Tips Memilih Wedding Organizer yang Tepat

Pernikahan merupakan momen sakral yang ditunggu oleh banyak orang. Para calon pengantin selalu ingin merayakan acara pernikahan secara maksimal dan dengan versi terbaik yang bisa dilakukan. Pemilihan wedding organizer yang semakin banyak membuat para calon pengantin bingung memilihnya, namun kamu harus tau tips memilih wedding organizer dengan reputasi baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jasa wedding organizer banyak dicari para calon pengantin dikarenakan dapat memudahkan calon pengantin untuk mempersiapkan pernikahan yang menurut beberapa orang terkesan tidak mudah dan dapat membuat stres. Setiap tahunnya permintaan jasa wedding organizer pun semakin meningkat.

memilih wedding organizer

Baru-baru ini dunia wedding organizer telah digemparkan oleh salah satu wedding organizer di Depok, Jawa Barat yang telah melakukan penipuan serta penggelapan dana. Wedding organizer tersebut menipu para calon pengantin dengan iming-iming harga miring. Mereka menawarkan jasanya lewat media sosial dan brosur yang disebarkan.

Pelaku menawarkan harga paket pernikahan mulai dari 50 juta rupiah sampai 70 juta rupiah. Para calon pengantin yang merayakan hari bahagianya ditipu dengan vendor catering yang tidak datang. Lalu, mulai banyak laporan penipuan yang dilakukan oleh wedding organizer tersebut. Bisnis pernikahan sekarang ini memang menjadi bisnis yang cukup besar. Banyak calon pengantin yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pernikahan impiannya. Bahkan, ada beberapa pasangan yang mengeluarkan uang sampai ratusan juta untuk pernikahannya.

Pastinya kamu tidak ingin mengalami penipuan dan penggelapan dana di hari bahagiamu seperti di atas, kan? Sebelum kamu memilih wedding organizer untuk acara pernikahanmu nanti, sebaiknya kamu mengetahui cara memilih wedding organizer yang baik dan memiliki reputasi yang bagus. Berikut ada tips memilih wedding organizer agar kamu tidak mudah tertipu.

1 Cek Rekomendasi Personal Terlebih Dahulu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menemukan wedding organizer terpercaya yaitu kamu bisa menanyakan teman dekat atau keluargamu yang sudah menikah dan memakai wedding organizer di hari bahagianya dahulu.

Setelah itu, kamu dapat melanjutkannya dengan mencari rekam jejak wedding organizer tersebut. Kamu bisa membuat website atau instagram untuk melihat seberapa aktif kegiatan wedding organizer tersebut. Lalu, kamu dapat menghungi langsung kontak person yang terdapat pada sosial media tersebut dan menggali informasi sebanyak-banyaknya.

2 Cek Reputasi Vendor

Wedding organizer yang professional pasti memiliki reputasi yang baik. Cara mengetahui reputasi sebuah wedding organizer tersebut kamu bisa browsing mengenai WO tersebut, telusuri media sosialnya, cari informasi lainnya di forum-forum online, dan cek testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasanya.

Pastikan kamu juga mengetahui lokasi wedding organizer tersebut dan agar lebih meyakinkan kamu dapat meminta bertemu atau meeting di kantor WO tersebut agar kamu meyakini benar bahwa wedding organizer pilihanmu memang berkantor di alamat yang sudah kamu ketahui.

3 Lakukan Diskusi Terkait Pernikahan sebelum Memilih Wedding Organizer

Sebelum memantapkan memilih wedding organizer berkomunikasilah dengan bagian marketing pada WO tersebut. Kamu dapat melakukan sesi tanya jawab atau diskusi sehingga wedding organizer yang kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. WO yang komunikatif tentu saja sangat menentukan apakah WO tersebut profesional atau tidak.

4 Kemampuan Mengolah Konsep

Hal yang sangat penting untuk wedding organizer ialah mereka dapat mengolah konsep pernikahan dengan baik agar kamu bisa membayangkan bagaimana indahnya hari bahagiamu nanti. Kamu dapat memberikan konsep dasar yang kamu inginkan lalu wedding organizer tersebut akan mengembangkannya.

Kamu dapat menilai kemampuan wedding organizer tersebut saat dia memberikan gambaran pengembangan konsep dari konsep dasar yang sudah kamu berikan dan seperti apa konsep kamu nanti direalisasikan.

5 Fleksibel dengan Budget

Hal ini dapat berkaitan dengan kreativitas sebuah wedding organizer dalam mengolah sebuah konsep pernikahanmu nanti. Wedding organizer yang baik akan mampu memaksimalkan budget kliennya untuk menghasilkan event pernikahan yang berkesan.

Maka, selama budget yang kamu keluarkan masuk akal, kamu jangan ragu untuk mengajukan kepada pihak wedding organizer dan kamu dapat meminta mereka mengajukan proposal berdasarkan budget yang kamu keluarkan tersebut.

6 Kru yang Komunikatif

Kamu tidak boleh lupa untuk memperhatikan poin ini, karena pada dasarnya kru yang komunikatif dapat menjalin kerjasama dengan siapapun yang melibatkan komunikasi antar manusia.

Cobalah untuk mengenal kru wedding organizer pernikahanmu dengan meminta waktu bertemu atau mengadakan meeting. Dari sini kamu bisa tahu apakah layanan dan gaya komunikasi mereka cukup professional atau tidak.

7 Double Check

Bagi kamu para calon pengantin sebaiknya kamu bisa melakukan double crosscheck wedding organizer dan vendor pilihanmu. Hal ini karena sudah banyaknya vendor abal-abal yang mengambil foto dari pekerjaan orang lain. Bahkan, ada pula vendor nakal yang dengan mudahnya berganti nama.

8 Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Sekarang ini sudah banyak wedding organizer yang menawarkan harga paket pernikahan dengan harga yang terjangkau, padahal sudah ada beberapa wedding organizer yang berusaha mengedukasi calon pengantin untuk tidak melihat harganya saja, kamu juga harus melihat track record vendor atau wedding organizer pilihanmu.

9 Hindari Membayar Seluruhnya di Awal

Kesalahan terbesar dalam memilih wedding organizer pernikahan ialah dengan membayar semuanya di awal dan menyerahkan semuanya pada wedding organizer. Cara agar kamu tidak mudah tertipu ialah kamu dapat memilih vendor sendiri dan mendiskusikannya dengan wedding organizer-mu. Semua pembayaran vendor-pun dapat kamu bayar secara langsung pada pihak vendor tersebut tidak melalui wedding organizer.

Jika kamu mengalami kesulitan masalah mencari vendor, kamu dapat meminta bantuan kepada wedding organizer-mu untuk mencarikannya dan membuat deal. Jika kamu mengalami penipuan pada salah satu vendormu, WO yang professional tidak akan lepas dari tanggung jawabnya. Pastikan juga kamu memiliki kontak person tiap vendor-mu, kamu juga dapat melakukan meeting dengan vendor yang bersangkutan.

10 Teliti Surat Kontrak

Jika kamu sudah yakin untuk memakai vendor atau wedding organizer yang kamu pilih, kamu harus memperhatikan dengan jeli dan teliti saat wedding organizer tersebut memberikan surat kontrak kepadamu.

Pada surat kontrak yang akan menjadi kesepakatan kedua pihak terdapat banyak poin dan kamu harus memperhatikannya dengan seksama. Kamu juga tidak boleh melupakan materai saat akan menandatangani surat kontrak tersebut agar memiliki kekuatan hukum.

Sekarang kamu sudah mengetahui tips memilih wedding organizer atau vendor yang bisa kamu pakai untuk acara pernikahanmu, bukan? Sudah banyak vendor jujur yang terkumpul dalam satu platform. Pastikan kamu mengecek semua tips memilih wedding organizer di atas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Acara pernikahan merupakan momen berharga yang dapat kamu ingat seumur hidupmu.

Jangan sampai kamu tergiur dengan harga miring tetapi malah tidak menghasilkan apa-apa, ya. Semoga pernikahanmu nanti dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *