Tips Memilih Aksesoris Pernikahan

Tips Memilih Aksesoris Pernikahan

Memilih aksesoris pernikahan yang tepat akan melengkapi kecantikan kamu pada hari yang dinanti-nantikan, ladies. Aksesoris pernikahan biasanya diselaraskan dengan tema atau konsep yang diusung.

Apabila mengusung tema pernikahan tradisional, tentunya aksesoris pernikahan yang dipakai sangat beragam, banyak, dan tergantung suku masing-masing. Tidak hanya untuk wanita, pernikahan tradisional biasanya juga menuntut para pengantin pria memakai aksesoris pernikahan yang senada.

Namun, beragamnya model aksesoris yang tersedia seringkali membuat calon pengantin bingung dengan pilihan yang ada. Dalam pemilihan aksesoris, diperlukan kualitas yang baik dengan harga yang sesuai budget. Memilih aksesoris yang tepat akan menjadikan pesta pernikahan yang dilangsungkan lebih sempurna. Aksesoris pernikahan menjadi lebih menarik apabila dapat terus digunakan di kemudian hari.

Oleh karena itu, memilih aksesoris pernikahan gampang-gampang sulit. Tidak mudah mencari aksesoris pernikahan suatu adat atau suatu konsep pernikahan tertentu. Calon pengantin tidak bisa memilih aksesoris secara asal dan dekat-dekat hari pelaksanaan karena ditakutkan sulit mencari aksesorisnya. Selain itu, tidak semua aksesoris dapat dibeli, beberapa hanya dapat disewa karena keterbatasan barang.

8 Tips Memilih Aksesoris Pernikahan

Berikut adalah beberapa tips memilih aksesoris pernikahan agar kamu dan pasangan makin oke pada saat pelaksanaan acara pernikahan.

  1. Tentukan Konsep Pernikahan

Konsep yang berbeda, tentunya berbeda juga aksesoris yang dipakai. Sebagai contoh, apabila ingin melaksanakan pernikahan simpel bergaya modern, tidak perlu banyak-banyak aksesoris yang digunakan, mungkin hanya hiasan kepala dan aksesoris perhiasan modern seperti anting, kalung, serta gelang. Sedangkan apabila mengusung pernikahan adat, akan banyak sekali aksesoris pernikahan yang harus disiapkan.

Sebagai contoh, apabila ingin mengadakan pesta pernikahan bertema adat Sunda, maka untuk pengantin wanita diperlukan aksesoris siger untuk hiasan kepala dan untuk laki-laki perlu aksesoris golok yang disematkan pada pakaian bawahan yang dipakai. Namun, untuk suku lain, tentunya aksesorisnya berbeda lagi tergantung suku dan filosofi-filosofi dari aksesoris yang dipercaya. Apabila sudah ditentukan tema konsep pernikahan yang akan diusung, maka akan lebih mudah menentukan aksesoris yang akan dipakai.

  1. Tentukan Budget

Memang, dirasa persiapan untuk aksesoris pernikahan sepele dan tidak memakan uang yang banyak. Namun, pemilihan aksesoris pernikahan tetap harus diperhitungkan ya, ladies. Jangan sampai over budget yang pada akhirnya mengorbankan hal lain karena sudah terlanjur mempersiapkan aksesoris pernikahan yang mahal.

Apabila aksesoris yang dipakai banyak dan mahal serta sulit untuk dicari, disarankan menyewa saja, apalagi untuk pernikahan adat yang perlu memakai banyak aksesoris namun sulit didapatkan. Dari awal, sudah dialokasikan budget yang sesuai, misalnya akan mengalokasikan hanya 1% dari budget total untuk aksesoris pernikahan.

  1. Mulai dari Jauh Hari

Mempersiapkan pernikahan sebaiknya tidak terburu-buru sehingga hasilnya sesuai dengan yang diekspektasikan. Mempersiapkan segala sesuatu dari jauh-jauh hari mencegah kita melakukan sesuatu dengan terburu-buru, juga berlaku dalam memilih aksesoris pernikahan.

Aksesoris pernikahan tidak dengan mudah didapatkan, sehingga perlu mengestimasikan waktu untuk mencari aksesoris pernikahan. Untuk aksesoris yang handmade, akan memakan waktu lebih lama lagi. Oleh karena itu, memilih aksesoris pernikahan perlu dari jauh-jauh hari ya, ladies.

  1. Survey Toko Aksesoris

Untuk memilih aksesoris pernikahan, tidak cukup hanya dengan mengunjungi 1 toko. Kamu perlu browsing atau survey beberapa toko yang menyediakan aksesoris pernikahan serupa agar kamu dapat membandingkan kualitas dan harga produk. Cari barang dengan kualitas terbaik dan harga terendah. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal nantinya apabila melihat aksesoris yang serupa tapi kamu sudah terlanjur membeli yang lain.

  1. Ukuran yang Sesuai

Memilih aksesoris pernikahan perlu hati-hati dan, kalau bisa, langsung kamu ukur ya. Aksesoris pernikahan yang cantik akan menjadi sia-sia apabila kekecilan atau kebesaran sehingga tidak bisa dipakai. Aksesoris seperti gelang, hiasan kepala, dan cincin, rawan terjadi salah ukuran apabila kamu tidak mengukur langsung atau tidak hati-hati dalam memilih ukuran aksesoris.

  1. Kenyamanan

Kenyamanan merupakan aspek yang sangat penting dalam memilih aksesoris pernikahan. Apabila kamu memiliki kulit sensitif dan alergi terhadap suatu bahan, misalnya alergi pada bahan perak, maka jangan memakai aksesoris pernikahan yang terbuat dari bahan perak.

Hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat hari yang terindah menjadi rusak hanya karena aksesoris pernikahan. Oleh karena itu, saat menentukan aksesoris pernikahan, kamu perlu berhati-hati, ya.

  1. Pikirkan Jangka Panjang

Pada saat kamu memilih aksesoris pernikahan, sebaiknya aksesoris tersebut dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Dengan memilih aksesoris pernikahan yang tahan dalam waktu yang lama, secara tidak langsung kamu sudah berinvestasi pada aksesoris yang kamu pilih.

Hal ini bisa menjadi tabungan kamu kedepannya. Apabila hanya dipakai sekali pada saat pernikahan dan tidak akan dipakai lagi seperti aksesoris-aksesoris adat, maka sebaiknya menyewa saja ketimbang membelinya. Sebaiknya, kamu memilih aksesoris yang terus dapat dipakai sampai di kemudian hari.

  1. Periksa Kualitas Barang

Apabila sudah selesai semua langkah diatas, langkah terakhir adalah final check terhadap barang tersebut sehingga sesuai dengan segala pertimbangan dan kesepakatan yang sudah diambil. Hal ini sangat penting karena kadangkala terdapat hal-hal yang luput dari perhatian kamu, misalnya terdapat cacat pada aksesoris yang tidak diperhatikan sebelumnya. Hal ini tentu harus dicegah dengan melakukan pemeriksaan akhir pada kualitas aksesoris pernikahan.

Itu dia tips-tips memilih aksesoris untuk acara pernikahan yang perlu kamu perhatikan. Aksesoris pernikahan memang sering luput dari perhatian, padahal merupakan hal yang krusial juga, loh. Jadi, jangan lupa persiapannya agar kamu tidak salah-salah dalam memilih dan membeli aksesoris pernikahan kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *