Set cincin berlian dan anting-anting berlian

Mengapa Harga Berlian Mahal? Ini Dia Alasannya

Berlian adalah permata berharga yang memiliki kilau cemerlang nan indah dan identik dengan kemewahan. Kemampuannya untuk memantulkan cahaya dengan indah, menghasilkan kilau yang luar biasa. Hal tersebut menjadikan berlian salah satu batu permata yang paling berharga di dunia. Tak heran sepotong berlian bisa memiliki harga yang begitu mahal dibandingkan jenis-jenis permata lainnya. 

Namun, sebelum membeli perhiasan berlian, sebaiknya kamu juga mengetahui faktor apa saja yang membuat perhiasan berlian begitu berharga. Berikut adalah beberapa alasan mengapa berlian menjadi favorit banyak orang. Terutama, berlian dipilih untuk cincin tunangan ataupun sebagai koleksi perhiasan yang berharga. Yuk, cari tahu alasannya!

  • Bernilai Tinggi

Pada dasarnya berlian adalah mineral yang terbentuk melalui proses kimiawi secara alami yang memakan waktu jutaan tahun di dalam lapisan bumi yang dalam. Sebelum menjadi produk berlian yang cemerlang, bentuk asli permata yang berharga ini adalah berupa intan, yaitu batu kristal berkilauan yang mampu mendispersikan cahaya. Intan berasal dari karbon murni dengan kekerasan mencapai skala tertinggi (10 MOHs).

Sementara itu, berlian adalah produk yang berasal dari intan terbaik yang telah mengalami proses pengasahan yang rumit  hingga cemerlang dan menghasilkan kejernihan kemilau cahaya yang indah. Proses pembentukan berlian yang rumit inilah yang menentukan standar 4C (cut, color, carat dan clarity) yang juga menjadi penentu harga berlian asli tersebut.

Set perhiasan berlian
Agnes Diamond Bangle & Ring | V&Co jewellery

Oleh karena kelangkaan serta kerumitan proses pembuatannya tersebut menjadikan berlian sebagai kristal yang bernilai tinggi. Apalagi jika memiliki kualitas yang baik dalam hal kejernihan, warna, ukuran, dan potongan, maka tak heran harga berlian asli bisa bisa mencapai jutaan hingga milyaran rupiah.

Sebagai salah satu batu permata paling berharga di dunia, berlian memiliki potensi untuk meningkatkan nilainya seiring dengan permintaan dan penawaran di pasar. Oleh karena itu, memilih berlian untuk perhiasan atau cincin tunangan bisa menjadi keputusan investasi yang cerdas, karena berlian memiliki potensi untuk meningkatkan nilainya di masa depan.

  • Berlian Memiliki Keindahan yang Abadi

Berlian terkenal karena keindahannya yang abadi dan tak pudar seiring waktu. Kilau dan kecemerlangan berlian yang unik ini memberikan tampilan yang indah dan memikat, karena berlian mampu menangkap dan memantulkan cahaya dengan cara yang luar biasa.

Berlian memiliki kemampuan untuk menguraikan atau dispersi cahaya sehingga menghasilkan kilauan yang luar biasa dan tidak tertandingi oleh batu permata lainnya. Keindahan berlian dapat bertahan sepanjang generasi. Oleh karena itu, menjadikannya sebagai simbol keabadian dan keindahan yang tidak tergantikan.

perhiasan berlian set
Set perhiasan berlian | V&Co Jewellery
  • Simbol Cinta dan Ketulusan

Hal lainnya yang membuat istimewa berlian sejak dahulu kala yakni karena memiliki simbolisme cinta yang kuat. Cincin pertunangan yang memiliki berlian sering kali diartikan sebagai simbol cinta yang tidak dapat dipisahkan. Berlian melambangkan cinta yang abadi dan ketulusan perasaan. Memilih berlian untuk cincin tunangan adalah cara yang populer untuk mengekspresikan komitmen yang kuat dan janji untuk membangun kehidupan bersama pasangan.

  • Keawetan dan Ketahanan

Berlian adalah salah satu batu permata terkeras yang ada di bumi. Kekerasan dan ketahanannya membuat berlian menjadi pilihan yang tahan lama dan mampu bertahan dari goresan dan kerusakan akibat penggunaan sehari-hari. Hal ini menjadikan berlian sebagai investasi jangka panjang yang dapat melewati generasi dan tetap mempertahankan nilainya seiring waktu.

harga berlian asli
Set Perhiasan Berlian | V&Co Jewellery
  • Fleksibilitas dan Kecocokan yang Luas

Berlian tersedia dalam berbagai ukuran, potongan, dan bentuk, memberikan fleksibilitas dalam menciptakan perhiasan yang sesuai dengan selera pribadi. Berlian memiliki fleksibilitas dalam dipasangkan dengan berbagai logam mulia seperti emas putih, emas kuning, atau platinum dalam pembuatan perhiasan. Selain itu, berlian dapat diintegrasikan dalam desain yang beragam. Kecocokan berlian dengan berbagai gaya dan fleksibilitasnya membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna dan universal.

Cincin dan anting berlian
Brigita Diamond Ring & Earrings | V&Co Jewellery

 

Nah, itulah beberapa alasan mengapa perhiasan berlian itu mahal. Karena keindahannya yang abadi, simbolisme cinta yang kuat, keawetan dan ketahanannya, nilai investasi yang tinggi, serta fleksibilitas dan kecocokan yang luas, maka tak heran kalau harga berlian asli bisa sangat tinggi.

Namun, tak perlu khawatir! Di V&Co Jewellery perhiasan berlian asli bersertifikat GIA dapat kamu miliki dengan harga terjangkau. Aneka desain perhiasan berlian yang cantik dan menawan bisa kamu pilih sesuai dengan budget-mu. Cari tahu selengkapnya di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *