin tunangan yang sederhana. Mungkin beberapa pasangan lebih memilih cincin dengan motif polos yang tidak memiliki ukiran atau aksen tertentu. Bentuknya yang sederhana sebenarnya cocok untuk kamu yang orangnya sederhana. Biasanya model cincin tunangan dengan motif polos, sangat cocok dipakai sehari-hari. Pastinya akan sangat merepotkan jika kamu memakai cincin dengan motif yang terlalu ramai saat beraktivitas sehari-hari.

Ada keuntungan lain jika memilih cincin tunangan yang polos. Salah satunya adalah harga. Toko cincin tunangan pilihanmu akan menawarkan model biasa sehingga tidak perlu melalui proses lain untuk membuat cincin ini. Tentunya kondisi ini akan jauh lebih murah dibandingkan membuat cincin tunangan dengan berbagai modal yang ribet.

Seperti itulah beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan cincin tunangan polos saat kamu melamar pasanganmu. Selain itu, ada juga beberapa motif lain yang bisa kamu gunakan, beserta dengan penjelasan makna dibalik motif tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.