cara mengukur cincin

Ketahui Ukuran Cincin Kamu! Pakai 5 Cara Mudah Mengukur Lingkaran Jari Ini

Ketika ingin membeli cincin secara online melalui situs web resmi toko perhiasan atau marketplace, terkadang kita dihadapkan dilema karena tidak bisa mencobanya secara langsung. Dalam situasi seperti itu, seringkali kita menghadapi kesulitan dalam menentukan ukuran cincin yang sesuai dengan jari kita.

Namun, kamu tak perlu risau. Untuk mengukur ukuran cincin agar pas di jari, ternyata bisa menggunakan beberapa alat sederhana yang tersedia di rumah, loh! Kamu bisa memanfaatkan benang, kertas, pita dan penggaris untuk mengetahui lingkar jari tanganmu.

Pedoman Ukuran Cincin

Umumnya, cincin yang dijual di toko perhiasan maupun marketplace tersedia dalam berbagai ukuran. Untuk ukuran cincin wanita maupun cincin pria Indonesia, biasanya ada di skala 8 sampai 29. Bagi orang awam tentunya masih asing dengan skala tersebut.

Untuk memudahkanmu, berikut contoh ukuran cincin V&Co Jewellery sebagai pedoman dalam memilih:

Tabel Ukuran Cincin
Tabel Ukuran Cincin V&Co Jewellery

Cara Mengukur Jari untuk Cincin 

Sebelum membeli sebuah cincin, penting untuk memastikan ukurannya agar sesuai dengan jari. Menggunakan cincin yang terlalu sempit dapat mengganggu peredaran darah dan menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

Di sisi lain, jika cincin terlalu longgar, ada risiko cincin mudah terlepas dari jari. Oleh karena itu, penting untuk memilih ukuran cincin yang tepat agar nyaman dipakai dan tetap terpasang dengan aman.

Kamu tak perlu bingung ketika ingin membeli cincin secara online, berikut V&Co bagikan beberapa cara mudah mengukur lingkaran jari tangan untuk mendapatkan ukuran cincin yang pas, simak ya!

1. Gunakan benang atau pita kain

cincin emas model terbaru
Koleksi Cincin Emas V&Co Jewellery

Ambil sepotong benang atau pita yang lentur, misalnya benang wol atau benang jahit dan pita kain. Lingkarkan benang atau pita tersebut di sekitar jari yang ingin kamu ukur. Pastikan benang atau pita tersebut pas di sekitar jari tetapi tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Nah, kemudian tandai titik pertemuan benang atau pita dan gunakan penggaris untuk mengukur panjangnya. Angka yang kamu dapatkan adalah ukuran lingkar jari yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran cincin yang pas.

2. Pita Meteran

pita meteran
Mengukur diameter jari dengan pita meteran | Foto via Lazada

Benda selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengukur ukuran jari adalah pita meteran. Pita meteran ini biasanya dipakai untuk mengukur ukuran badan saat ingin menjahit baju di penjahit.

Mengetahui ukuran jari dengan menggunakan pita meteran cukup sederhana. Kamu hanya perlu melilitkan pita meteran di sekitar jari untuk mengukur kelilingnya.

Mulailah dari angka nol pada pita meteran, lalu perhatikan angka terakhir pada pita meteran yang menunjukkan ukuran jarimu. Angka tersebut akan memberikan informasi tentang ukuran keliling jari Anda.

Kemudian cocokkan ukuran jari tersebut sesuai dengan pedoman tabel ukuran cincin yang ingin kamu beli. Misalnya, jika keliling jari sekitar 51 milimeter (mm), maka ukuran cincin yang pas adalah 9.

3. Kertas dan penggaris

Cara mengukur jari untuk cincin | Ilustrasi via Michael Hill

Cara mengukur jari selanjutnya menggunakan bahan sederhana, yakni kertas dan penggaris. Potong selembar kertas menjadi pita dengan lebar sekitar 1 cm. Kemudian lilitkan pita kertas tersebut di sekitar jari yang ingin kamu ukur dan pastikan kertas tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Tandai titik pertemuan ujung kertas dengan pulpen, kemudian gunakan penggaris untuk mengukur panjangnya. Angka yang kamu dapatkan adalah ukuran lingkar jarimu. Selanjutnya tinggal konversikan sesuai dengan tabel ukuran cincin yang ingin dibeli.

4. Ukur dari cincin sebelumnya

Mengukur diameter cincin | ilustrasi via michaelhill
Mengukur diameter cincin | ilustrasi via Michael Hill

Cara lain untuk mengukur jari untuk cincin bisa juga dengan menggunakan cincin milikmu sebelumnya. Letakkan cincin di permukaan yang datar, ambil penggaris kemudian ukur diameter cincin milikmu yang pas ukurannya.

Ukuran cincin lama tersebut tetap bisa dijadikan patokan untuk membeli cincin baru secara online. Perlu diperhatikan, diameter cincin yang digunakan untuk konversi adalah bagian dalam lingkaran cincin. Dengan demikian, kini kamu sudah bisa mengetahui ukuran cincin idealmu.

5. Beli alat ukur cincin

Ring Sizer | Foto via brilliantearth.com

Alat ukur cincin memang bukan benda yang umum di setiap rumah. Namun, jika menginginkan ukuran yang lebih akurat, maka kamu dapat membeli alat ini di marketplace. Harga alat ukur cincin relatif murah, sehingga siapapun bisa memilikinya.

Cara menggunakan alat ukur cincin ini pun cukup mudah, hanya perlu melilitkannya ke jari yang hendak kamu ukur. Setelah alat melingkar di jari dan dirasa pas, kamu cukup mencatat angka yang tampak sebagai ukuran cincinmu.

Ukuran cincin wanita
Cincin berlian V&Co Jewellery

Demikianlah cara mengukur jari untuk cincin secara manual. Sebagai catatan, setelah memperoleh ukuran jari yang pas, pastikan untuk mengecek konversinya sesuai dengan acuan pedoman di toko perhiasan yang ingin kamu beli. Sebab, pedoman ukuran cincin antara satu vendor dan vendor lainnya bisa jadi bervariasi.

Untuk melihat aneka koleksi cincin emas dan cincin berlian yang istimewa, kamu dapat mengunjungi website V&Co Jewellery atau ikuti update terbarunya melalui Instagram @vncojewellery. Happy shopping, dears!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *