berinvestasi emas

Memiliki tunjangan untuk masa depan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Salah satu tunjangan yang dipercaya dapat menguntungkan ialah berinvestasi emas. Hal ini dikarenakan emas merupakan benda yang berharga dan harganya akan terus naik tiap tahunnya.

Emas adalah logam mulia yang memiliki warna kuning gelap. Umumnya emas yang digunakan sebagai perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting-anting dan perhiasan lainnya. Itulah mengapa emas sering dijadikan sebagai simbol kekayaan.

Investasi emas banyak digemari karena dianggap aman dan minim resiko. Emas dapat diperoleh dengan murah dan mudah mulai dari memberi secara tunai, cicilan, atau menabung, sehingga emas bisa dimiliki oleh semua kalangan.

Saat ini pelaku investasi emas tidak hanya para pengusaha atau orang yang punya banyak modal saja. Investasi bisa dilakukan oleh karyawan sekalipun walaupun dengan gaji minim. Jika kamu memutuskan investasi dalam bentuk emas, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Mempelajari Investasi Emas

Sebelum memilih jenis investasi, kamu harus memahami karakteristik, keuntungan dan kerugiannya terlebih dahulu. Emas merupakan produk investasi tradisional. Cara berinvestasi emas cukup mudah, hanya membeli emas, menyimpan dan menjualnya saat harga emas mengalami peningkatan.

Selisih harga beli dengan harga jual emas merupakan nilai keuntungan yang didapatkan investor. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui serba-serbi investasi emas lainnya. Salah satu keuntungan menyimpan emas adalah mempertahankan dana kamu dari ancaman tergerus inflasi. Jika inflasi naik, harga emas juga ikut naik. Emas juga termasuk investasi dengan likuiditas tinggi dibanding properti.

  • Memahami Tujuan Keuangan

Setelah mengetahui karakteristik investasi emas, kamu dapat menyesuaikannya dengan tujuan keuangan. Perlu kamu ketahui bahwa keuntungan emas tidak bisa didapat dalam waktu singkat. Jadi, kamu harus menyimpan emas dalam jangka waktu panjang sampai bertahun-tahun. Karena, emas yang baru kamu beli beberapa bulan lalu kamu jual, maka kamu tidak akan mendapatkan keuntungan dari investasimu.

Jadi, sebelum membeli emas kamu harus mengetahui tujuanmu terlebih dahulu dan membuat perencaan yang matang. Beberapa contoh tujuan keuangan yang bisa dipenuhi dengan investasi emas antara lain untuk kebutuhan pendidikan anak, biaya pernikahan yang direncanakan beberapa tahun lagi dan juga dana pensiun.

  • Memantau Harga Emas
Baca juga:  Harga Cincin Tunangan Berdasarkan Material

Jika kamu sudah menetapkan tujuan keuangan dan mulai tertarik untuk investasi emas, langkah berikut yang harus kamu perhatikan ialah memantau harga emas dan memelajari pergerakannya di pasaran. Sebagai patokan, kamu bisa melihat harga emas Antam yang kini sudah mencapai sekitar 750 ribu rupiah.

Selanjutnya, kamu dapat mempelajari pergerakan emas di pasaran. Kamu dapat memulai dengan melihat bagaimana tren kenaikan atau penurunan harga emas, faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi dan sebagainya.

Pengetahuan ini sangat penting untuk menentukan waktu terbaik jika kamu ingin membeli emas agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika kamu sulit memahaminya, kamu dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan atau berdiskusi dengan teman yang sudah berinvestasi emas terlebih dahulu.

  • Menabung

Jika kamu bekerja sebagai karyawan kantoran yang mendapat gaji pas pasan, kamu bisa memulai investasi emas dengan menabung sedikit demi sedikit. Kamu bisa memulai menabung sebesar 100 ribu rupiah perbulan untuk membeli emas, mengingat harga emas yang sudah kamu ketahui yaitu dimulai dari 600 ribu rupiah.

Kamu perlu ingat sebelum kamu berinvestasi emas, sebaiknya kamu menggunakan uang gaji untuk memenuhi kebutuhan primer dan kewajiban terlebih dahulu, ya. Jika kamu memiliki dana lebih, baru kamu dapat menggunakannya sebagai investasi. Investasi memang bukan kebutuhan utama, tapi investasi dapat membantu mengamankan masa depanmu.

  • Pastikan Emas Bersertifikat

Jika kamu ingin membeli emas sebagai investasi, sertifikat sangatlah penting karena adanya sertifikat bisa lebih meyakinkan lagi keaslian dan identitas dari emas tersebut. Dengan adanya sertifikat, apabila kamu ingin menjual emas kembali, harganya bisa relatif lebih mahal, mengingat produksi sertifikat lebih mahal dan lembaga yang mengeluarkan sertifikat terpercaya.

  • Tujuan Berinvestasi Emas

Pada umumnya, orang-orang yang berinvestasi emas memiliki tujuan untuk tabungan di masa depan. Sebelum berinvestasi emas, sebaiknya kamu memiliki tujuan yang jelas. Jangan sampai kamu berinvestasi untuk mengikuti orang-orang saja.

Ada beberapa orang yang berinvestasi emas dengan tujuan yang berbeda, yaitu untuk bisnis. Jual beli emas merupakal hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini.

  • Budget

Budget merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan saat akan investasi emas. Bagi pemula, jika kamu memiliki budget sebesar Rp. 1.000.000, maka kamu dapat melakukan investasi. Tetapi, dengan budget segitu, kamu hanya dapat membeli logam mulia seberat 1 gram saja, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah.

  • Harga
Baca juga:  Serba-serbi Mengenai Emas Muda

Harga menjadi faktor kedua yang perlu dipertimbangkan bagi investor emas. Sebaiknya, kamu melakukan survei harga emas terlebih dahulu sebelum membeli. Kamu bisa melakukan survei dengan mendatangkan langsung ke toko perhiasan di dekat tempat tinggalmu.

Namun, zaman sekarang sudah banyak toko perhiasan yang mempunyai website resmi dan dapat kamu kunjungi dimana pun kamu berada. Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jika toko perhiasan online tersebut terpercaya. Dengan melakukan survei online, kamu dapat menghemat waktu dan biaya karena praktis.

  • Tempat Penyimpanan

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli emas, poin yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Emas bukanlah barang biasa yang bisa kamu simpan di sembarang tempat. Emas merupakan benda berharga yang memiliki nilai esensi tinggi serta nilai jual dari benda itu sendiri.

Beberapa investor menyimpan emas koleksinya di dalam brankas. Namun, sebagai investor pemula, kamu belum terlalu memerlukannya. Kamu bisa siapkan tempat yang layak untuk menyimpan emasmu, salah satunya adalah lemari. Lemari bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan investasimu.

  • Perawatan

Untuk poin yang terakhir ini tidak dapat kamu sepelekan juga, loh. Perawatan menjadi hal yang harus dilakukan apabila kita telah memutuskan untuk mengoleksi sesuatu. Emas adalah benda yang nilai jualnya dipengaruhi oleh bentuknya.

Apabila emas yang kamu miliki tidak dirawat dengan baik, maka akan mengalami kerusakan. Bentuk-bentuk kerusakannya pun beragam, salah satunya lecet. Hal ini dapat menyebabkan turunnya harga emas yang kamu miliki saat ingin menjualnya.

Maka kamu harus merawat emasmu dengan baik dan benar. Banyak cara untuk merawat emasmu, misalnya membersihkannya dari debu. Tempat penyimpanan emas juga dapat mempengaruhi kebersihan emas, pilihlah tempat penyimpanan yang bersih dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Kesalahan saat Berinvestasi Emas

berinvestasi emas

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang dikenal sebagai simbol status kekayaan seseorang dan salah satu jenis investasi untuk melindungi kekayaan. Meskipun investasi emas relatif aman, kamu harus tetap memperhatikan beberapa kondisi agar tidak melakukan kesalahan saat melakukan investasi emas.

Baca juga:  Penganekaragaman Investasi dengan Logam Mulia

1 Tidak Memeriksa Kemurnian Emas

Saat membeli emas dengan bentuk perhiasan, kamu pasti akan mendapatkan emas dengan campuran logam yang lainnya. Hal ini berbeda jika kamu membeli emas dalam bentuk batangan, dimana kamu dapat membeli emas murni tanpa adanya campuran lain di dalamnya.

2 Tidak Memiliki Tempat Penyimpanan yang Memadai

Emas merupakan logam mulai dengan berat yang ringan yang mudah dibawa dan dipindahkan. Hal inilah yang membuat emas lebih beresiko hilang dan dicuri oleh orang lain. Saat memutuskan untuk berinvestasi emas, maka penting jika kamu memiliki penyimpanan yang aman atau penyimpanan khusus seperti menyewa tempat penyimpanan di pegadaian atau bank.

3 Tidak Membandingkan Harga Emas

Sebelum melakukan membeli emas batangan, pastikan kamu membandingkan harga emas di beberapa tempat toko emas terpercaya agar mendapatkan harga yang terbaik. Jaga sampai kamu rugi karena ulah penjual yang menaikkan harga emas terlalu tinggi. Hal ini sangat penting dilakukan khususnya kamu yang tidak memantau pergerakan harga emas.

4 Tujuan Investasi yang Salah

Sebaiknya kamu tidak membeli perhiasan hanya agar terlihat menarik saat datang ke pesta saja. Jika kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil yang dapat kamu rasakan di masa depan, maka sebaiknya kamu membeli emas dalam bentuk batangan. Membeli emas dalam bentuk batangan akan lebih menguntungkan karena kamu tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan saat akan menjualnya kembali.

Salah satu jenis emas batangan yang berkualitas adalah emas yang memiliki sertifikat Antam 99,99% persen yang dapat kamu pertemukan di pegadaian atau butik Antam.  Perlu kamu ketahui, kamu bisa mendapatkan harga jual emas dengan harga yang meningkat minimal dengan menyimpan emas selama 2 tahun.

Jika kamu ingin membeli emas dan ingin mendapatkan keuntungan dengan jangka pendek, maka emas bukanlah pilihan yang tepat. Semakin lama kamu menyimpan emas batanganmu, maka semakin tinggi nilai jual yang akan kamu dapatkan.

5 Tidak Memantau Harga Emas

Sebagai investor, hal yang perlu kamu lakukan saat ingin membeli emas ialah membelinya dengan saat harga emas rendah dan menjualnya saat harga emas mengalami peningkatan. Jangan sampai kamu membeli emas saat harganya sedang meningkat dan menjualnya kembali saat harga sedang turun, karena pasti kamu mengalami kerugian.

6 Hindari Investasi Emas dengan Gram yang Kecil

Jika kamu ingin membeli emas batangan sebagai investasi dengan gram yang kecil, maka kamu akan mendapatkan kerugian, karena emas dengan pecahan kecil memiliki harga yang lebih mahal. Terkadang, ada orang yang ingin investasi emas dengan gram yang kecil karena ikut-ikutan dengan tren yang sedang berkembang mengenai investasi emas, namun jumlah yang dibeli malah merugikan.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memulai berinvestasi emas. Pelajari terlebih dahulu jenis emas mana yang ingin kamu beli agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Selamat mencoba, dear!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin