undangan pernikahan

Pernikahan merupakan suatu momen yang sangat diinginkan hampir semua pasangan kekasih. Persiapan pernikahan pun menjadi suatu yang harus dipikirkan dengan baik. Setiap pasangan pastinya menginginkan yang terbaik untuk pernikahannya karena menjadi momen sekali seumur hidup. Salah satu persiapan pernikahan yang tak kalah penting adalah undangan. Salah satu cara mengundang tamu atau kerabat hadir dalam pernikahan adalah dengan memberikan undangan pernikahan. Undangan dapat menjadi suatu yang spesial bagi si pemilik acara.

Percaya atau tidak, undangan menjadi sangat memusingkan bagi setiap pasangan yang hendak menikah. Mereka kebingungan dengan desain seperti apa yang diinginkan. Calon pengantin ingin undangan yang spesial, namun tetap sesuai budget. Biasanya jalan tengah dari keinginan adalah memilih undangan yang simpel. Seperti apapun undangannya, kamu harus bisa menyampaikan informasinya secara lengkap sehingga tamu undanganmu tidak akan bingung.

Sebenarnya, banyak hal yang harus diperhatikan di dalam kartu undangan pernikahan. Contohnya, seperti desainnya, isi undangannya, detail-detail lain seperti denah lokasi, dan lain-lain.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Undangan Pernikahan

undangan pernikahan
comotinta.com

Untuk kamu yang masih bingung untuk menentukan konsep undangan pernikahan yang cocok, berikut V&Co Jewellery berikan tipsnya. Simak poin di bawah ini, yuk!

1. Pastikan tema yang tepat

Ketika akan merancang sebuah undangan pernikahan, coba tentukan tema terlebih dulu. Pasalnya, banyak sekali tema undangan yang unik dan menarik. Tanpa adanya konsep yang tepat, seunik dan semenarik apapun kartu undangan yang dibuat akan sia-sia saja. Oleh karena itu, matangkan konsep sesuai tema agar selaras dengan acara yang nantinya akan diselenggarakan.

2. Pilih vendor undangan yang tepat

Setiap vendor memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menghasilkan jenis undangan. Apabila kamu kurang memiliki banyak waktu, pilihlah vendor yang lokasinya nggak jauh dari rumah atau kantor. Tujuannya untuk mempermudah proses revisi jika ada yang kurang cocok atau perlu diperbaiki. Jangan lupa untuk memilih vendor undangan pernikahan yang terbuka untuk segala masukan atau perbaikan dari kamu sebagai klien.

3. Pilih desain yang sesuai tema

Jika kamu telah menentukan tema yang tepat untuk hari pernikahanmu, yuk coba pilih jenis desain undangan pernikahan yang sesuai. Ketika memilih kartu undangan, pastikan juga bahwa pasanganmu suka dengan kartu undangan yang telah kamu pilih. Pilih beberapa kartu undangan dan seleksi mana yang paling tepat dengan tema yang dirancang. Pilihan jenis kertas maupun tekstur sangat berpengaruh dengan konsep pernikahanmu. Buatlah sesempurna mungkin.

4. Pilihlah jenis huruf pada undangan

Apabila kamu telah menentukan desain kartu undangan yang tepat dan sesuai dengan tema, kini saatnya memilih huruf. Pilihlah jenis huruf yang mudah dibaca. Untuk memberikan kesan menarik, kamu bisa memilih variasi huruf yang terlihat agak sulit dibaca namun sebenarnya mudah dibaca. Pilihlah yang sederhana dan menampilkan kesan bersih agar para calon tamu undangan lebih mudah membaca informasi yang tertera di dalamnya.

5. Pilihlah harga yang sesuai budget

Menentukan tema, sudah. Menentukan vendor, sudah. Memilih desain juga, sudah. Memilih jenis huruf, sudah. Nah, sekarang yang terakhir saatnya sesuaikan budget yang kamu miliki. Untuk membuat undangan pernikahan bisa dimulai dari harga yang murah hingga mahal. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu harus rela mengeluarkan dana lebih besar.

Etika Dalam Undangan Pernikahan

undangan pernikahan
woody.eslamoda.ru

Selain desain dan isi kartu undangan, ada hal yang harus diterapkan juga yaitu etika. Etika dalam undangan pernikahan? Kira-kira apa saja, ya?

1. Nama Lengkap

Tuliskan nama lengkap tamu yang akan diundang. Namun hindari menuliskan nama panggilan atau nama kecil. Tamu yang kamu undang adalah orang yang kamu harapkan untuk menghadiri pestaatau resepsi pernikahan kamu. Karenanya, hormatilah tamu tersebut dengan menyebut nama lengkapnya, dan kalau memungkinkan tuliskan juga gelar dari orang tersebut. Terutama mereka yang sudah berumur akan meresa dihormati bila kamu menuliskan nama dan gelar mereka dengan lengkap pada undangan pernikahan.

Baca juga:  Kata-kata di Undangan Pernikahan Bahasa Inggris

2. Peletakkan Paragraf

Seluruh baris kalimat dalam undangan pernikahan lebih baik diletakkan di tengah halaman. Hal ini bertujuan untuk member kesan seimbang dan member rasa lebih nyaman saat dibaca.

3. Perhatikan Sapaan

Jika kamu mengundang tamu dengan panggilan “Mr.”, “Mrs.” Dan “Miss”, maka untuk “Miss”, tuliskan “Miss”, bukan “Ms.”. Sebutan “Ms.” Hanya digunakan untuk kepentingan surat menyurat bisnis. Sedangkan untuk gelar pendidikan dapat kamu tuliskan singkatannya saja.

4. Pisahkan Undangan

Setiap tamu yang telah berusia setidaknya 18 tahun sebaiknya mendapatkan undangan sendiri dan tidak digabung dengan undangan untuk keluarganya atau orang tuanya, kecuali jika kamu memang bermaksud hanya mengundang orang tuanya saja.

5. Tunjukkan Informasi yang Jelas

Undangan harus member informasi yang jelas kepada para tamu. Informasinya yaitu seperti siapa yang akan menikah, siapa saja pihak yang mengundang, maksud dari undangan tersebut, kapan pernikahan akan digelar, mulai dari akad nikah atau pemberkatan dan resepsi. Jangan lupa cantumkan hari tanggal dan jam dengan jelas. Sebutkan juga lokasi dan tunjukkan denah yang jelas.

Detail Penting di Undangan Pernikahan

Isi sebuah undangan memang banyak, tetapi kamu harus pahami poin di bawah ini yang merupakan poin penting dalam sebuah kartu undangan.

1. Siapa yang akan menikah

Menulis nama mempelai pengantin dan pria adalah hal yang penting. Karena informasi itu menunjukkan siapa yang akan menikah dan itu merupakan poin utama di kartu undangan.

2. Waktu pernikahan

Penulisan hari, tanggal dan tahun pernikahan tak kalah pentingnya dengan penulisan nama mempelai pengantin. Karena, tamu yang kamu undang perlu tahu kapan acara pernikahanmu diselenggarakan.

3. Tempat pernikahan

Selain waktu, tempat juga poin yang harus diperhatikan. Sedikit kesalahan penulisan pada tempat mempengaruhi, lho! Bisa saja kesalahan tik membuat tamu undanganmu pergi ke tempat lain. Tidak mau hal itu terjadi, kan? Maka dari itu, perhatikan lagi. Tambahkan denah lokasi jika diperlukan.

4. Dresscode

Jika pesta pernikahanmu memerlukan dresscode, sangat penting untuk menginformasikan pakaian apa dan warna apa yang harus dipakai ke pesta pernikahanmu. Jika tamu undanganmu tidak tahu, bisa saja dia merasa malu dan salah kostum. Hal itu tentu merugikan dia.

Jenis Kartu Undangan Pernikahan

Zaman semakin canggih. Tentunya segala sesuatunya berubah menjadi lebih simple dan tidak merepotkan. Contohnya undangan pernikahan. Umumnya kartu undangan pernikahan berupa kertas yang didesain sedemikian rupa, dan berisi informasi mencakup pesta pernikahanmu. Namun saat ini, sudah banyak juga undangan pernikahan digital. Jadi, kamu tidak perlu mencetaknya ke kertas. Kamu hanya memerlukan internet untuk membagikannya ke tamu undangan. Cukup simple, ya? Berikut adalah variasi dari undangan pernikahan yang perlu kamu tahu.

1. Undangan Pernikahan Digital

Hidup di era digital, undangan tidak lagi harus berbentuk fisik. Untuk saudara atau kenalan jauh, kamu bisa mengandalkan undangan digital yang dapat dikirim dalam hitungan detik. Serunya, kamu bisa merancang sendiri undanganmu yang akan lebih privat karena ada sentuhan personalmu di smartphone pribadi. Buat kamu yang berencana mendesain undangan digital sendiri, ada beberapa aplikasi pendukung yang memudahkanmu, lho! Contohnya aplikasi Canva, Creator, Invitation Maker by Greetings Island, Invitation Maker, Birthday & Wedding Invitations, Pics Art Photo Studio, Story Art, Invitation Maker 2.0.

Baca juga:  Undangan Pernikahan Islami, Isinya Apa Saja?

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu gunakan di smartphone pribadimu. Kamu hanya membutuhkan waktu sedikit untuk membuatnya. Juga, kamu bisa membuat undangannya ketika sedang bersantai. Sangat membantu, bukan?

2. Undangan Pernikahan Fisik

Meski zaman sudah maju dan undangan digital sudah semakin banyak diminati, namun ternyata undangan yang berbentuk fisik masih menjadi pilihan. Banyak kesan yang ditimbulkan dengan adanya undangan pernikahan fisik. Contohnya agar undangan tidak terlihat biasa saja dan penuh kesan.

Meski memakan budget lebih dibanding undangan pernikahan digital, banyak orang yang mempertimbangkan untuk hadir, jika mereka menerima undangan fisik dari si calon pengantin daripada hanya dikirimkan via media digital.

Undangan pernikahan melalui media digital memang tak ada salahnya, namun tetap harus dengan carayang sopan, misalnya menyampaikannya secara personal dan memberikan alasan jika memang tak bisa mengirimkan undangan tersebut secara langsung.

Jenis Kertas Undangan Pernikahan

Sekarang, memesan undangan bisa dilakukan secara online. Kamu bisa melihat berbagai catalog yang dipajang di laman vendor undangan maupun melalui Instagram-nya. Bisa saja kamu cocok dengan desainnya, tapi saat menerima hasilnya, kamu mungkin merasa kecewa karena ternyata tidak sesuai dengan harapan. Nah, supaya kamu tidak menyesal karena ternyata pilihan kertasnya salah sasaran, kamu bisa mulai mengenali dulu jenis-jenis kertas yang biasanya dipakai menjadi kertas membuat undangan.

1. Kertas Jasmine

Kertas ini biasanya tidak direkomendasikan untuk digunakan jika prosesnya pencetakan karena tekstur yang dimiliki membuatnya tak mudah menyerap tinta. Kertas ini akan memiliki waktu yang cenderung lama untuk kering. Namun, kertas ini bisa digunakan jika menggunakan teknik bernama emboss atau deboss. Jadi, kamu tetap bisa mendapatkan undangan cantik dengan kertas ini.

2. Kertas Concorde

Kertas ini memiliki ciri khas berupa permukaan yang penuh serat garis tak beraturan. Jika ingin membuat undangan dari kertas yang satu ini, kamu bisa memilih kertas Concorde yang tebal. Akan tetapi, biasanya kertas ini akan menimbulkan bekas seperti patah-patah saat dilipat.

3. Art Paper

Art Paper biasanya memiliki permukaan yang licin. Jika kamu memiliki kalender dinding yang mengkilap, mungkin saja kalender tersebut dibuat dengan kertas yang satu ini. Undangan selain dipakai untuk menuliskan isi, bisa juga kok digunakan sebagai pelapis hard cover undanganmu.

4. Art Carton

Karena lebih tebal daripada kertas Art Paper, kertas yang satu ini tak perlu dibungkus lagi dengan hard cover. Kamu bisa memanfaatkan satu lembar saja kertas ini untuk membuat sebuah undangan yang cantik. Untuk contohnya, kertas ini biasanya juga dibuat untuk product tag.

5. Matt Paper

Meskipun terlihat mirip dengan Art Paper jika dilihat sekilas, Matt Paper tidak memiliki warna dan tekstur yang glossy atau mengkilap sehinga akan lebih cepat menyerap tinta. Karena hal itulah, kertas ini sering juga digunakan sebagai kertas undangan pernikahan.

6. Kertas Ivory

Kertas ini merupakan perpaduan antara beberapa jenis kertas yang lain seperti Art Paper, Art Carton, dan Matt Paper. Selain cocok dipakai sebagai bahan untuk poster, kamu bisa mencetak desain-desain yang penuh warna dan gambar untuk undangan pernikahanmu yang cantik.

7. BW Carton

Jika dilihat sekilas, Kertas BW Carton memiliki ciri-ciri yang serupa dengan Art Carton. Namun jika dilihat dengan lebih saksama, kertas ini dapat kelihatan bahwa permukaannya berbeda. Yakni BW Carton tidak kelihatan mengkilau, melainkan kelihatan redup.

BW Carton dapat lebih cepat menyerap tinta dan mudah digunakan menulis untuk menulis tangan. Dengan begitu, jenis kertas ini dapat diperuntukkan bagi undangan pernikahan yang masih perlu ditulis manual untuk nama penerimanya.

Baca juga:  Tips Mewujudkan Konsep Pernikahan Sederhana

8. Linen Jepang

Kertas Linen Jepang memiliki tekstur dan tidak mengkilau. Permukaan kertas ini kasa dan dapat ditulis tangan dengan mudah. Dengan begitu, Linen Jepang dapat digunakan untuk undangan yang masih perlu ditulis manual nama penerimanya.

Tekstur kertas ini kelihatan mirip dengan kain linen dan kanvas. Kartu undangan yang dibuat dengan Linen Jepang memiliki sentuhan yang berkelas. Pada umumnya harga kertas ini juga tidak semahal yang dibayangkan kebanyakan orang. Linen Jepang merupakan kertas yang dapat digunakan untuk kompromi sempurna antara kemewahan dan keterjangkauan.

9. Fancy

Kertas Fancy termasuk jenis kertas premium dan memiliki nuansa mewah. Kertas ini memiliki beragam warna dan harganya relatif mahal. Oleh karena itu, sebaiknya mempertimbangkan biaya keseluruhan untuk menggunakannya sebagai kertas undangan pernikahan.

10. Yellow Board

Kertas yellow board memiliki beragam ketebalan dan kaku. Penggunaan kertas ini biasanya bukan untuk diprint dengan tinta, melainkan sebagai hard cover yang diberi lapisan kertas lain. Semisal kertas lapisan yang dapat digunakan adalah art paper.

Contoh Ide Desain Undangan Pernikahan

1. Kartu pop up

undangan pernikahan
etsy.com

Kartu pop up sempat digandrungi sejak beberapa tahun terakhir karena menawarkan pengalaman yang nggak biasa kepada penerimanya. Melihat berbagai bentuk tiga dimensi saat membukanya, kartu pop up terlihat lebih cantik. Untuk menghemat pengeluaran, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Undangan dress code

ourweddingideas.com

Desain undangan pernikahan unik yang selanjutnya yaitu undangan dress code. Kalau kamu punya budget lebih dan ingin membuat undanganmu terasa berbeda, nggak ada salahnya membuat boks berisi undangan dan aksesori di dalamnya. Kamu bisa menaruh pita, bros atau aksesori yang bisa dikenakan tamu saat datang ke resepsimu nanti. Nggak cuma unik, aksesori ini juga bisa berperan sebagai suvenir sehingga kamu nggak perlu menyediakan suvenir tambahan.

3. Foto pre-wedding

nikah.id

Sudah melakukan foto pre-wedding? Kalau kamu punya banyak stok foto, nggak ada salahnya untuk memamerkan beberapa di kartu undanganmu. Foto pre-wedding yang dirangkai seperti rol film ini bisa membuat para tamu nggak sabar menantikan hari besarmu dengan pasangan.

4. Undangan gulung

etsy.com

Contoh undangan pernikahan yang unik selanjutnya adalah undangan gulung. Kalau konsep pernikahanmu adalah negeri dongeng atau penuh nuansa abad pertengahan, jangan lupa untuk menerapkannya pada undanganmu. Undangan yang dicetak di atas kain dan digulung ini terkesan unik, lho.

5. Kartu potongan puzzle

undangan pernikahan
personalizedfavors.com

Sah-sah saja jika ingin mengajak penerima undangan untuk bermain sebentar. Cetaklah undangan pernikahanmu dalam bentuk potongan-potongan puzzle dan biarkan mereka menyusunnya sendiri.

6. Undangan re-cycle

trendysettings.blogspot.co.id

Jangan mengaku cinta lingkungan kalau belum coba undangan yang satu ini. Meski belum banyak, ternyata ada kertas yang bisa kita tanam. Kertas tersebut sudah mengandung bibit tanaman sehingga jika dibasahi dan ditanam lama-lama akan tumbuh bunga. Nggak hanya unik, undangan yang bisa ditanam juga menyampaikan pesan dan doa supaya pernikahanmu dan pasangan akan selalu harmonis dan bersemi.

7. Undangan alas kayu

undangan pernikahan
n13.poppies.club

Pernikahan berkonsep rustic atau garden party sedang booming akhir-akhir ini. Tapi kamu bisa kok mendapatkan kesan rustic tersebut dari undangan yang dicetak di atas kayu yang tipis. Selain tampil beda, undanganmu juga bisa dialihfungsikan sebagai pajangan.

8. Undangan tema travel

etsy.com

Undangan yang satu ini unik sekali, kan? Buatlah desain dengan bentuk dan tata letak yang mirip dengan passport. Sertakan foto pre-wedding kalian di letak pas foto pada passport biasanya. Undangan bentuk passport akan member kesan tersendiri bagi penerima undangan.

9. Undangan kalender

myparadissi.com

Kalian perlu mempertimbangan desain undangan yang satu ini. Undangan yang disertai kalender akan mengurangi risiko penerima undangan lupa terhadap tanggal pernikahan kalian. Desainlah undangan yang cantik, sesuai dengan keinginan kalian, tambahkan kalender bulan pernikahanmu dan tandai tanggal acaranya.

10. Undangan dalam botol

ayuprint.co.id

Untuk kalian yang suka kisah-kisah klasik, sepertinya undangan berbentuk surat dalam botol masih menjadi idola. Meski sudah sering dipakai, namun masih banyak peminatnya. Terlebih sekarang ini banyak ornamen tambahan yang bisa digunakan untuk undangan dalam botol dan semakin menarik.

11. Rol film kamera

Buat kalian pasangan pecinta fotografi, pemilihan desain undangan pernikahan berupa rol film akan sangat mewakili kepribadian kalian. Dan membuat penerima tamu undangan tak perlu pusing memikirkan kado apa yang kira-kira akan disukai pengantinnya, karena kamu sudah memberikan referensi juga pada para calon tamu undanganmu.

Nah, itulah sedikit penjelasan yang mendetail mengenai undangan pernikahan. Dari hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat undangan pernikahan, etika dalam pembuatannya, jenis-jenis media undangan pernikahan, jenis kertas undangan yang paling sering dipakai sampai ide kartu undangan yang cocok untuk kamu. Lengkap sekali, kan? Sebelum membuat undangan, alangkah baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu detail untuk undangan pernikahan.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin