cincin berlian solitaire

10 Jenis Permata Berlian Cantik yang Wajib Kamu Ketahui!

Merupakan rahasia umum bahwa harga permata berlian cenderung fantastis. Namun, banyak yang tidak mengetahui alasannya. Salah satunya adalah karena bahan pembentukan permata berlian yang berupa 99,95% karbon murni. Jumlah karbon murni terbanyak yang ada di dalam permata dibandingkan jenis permata lainnya. Baca juga alasan mengapa berlian mahal selengkapnya di sini.

10 Jenis Berlian yang Tersedia di Pasaran

blue diamond
Cincin Blue Diamond – V&Co Jewellery

Banyak yang mengira bahwa berlian hanya ada satu jenis. Nyatanya, ada banyak sekali jenis berlian yang ada di dunia, loh! Setidaknya, ada 10 jenis berlian yang tersedia di pasaran saat ini yang bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan! 

1. White Diamond

Jenis permata berlian yang pertama adalah white diamond. Jenis berlian ini adalah yang terbaik dan tersedia paling banyak di seluruh dunia. Jika kamu bertanya-tanya jenis berlian apa yang digunakan di cincin kawin, maka white diamond jawabannya.

2. Yellow Diamond

Selanjutnya ada permata berlian yellow diamond yang disebut juga dengan canary diamond. Sesuai namanya, jenis berlian ini memiliki warna kuning yang diartikan sebagai kebahagiaan abadi.

Permata berlian indah ini juga memiliki berbagai macam pilihan warna kuning. Mulai dari kuning murni hingga canary pekat, semua tersedia. Semakin pekat warnanya, semakin tinggi juga harganya. 

3. Orange Diamond

Permata berlian dengan warna yang khas ini selalu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Jenis berlian ini juga tersedia berbagai warna, mulai dari fancy orange hingga vivid orange. Orange diamond sendiri melambangkan kesuksesan dan kreativitas.

4. Champagne Diamond

Jenis berlian selanjutnya adalah champagne diamond yang memiliki warna coklat yang mewah. Pilihan warnanya pun beragam, mulai dari coklat muda hingga coklat yang intens.

5. Pink Champagne Diamond

Bikin penampilanmu semakin manis dengan pink champagne diamond yang memiliki warna pink yang cantik dan menawan. Namun, kamu harus merogoh kocek cukup dalam karena harganya cenderung mahal.

6. Green Diamond

Tahukah kamu, green diamond ini adalah jenis berlian paling langka di dunia, loh! Permata berlian ini berasal dari Tambang Kollur yang terletak di negara bagian Andhra Pradesh, India. Green diamond memiliki 2 pilihan warna yang terkenal, yaitu dresden green dan aurora green.

7. Blue Diamond

Blue diamond juga salah satu jenis berlian yang dibandrol dengan harga fantastis karena tingkat kelangkaannya juga tinggi. Tidak sedikit yang berusaha membuat warna duplikat dari blue diamond ini agar harganya lebih terjangkau. Hal ini tidak mengherankan karena blue diamond juga memiliki banyak varian warna mulai dari biru langit hingga biru safir.

8. Purple Diamond

Tahu tidak kalau warna ungu adalah warna asli permata berlian tanpa campur tangan proses produksi oleh manusia? Purple diamond sendiri memiliki warna ungu yang sangat indah dan menawan. Jadi, selain green diamond, purple diamond juga merupakan jenis berlian yang langka di pasaran.

9. Black Diamond

Black diamond atau yang sering juga disebut dengan Carbonado menjadi salah satu permata berlian yang terkuat di dunia. Jenis berlian ini banyak ditemukan di endapan aluvial yang berlokasi di Brazil dan Republik Afrika Tengah.

10. Synthetic Diamond

Ini adalah jenis berlian yang merupakan buatan tangan manusia. Meskipun permata berlian ini dibuat dari bahan sintetis, namun harganya juga fantastis karena menjadi alternatif untuk kamu yang ingin membeli berlian dengan harga di bawah berlian asli.

Ada juga alternatif permata berlian lainnya yang bisa kamu gunakan jika ingin menggunakan perhiasan sehari-hari.

10 jenis berlian di atas bisa kamu dapatkan tidak hanya dalam berupa potongan berlian utuh, loh.  Kamu dapat memiliki berlian dalam bentuk hiasan pada cincin, anting, gelang, liontin, dan perhiasan lainnya. Tidak hanya warnanya saja yang beragam, tapi juga tersedia dalam bermacam-macam bentuk berlian, loh!

Ciri-ciri Permata Berlian Asli

Set cincin berlian dan anting-anting berlian
Set Diamond Ring and Earings | V&Co Jewellery

Setelah mengenali jenis-jenis berlian di atas, kamu juga harus tahu ciri-ciri berlian asli. Apalagi jika kamu bertujuan untuk membeli permata berlian sebagai investasi, sehingga kamu bisa lebih hati-hati dalam memilih jenis berlian yang tepat.

Ini dia beberapa ciri-ciri permata berlian asli yang bisa kamu aplikasikan saat memilih permata berlian:

  • Tidak mudah tergores

Permata berlian merupakan salah satu jenis batu mulia paling kuat di dunia. Jadi berlian asli tidak akan mudah tergores. Justru berlian yang asli dapat menggores berbagai macam benda, termasuk kaca.

  • Memantulkan cahaya

Semua jenis berlian dapat merefleksikan cahaya dari semua sisinya dengan sangat baik. Jadi jika kamu melihat berlian yang tidak memantulkan cahaya, itu artinya berliannya palsu.

  • Menyerap panas

Permata berlian yang asli tidak akan memanas walau dibakar sekalipun. Saat berlian terkena panas dalam jangka waktu yang lama, berlian tetap terasa dingin karena mampu menyerap panas.

Berlian yang palsu sendiri akan memanas bahkan meleleh jika terkena panas. Jadi kamu tidak perlu takut untuk membuktikan keaslian permata berlian dengan cara membakarnya, ya.

  • Memiliki bentuk yang tidak jelas

Jika kamu melihat berlian yang transparan dengan pola yang tertata rapi, sudah dapat dipastikan bahwa itu merupakan berlian palsu. Hal ini dikarenakan permata berlian memiliki bentuk yang tidak beraturan. 

Rekomendasi Perhiasan dari Berlian

Sudah tahu jenis-jenis berlian dan cara membedakan berlian asli dengan yang palsu, saatnya kamu mulai kepoin beberapa rekomendasi perhiasan dari berlian yang cantik dari V&Co Jewellery!

Cincin Berlian Wanita DR001002

cincin berlian asli
Cincin berlian – V&Co Jewellery

Buat kamu yang menyukai desain simpel dan minimalis namun ingin tetap tampil elegan, Cincin Berlian Wanita DR001002 adalah pilihan yang tepat. Desain shank yang melengkung membalut jarimu dengan indah.

Kombinasi 18k White Gold, 0,4k round diamond, dan taburan 0,14k side diamond, membuat cincin ini semakin cantik dan indah. Ada banyak varian ukuran yang bisa kamu pilih sesuai ukuran jari!

Anting Berlian DE000008

anting berlian asli
Anting Berlian –  V&Co Jewellery

Tingkatkan pesonamu dengan anting permata berlian dengan bentuk bunga ini. Dengan taburan permata berlian yang membuat penampilan kamu semakin mewah, bikin anting berlian ini cocok dipakai di acara besar. Dengan potongan VG yang presisi, membuat detail anting berlian ini semakin cantik.

Gelang Berlian DB000118

Gelang berlian asli
Gelang Berlian – V&Co Jewellery

Sempurnakan penampilanmu dengan Gelang Berlian DB000118 berhiaskan 3 center diamond dan 12 side diamonds. Dengan berat 11 gram yang pas di tangan tanpa terasa berat. Sudah dilapisi dengan rhodium sehingga tampilan gelang berlian semakin berkilau dan memantulkan cahaya dengan baik.

Liontin Berlian DP000305

liontin berlian
Lionting Berlian – V&Co Jewellery

Liontin yang berhiaskan permata berlian ini berlapis rhodium sehingga menghasilkan warna glossy yang mewah. Dengan 1 round diamond 0,3k yang minimalis, mampu menghiasi area leher dan dada tanpa banyak usaha. Dengan cutting VG atau potongan yang sangat bagus, mampu menampilkan detail liontin ini dengan baik.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai permata berlian mulai dari jenis berlian, ciri-ciri berlian yang asli, hingga rekomendasi perhiasan berlian untuk penampilan yang semakin cantik dan elegan.

Miliki berbagai perhiasan berlian yang sudah bersertifikat GIA hanya di V&Co Jewellery. Tersedia berbagai varian bahan, desain, dan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai selera. Pastinya, semua berliannya dijamin asli! Yuk temukan perhiasan terbaik untukmu hanya di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *