aksesoris pernikahan

Memilih Veil yang Tepat untuk Aksesoris Pernikahan

Ketika memilih aksesoris pernikahan, beberapa calon pengantin mungkin sudah mengetahui apa yang mereka inginkan untuk pernikahannya. Tetapi, tidak sedikit calon pengantin yang tidak terpikir sama sekali untuk memilih aksesoris yang dapat digunakan pada acara pesta pernikahan. Macam-macam aksesoris pernikahan yang tersedia juga dapat membingungkan. Namun, hal ini jangan membuat kamu memutuskan untuk tidak mengenakannya sama sekali. Jika kamu tidak yakin untuk memutuskan aksesoris pernikahan seperti apa yang harus dipilih, beberapa aksesoris pernikahan ini mungkin dapat kamu gunakan.

Salah satunya mungkin kerudung/veil dapat kamu pilih sebagai salah satu opsi untuk aksesoris pernikahan kamu. Seperti yang kamu ketahui, veil mempunyai berbagai jenis mengenai bentuk, ukuran, dan bahan yang berbeda. Veil yang berbeda membutuhkan penataan yang berbeda. beberapa jenis ukuran veil yang perlu kamu ketahui.

Veil ukuran pendek

aksesoris pernikahan

Terdapat dua jenis kerudung/veil dengan ukuran pendek. Jenis yang pertama adalah veil tertutup seperti sangkar burung atau birdcage veil. Kerudung ini hanya menutupi bagian wajah saja. Ada beberapa yang menutup sebatas mata, hidung, bahkan seluruh wajah. Untuk jenis veil ini, kamu dapat mengenakan gaun panjang dan kamu dapat menambahkan beberapa helai bulu atau bros sebagai aksen agar terlihat indah dan sempurna dalam pernikahan kamu. Ada satu hal yang mungkin jadi pertimbangan kamu dalam mengenakan birdcage veil ini adalah kamu akan merasa sulit berkedip jika kamu memakai bulu mata palsu ketika veil menutupi wajah kamu.

Selanjutnya ada jenis veil dengan ukuran pendek lainnya. Yaitu, Flyaway Veil Berbeda dengan birdcage veil, jenis flyaway ini berada di belakang kepala. Veil jenis ini bermaterial lembut dan tipis, digunakan berlapis dengan panjang sebatas bahu. Sedangkan jenis yang terpendek, jatuh di belakang kepala. Dengan material yang ringan dan lembut akan membuat sempurna untuk pernikahan yang lebih santai, terutama saat dikenakan oleh pengantin yang sederhana dengan kepribadian yang menyenangkan. Untuk jenis veil ini kamu dapat menggunakan gaun pendek atau panjang yang tertutup. Jika kamu berambut pendek, mungkin veil ini dapat ditempatkan di atas kepala kamu jadi lebih terlihat mengagumkan. Dengan model rambut pendek. Kamu akan siap untuk menuju pelaminan dengan tampilan sederhana tapi mengagumkan.

Veil ukuran sedang

aksesoris pernikahan

Veil ukuran sedang panjangnya sampai sebahu bahkan sampai menutupi bahu. Terdapat dua jenis veil berukuran sedang, yang pertama ialah Elbow Veil. Veil dengan panjang yang sedang, lipatan kerudung yang sedikit melewati bahu dan berada di sepanjang lengan atas. Lalu, pada bagian yang paling panjang berada di atas siku. Kerudung kasual ini menjadi favorit pada tahun 1950. Ukurannya yang pendek membuatnya lebih praktis dalam mengenakannya. Kamu dapat mengenakan veil dengan gaun kasual yang tidak terlalu panjang atau tanpa ekor yang panjang. Semua jenis gaya rambut akan tampak serasi jika menambahkan elbow veil untuk aksesoris pernikahan kamu. Lalu yang berikutnya ada jenis veil Fingertip. Bentuk veil ini yaitu mengelilingi kepala dan menutupi bahu kamu. Jika kamu menyukai veil dengan panjang yang medium, maka jadikan ujung jari kamu sebagai batas terpanjang dari veil ini. Fingertip veil adalah jenis veil yang paling popular pada tahun 1940-1950. Panjang bagian depan sebatas ujung jari melengkapi setiap gaun panjang yang dikenakan tetapi tidak akan cocok digunakan untuk pengantin bertubuh mungil. Karena akan terlihat “tenggelam” dengan kerudung jenis ini. Lalu, disarankan tidak memakai jenis kerudung ini pada malam hari. Karena panjang dari kerudung tersebut akan mengganggu aktivitasmu.

Veil ukuran panjang

aksesoris pernikahan

Jenis veil ini ukuran yang paling panjang diantara veil lainnya. Karena panjangnya sampai kaki hingga dapat menyapu jalanan. Ada empat jenis veil untuk ukuran panjang. Yang pertama ada waltz veil, dikenal dengan sebutan kerudung balet. Veil ini memiliki panjang akhir antara betis dan pergelangan kaki. Biasa dipakai dengan lapisan ganda sekaligus menutupi bagian depan. Kerudung ini akan memberi sentuhan unik dan dramatis karena banyak pengantin yang tidak memilih jenis veil ini untuk hari pernikahan mereka. Meskipun jenis veil ini tidak mudah untuk ditemukan di toko maupun butik bridal. Tetapi kamu dapat. memadankannya dengan gaun yang melekuk tubuh tanpa ekor atau dengan panjang gaun yang sangat pendek. Jika kamu ingin menggunakan aksesori lain, pilih yang berukuran kecil dan cocok sebagai pemanis. Karena veil ini sudah tampil dengan dramatis.

Jenis veil yang kedua yaitu, sweep or chapel veil. Pada jenis veil ini terbagi dua nama yang membuat veil ini berbeda. Seperti namanya, sweep veil panjangnya dapat menyapu lantai, sementara chapel veil lebih tinggi sedikit dari sweep veil. Namun, keduanya memiliki persamaan yaitu panjangnya sampai melebihi pergelangan kaki. Sangan serasi dengan gaun panjang dan memiliki ekor maka akan terlihat sempurna. Jika kamu memilih jenis veil ini maka akan terlihat sangat mengagumkan karena dibuat dari material khusus yang menambah kesan mewah dan dramatis.

Selanjutnya, veil dengan nama cathedral veil adalah jenis kerudung terpanjang, formal, dan paling dramatis diantara semua jenis veil lainnya. Biasanya memiliki panjang hingga lima meter melebihi gaunnya. Terkadang veil jenis ini lebih menarik perhatian dibandingkan dengan gaun yang dikenakan. Memakai veil jenis ini adalah cara untuk membuat pernyataan dan memberikan ketegasan dan kehadiran pengantin. Hal ini akan membawa dampak visual yang indah dan menakjubkan. Ketika memakai veil ini, hindari mengenakan gaun pendek. Kamu dapat mengenakan gaun bergaya mermaid, terompet, dan ball gown dengan material halus membuat anda akan terlihat sempurna.

Yang terakhir ialah veil mantilla yaitu tudung atau kerudung yang biasa dipakai oleh para wanita Katolik saat perayaan Ekaristi atau upacara liturgi lain. Namun, gereja tak lagi mewajibkan untuk pemakaian veil mantilla. Jenis ini memberikan pesona unik karena disematkan di pangkal kepala. Biasanya terbuat dari bahan lece sejenis brokat atau kain berenda. Memiliki tekstur pilihan pada bagian tepinya, sehingga mampu memunculkan sentuhan feminine kepada calon pengantin yang ingin mengenakan veil mantilla ini.

Dari banyaknya jenis veil yang sudah dijelaskan. Mungkin kamu masih bingung ingin mengenakan veil apa yang cocok dikenakan dihari pernikahan kamu. Beberapa tips di bawah ini akan memberikan jawaban yang tepat dalam memilih jenis veil untuk dikenakan pada hari pernikahan kamu.

Yang pertama, kenali kepribadian kamu sebagai calon pengantin. Jika kamu menyukai hal-hal sederhana dan praktis, cobalah mengenakan veil dengan ukuran panjang medium. Ataupun sebaliknya, kamu dapat mengenakan veil dengan ukuran panjang jika kamu ingin terlihat glamor. Tidak hanya itu, tetapi pikirkan apa yang kamu lakukan pada resepsi pernikahan kamu. Seberapa aktif nantinya kamu saat acara. Terutama jika kamu adalah tipe pengantin yang suka bergerak. Apakah veil yang kamu kenakan akan menjadi beban atau tidak.

Selanjutnya pertimbangan lokasi dan cuaca. Ini sangat penting untuk kamu pikirkan sebelum memilih veil yang tepat pada saat pernikahan. Jika kamu memilih tempat outdoor disarankan untuk mengenakan veil pendek hingga medium untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *