Sudah Tahu Tema Pernikahan Rustic?

Sudah Tahu Tema Pernikahan Rustic?

Pernikahan rustic mulai dikenal kurang lebih sekitar empat hingga lima tahun yang lalu. Gaya pernikahan yang memiliki banyak sentuhan natural ini kemudian masuk ke Indonesia sekitar setahun setelahnya.

Karena nuansanya yang terkesan apa adanya dan unik, pernikahan rustic ini secara sedikit demi sedikit berangsur dilirik untuk dijadikan sebagai salah satu gaya pernikahan yang populer di kalangan muda.

Desain yang bergaya seperti ini banyak sekali dilirik untuk tidak hanya dijadikan sebagai salah satu tema dekorasi untuk acara pernikahan saja. Melainkan sebelumnya telah diadaptasi untuk dijadikan sebagai gaya pada desain interior bangunan, furnitur, hingga fashion.

Khusus untuk acara pernikahan, gaya rustic ini terlihat lebih diminati oleh generasi masa kini yang lebih suka dengan tipe dekorasi yang simpel, minimalis, dan cantik. Terlebih gaya rustic ini sejatinya memang mampu memberikan kesan sisi keistimewaannya tersendiri yang tidak dimiliki oleh desain minimalis murni.

Terutama untuk acara pernikahan, yang walaupun calon pengantin memiliki permintaan untuk mewujudkan dekorasi pernikahan sesimpel mungkin, mereka pasti tetap menginginkan adanya sentuhan mewah khas sebuah suasana pernikahan. Pada dekorasi minimalis murni, sentuhan mewah ini entah kenapa kebanyakan justru dieksekusi dengan kurang maksimal sehingga terasa ‘dingin’.

Sementara, pernikahan rustic secara otomatis telah menawarkan suasana yang hangat, yang diwujudkan dari elemen dasarnya yang memang sudah memiliki sentuhan natural. Pada pernikahan rustic, padupadan dengan menambahkan kain-kain putih, bunga berwarna tanah, kertas perkamen, lampu-lampu antik, dan sentuhan tulisan tangan asli akan membuat pernikahan rustic yang kamu dan pasanganmu inginkan terasa makin hangat.

Pernikahan rustic, pada tahun 2019 ini, bisa jadi bukan lagi menjadi salah satu tema pernikahan yang harus dijadikan pertimbangan melainkan akan masuk ke dalam tema pernikahan yang banyak dipilih oleh para calon pengantin. Hal ini bukan hanya soal mengikuti tren saja, tetapi karena pernikahan rustic menyimpan banyak kelebihan yang patut kamu pikirkan, terutama jika kamu dan pasanganmu memiliki budget yang terbatas.

Kelebihan Tema Pernikahan Rustic

Berkesan Hangat

Pernikahan rustic memang tercipta dari elemen-elemen yang bersifat natural, unfinished, dan polos. Dimana satu elemen polos ini membentuk karakter yang kemudian bisa menciptakan suasana yang sepi, romantis, hangat, dan kental akan kebersamaannya yang intim.

Inilah salah satu kelebihan gaya rustic yang mana memiliki basic sederhana dan plain tetapi dengan ajaibnya justru mampu menghadirkan suasana hangat dengan begitu sempurnanya. Belum lagi jika kamu dan pasanganmu menambahkan daftar lagu retro klasik yang bertempo lambat.

Tidak hanya kawan-kawan seusia kalian saja yang akan terkesan akan acara pernikahan kalian, tetapi orang-orang tua yang usianya bisa dua kali lipatnya dari kalian akan juga bisa ikut menikmati dan mengenang masa muda mereka berkat suasana kuno yang berhasil kalian hadirkan.

Low Budget

Selain menghadirkan esensi minimalis yang hangat, pernikahan rustic juga mampu membuat pengeluaran kamu dan pasanganmu untuk acara pernikahan kalian menjadi minimalis juga. Kamu dan pasanganmu bisa tenang, serta tidak perlu khawatir kalau-kalau kalian sebelumnya sempat berpikir harus menyiapkan budget yang sangat besar atau mungkin akan ada pengeluaran tambahan yang membludak. Ingat, karena pernikahan rustic ini menganut prinsip yang sederhana dan plain, maka tidak banyak barang yang digunakan sebagai dekorasi.

Hal ini saja sudah menghemat banyak biaya. Terlebih, pernikahan rustic juga sama sekali tidak mengharuskan kamu dan pasanganmu untuk kompak harus menggunakan material yang baru. Untuk menyiasatinya, bisa menggunakan barang yang kalian miliki untuk dijadikan dekorasi tambahan yang unik.

Untuk tulisannya pun kamu dan pasanganmu bisa menulis tangan sendiri atau meminta bantuan kenalan yang memiliki tulisan tangan bagus. Kalian juga bisa menggunakan tangga kayu yang nantinya bisa dihias dengan dililitkan kain putih transparan atau sulur ranting. Pot-pot kecil dari baja atau tanah liat juga bisa kalian gunakan.

Unik

Tanpa perlu kesulitan untuk menambahkan padu-padan agar gaya ini berkesan, karakternya yang polos justru memberikan kesan unik yang tersendiri. Jika kamu memperhatikan baik-baik, selain elemen natural, gaya rustic ini memiliki sentuhan kuno.

Selain itu, akan terasa juga suasana sepi ala rural sekaligus sentuhan gersang seperti padang keranggas saat musim gugur. Bisa dibayangkan jika seluruh suasana tersebut disatukan hingga menjadi sebuah suasana yang dimiliki oleh acara pernikahan rustic? Unik, bukan?

Gaun Pernikahan yang Bisa Disesuaikan

Untuk menjadikan acara kalian memiliki elemen rustic yang sempurna, tentunya untuk gaun pernikahan rustic harus disesuaikan dengan gaya rustic ini. Kamu bisa memakai gaun berwarna putih solid dengan potongan yang simpel seperti gaun formal dengan tidak memiliki banyak payet.

Sedangkan pasanganmu bisa memakai setelan kemeja putih dengan jas dan celana panjang berwarna cokelat muda. Jika betul-betul total dalam menciptakan gaya rustic, pasanganmu bisa memakai celana cokelat muda selutut tanpa menggunakan jas. Kesan santai tetapi hangat seperti inilah yang bisa mengatkan imajinasi kalian akan suasana yang mampu diciptakan oleh sebuah pernikahan rustic.

Bisa Indoor atau Outdoor

Jika mengikuti tren, kamu dan pasanganmu akan menemukan banyak sekali inspiraasi acara pernikahan rustic yang digelar di taman atau pantai. Intinya acara pernikahan mereka berlangsung di luar ruangan, tidak di dalam gedung. Mungkin karena pada dasarnya rustic bertujuan menampilkan kesan natural, maka latar belakang yang berupa alam akan mendukung terciptanya suasana yang diinginkan. Apalagi jika latar belakang ala dihadirkan secara riil dengan angin sepoi yang bukan buatan.

Tetapi jika kebetulan acara pernikahan bertepatan dengan musim penghujan, pilihan untuk menggelar acara secara indoor bukan berarti tidak mungkin. Dengan pengolahan dekorasi yang semaksimal mungkin, kesan rustic akan bisa kalian hadirkan saat datangnya hari penting kalian nanti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *