harga cincin berlian

Memahami 4C: Penentu Harga Berlian Asli

Harga berlian asli dipatok berdasarkan kriteria oleh 4C, yaitu cut, colour, clarity, dan carat. Pencetus 4C ini sendiri pertama kali adalah GIA (Gemological Institute of America) yang merupakan lembaga non profit dengan kredibilitas terbaik di dunia. 

4C ini kemudian menjadi penentu harga berlian asli hingga saat ini. Jadi, salah satu cara untuk mengetahui apakah berlian kamu asli atau palsu, adalah dari adanya sertifikat GIA pada saat proses jual beli.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lengkap mengenai 4C yang merupakan penentu harga berlian asli. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Harga Berlian Asli Berdasarkan 4C

Tak mengherankan bahwa harga berlian asli tidaklah semurah harga batu mulia lainnya. Selain kilaunya yang indah dan tampilannya yang mewah, faktor penentu harga berlian asli ternyata adalah keempat hal ini, loh!

1. Cut (potongan)

Bentuk bentuk berlian
Bentuk-bentuk berlian | Gambar: diamond cutting

Potongan berlian adalah faktor terpenting yang menyebabkan harga berlian asli menjadi tinggi. Hal ini karena potongan pada berlian berdasarkan sudut, fire, segi simetris, proporsi potongan, dan detail finishing mampu mempengaruhi kilau pada berlian.

Proses pemotongan berlian pun dilakukan karena beberapa alasan. Misalnya cutter menargetkan berat karat maksimum pada berlian, tapi membuat potongan terlalu dalam atau dangkal, sehingga pantulan pada berlian tidak maksimal. Ada juga potongan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi jumlah inklusi sehingga kejernihannya meningkat, namun kilaunya menjadi tidak maksimal. Potongan berlian yang sempurna bahkan dapat memiliki kecerahan warna kuning yang terlalu mencolok, sehingga mengurangi keindahannya.

Agar kamu tidak bingung, kamu cukup memfokuskan pada pemilihan berlian dengan potongan yang tepat. Karena jika potongan pada berlian tidak sesuai, bahkan berlian 2 karat yang murni sekalipun akan menjadi kusam.

Selain potongan, keindahan berlian juga ditentukan oleh bentuk berlian yang beragam. Bentuk potongan berlian ini bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan.

2. Color (warna)

skala warna berlian
Skala warna berlian asli | Gambar: diamond colour scale

Color atau warna adalah tingkat transparansi pada berlian. Warna berlian dalam skala GIA mulai dari berlian bening tanpa warna hingga semakin bersemu kuning kecoklatan. Berlian dengan transparansi tertinggi dengan skala D merupakan jenis berlian yang langka, sehingga harga berlian asli ini semakin mahal. 

Jika kamu membeli berlian dan melihat kedua berlian yang tampak sama secara kasat mata namun perbedaan harga berlian asli cukup signifikan, itu artinya ada perbedaan pada tingkat warnanya. Perbedaan warna ini sendiri turut mempengaruhi pantulan cahaya dan kilau berlian.

Ingat, meskipun berlian memiliki skala perbedaan warna namun bukan berarti warna yang lebih gelap ini berkualitas buruk. Hal ini karena berlian memiliki banyak jenis warna yang berbeda. Ada 10 jenis berlian yang berada di pasaran saat ini dengan berbagai pilihan warna cantik yang bisa kamu pilih sesuai selera!

3. Clarity (kejernihan)

Skala kejernihan berlian
Skala kejernihan berlian | Gambar: clarity chart

Maksud dari kejernihan tersebut adalah seberapa jernih batu mulia ini dari inklusi, noda, dan cacat. Semakin jernih berlian, semakin tinggi pula harga berlian asli. Berlian berkualitas memiliki tingkat kejernihan seperti air atau kaca.

Untuk melihat kejernihan berlian sendiri tidak dapat menggunakan mata telanjang saja, namun harus menggunakan bantuan lensa khusus dengan kemampuan perbesaran hingga 10 kali. Pengamatan ini pun memerlukan keahlian khusus oleh orang yang sudah berpengalaman di bidangnya.

GIA juga menentukan tingkat clarity dari berlian sebagai berikut:

  • FL (flawless)
  • IF (Internally Flawless)
  • VVS1 (Very Very Slightly Included 1)
  • VVS 2 (Very Very Slightly Included 2)
  • VS1 (Very Slightly Included 1)
  • VS2 (Very Slightly Included 2)
  • SI1 (Slightly Included 1)
  • SI2 (Slightly Included 2)
  • I1 (Included 1)
  • I2 (Included 2)

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa ada beberapa skala yang terlihat minim perbedaannya bahkan tampak sama secara kasat mata. Inilah pentingnya menggunakan tenaga ahli untuk menilai kejernihan berlian. 

Tingkat inklusi dan lokasi serta bentuk noda bisa mempengaruhi harga berlian asli karena bisa mengganggu cahaya saat melewati berlian. Hal ini membuat kecemerlangan dan keindahan berlian menjadi berkurang.

4. Carat (karat)

Faktor penentu harga berlian asli yang terakhir adalah besaran karat. Perlu kamu ketahui bahwa berat karat bukanlah ukuran berlian, namun berat berlian itu sendiri. Berlian 1 karat memiliki berat 200 miligram atau 0,02 gram. 

Kamu tidak perlu heran jika melihat 2 berlian dengan berat karat yang sama namun memiliki ukuran yang berbeda. Hal ini karena bentuk dan potongan berlian juga bisa mempengaruhi ukuran berlian.

Apa Aspek yang Paling Penting dari 4C?

Setelah mengetahui penjelasan 4C di atas, kamu pasti bertanya-tanya apa hal pertama yang menjadi pertimbangan saat memilih berlian agar mendapatkan harga berlian asli yang sesuai dengan kualitasnya? 

Apakah harus memilih berlian dengan skala tertinggi? Bagaimana jika ingin membeli berlian dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap bisa mendapatkan berlian yang indah? Ini dia beberapa hal yang bisa kamu coba saat ingin membeli berlian:

  • Cut

Seperti yang sudah dibahas di atas, potongan berlian ini paling penting untuk diperhatikan karena bisa mempengaruhi keindahan berlian itu sendiri. Kamu bisa memilih berlian dengan tingkat fire dan kecemerlangan yang tinggi untuk mendapatkan berlian dengan kilau yang indah. Dengan begini, kamu bisa mengesampingkan detail clarity atau colour dan semakin menghemat biaya pengeluaran untuk membeli berlian.

  • Colour 

Hal kedua yang harus menjadi prioritas lainnya adalah pemilihan warna. Pastikan kamu memilih berlian yang tidak berwarna atau tampak putih terlihat dengan mata telanjang. Pastikan juga bahwa warna tidak mengganggu pantulan cahaya putih dan cahaya berwarna.

  • Clarity

Kamu bisa memilih berlian dengan kejernihan yang cukup. Pastikan tidak ada noda atau inklusi yang menghalangi pantulan cahaya sehingga tampilan berlian akan tetap baik dan cemerlang.

  • Carat 

Hal terakhir yang perlu kamu khawatirkan dari membeli berlian adalah berat karatnya. Jika kamu sudah menyeimbangkan 3C di atas, kamu bisa mendapatkan berlian sebesar mungkin, loh.

Misalnya saja, berlian dengan berat 1,50 karat dengan 3C yang biasa-biasa saja tidak akan berkilau seterang berlian 1 karat dengan cut, color, an clarity tertinggi. Kamu tetap bisa tampil mewah dan elegan dengan berlian berukuran kecil dengan kilau menawan, daripada memakai berlian berukuran besar namun tidak memancarkan kilau yang maksimal. Untuk itu, besaran karat berlian bukanlah hal tertinggi yang harus menjadi fokus saat membeli berlian.

Itu dia penjelasan mengenai 4C yang menentukan harga berlian asli sesuai ketetapan GIA dan bisa kamu pertimbangkan untuk memilih berlian. Biar kamu tidak bingung mencari tempat untuk membeli berlian, yuk, kepoin V&CoJewellery aja yang menyediakan berbagai jenis perhiasan bermatakan berlian dan sudah beserta sertifikat dari GIA. Pas banget untuk kamu yang mencari berlian sebagai alat investasi, sehingga memudahkan proses jual-beli kembali.

Baca juga artikel kami lainnya di sini seputar perhiasan, cara perawatan, tips memilih bahan perhiasan, hingga rekomendasi perhiasan terbaru yang super lengkap!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *