cincin perak couple

9 Tips Merawat Cincin Perak Agar Tidak Menghitam

Cincin perak merupakan salah satu perhiasan yang cocok untuk menghiasi tampilan wanita maupun pria. Selain untuk pemakaian sehari-hari, juga sering kali menjadi pilihan sebagai cincin pertunangan atau pernikahan. Harga cincin perak sendiri lebih terjangkau dibandingkan cincin emas, sehingga cincin ini bisa kamu jadikan alternatif untuk menghemat biaya pernikahan namun tetap membuatmu tampil mewah dan elegan.

Kelebihan Cincin Perak

Cincin perak adalah solusi untuk pasangan muslim yang menginginkan cincin halal dan aman sebagai cincin pernikahan. Hal ini karena pemakaian cincin emas dilarang dalam Islam. Berikut beberapa kelebihan lain dari cincin perak:

1. Mudah dibentuk

Sebagai pasangan, tentunya kamu ingin memiliki cincin pernikahan yang serasi dengan desain yang menarik. Cincin perak adalah pilihan yang tepat karena perak sendiri merupakan logam mulia yang mudah dibentuk. Jadi kamu bisa memesan cincin dengan desain yang unik sesuai karakteristik kamu dan pasangan. Bikin cincin kawin perak kamu semakin berkesan.

2. Harga lebih terjangkau

Persiapan pernikahan membutuhkan banyak biaya, salah satunya adalah untuk pembelian cincin pernikahan. Untuk kamu yang ingin memangkas anggaran secara signifikan, bisa memilih harga cincin perak yang jauh lebih terjangkau daripada cincin emas.

3. Lebih nyaman digunakan

Salah satu karakter bahan perak adalah memiliki tekstur yang lembut, sehingga nyaman untuk mengenakannya sebagai perhiasan sehari-hari. Bahannya lebih halus dibandingkan dengan cincin palladium, sehingga tidak akan terasa keras di sela-sela jari tangan.

4. Bisa dipakai siapa saja

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, cincin perak bisa dijadikan sebagai alternatif cincin pernikahan karena aman dipakai oleh laki-laki. 

Kekurangan Cincin Perak

Tiada gading yang tak retak. Artinya meskipun memiliki semua kelebihan di atas, perhiasan dengan bahan perak juga memiliki beberapa kekurangan, loh. Berikut kekurangan perhiasan perak yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan pemakaiannya sebagai cincin pernikahan:

1. Daya tahan tidak lama

Kekurangan utama dari perak adalah daya tahannya yang sebentar. Warnanya mudah pudar, kusam, hingga kehitaman seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan perak mudah bereaksi dengan zat kimia, seperti sulfur yang banyak ditemukan pada bahan makanan seperti telur dan daging.

Jika kamu memakainya saat memasak kedua bahan tadi, maka warna cincin perak akan lebih cepat memudar dan kusam. Jadi kami sarankan agar kamu melepas cincin saat memasak agar warna lebih tahan lama.

Selain itu, sifat perak yang lentur dan ringan membuatnya menjadi lebih mudah tergores. Jadi kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakannya agar tidak mudah rusak.

2. Lapisan akhir mudah hilang

Perak cocok menggunakan lapisan bahan apapun, namun karena sifat daya tahannya yang lemah, maka lapisan ini juga mudah pudar dan mengelupas. Hasilnya, kecantikan warna dari cincin ini akan berkurang. Untuk itu, sebaiknya tidak dilapisi dengan warna apapun. 

3. Perawatan lebih sulit

Daya tahannya yang lemah membuat perak membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya agar tetap berkilau dan tidak mudah pudar. Kamu harus membersihkannya secara rutin dengan menggunakan pembersih khusus agar tetap awet.

Tips Merawat Cincin Perak

Cincin perak pria dan wanita
Cincin tunangan perak – V&Co Jewellery

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan di atas, saatnya kami bagikan 9 tips merawat cincin perak agar tahan lama. Yuk, simak tips selengkapnya!

1. Hindari penyimpanan dan pemakain terlalu lama

Kalau kamu ingin perak tetap cantik dan berkilau, kamu harus menyeimbangkan antara penyimpanan dan pemakaiannya. Cincin yang disimpan atau digunakan terlalu lama bisa membuat warnanya cepat memudar.

Untuk itu, kami sarankan agar kamu memakai cincin ini di waktu tertentu saja. Jangan lupa bersihkan sebelum dan sesudah pemakaian agar warnanya tetap mengkilap.

2. Simpan di tempat yang tepat

Tempat terbaik untuk menyimpan perak adalah pada kotak yang dapat tertutup rapat. Jangan lupa juga lapisi dengan kain flanel atau tisu untuk membungkus cincin. Pastikan juga kotak penyimpanan perhiasan perak ini kering dan sejuk, ya.

Pastikan juga cincin perak yang disimpan dalam keadaan kering. Hal ini dikarenakan butiran air yang tertinggal pada permukaan cincin dapat meninggalkan bekas yang kemudian menjadi noda kerak yang membuat cincin menjadi kusam.

Selain itu, hindari pula menyimpan bahan berbahan besi, berkarat, cat, dan karet yang bisa merusak perak dan membuat warnanya memudar lebih cepat.

3. Pisahkan dengan perhiasan lain

Perak merupakan logam mulia yang bersifat sensitif, sehingga kamu harus memisahkannya dengan perhiasan logam mulia lainnya agar warnanya tidak menghitam.

Tidak hanya saat penyimpanan, namun kamu juga harus memisahkannya saat pemakaian. Misalnya saja kamu memiliki 2 gelang yaitu gelang emas dan perak. Sebaiknya kamu tidak memakai gelang ini bersamaan di pergelangan tangan yang sama karena akan mempengaruhi warna gelang perak.

Tidak hanya memisahkan cincin perak dengan perhiasan dari emas saja, namun kamu juga harus memisahkan perhiasan perak dengan perhiasan dari bahan logam mulia lainnya seperti palladium, platina, tembaga, dan lainnya.

4. Pakai minyak zaitun

Jika kamu membeli perak untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama namun ingin warnanya tetap mengkilap, maka bisa memakai minyak zaitun. Cukup oleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh permukaan cincin  dan simpan di kotak yang kering dan sejuk.

5. Lepas sebelum mandi

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa bahan perak sensitif terhadap zat kimia, perak juga akan lebih cepat menghitam saat terkena sabun. Untuk itu, disarankan agar kamu melepas cincin sebelum mandi dan berenang agar warnanya lebih tahan lama.

6. Hindari terkena parfum dan lotion

Barang yang harus kamu hindarkan dari cincin perak adalah kontak langsung dengan parfum dan lotion. Kandungan pada parfum dan lotion bisa membuatnya menghitam dengan cepat. Untuk itu, pastikan kamu melepas cincin sebelum mengaplikasikan parfum dan lotion. Kemudian kamu bisa memakainya kembali setelah parfum dan lotion meresap ke kulit.

7. Bersihkan jika berkeringat

Jika kamu tipe orang yang mudah berkeringat, maka harus rajin mengelap cincin perak saat berkeringat karena jika tidak, maka cincin akan lebih mudah kotor dan lama-kelamaan bisa menghitam. Pastikan kamu selalu sedia tisu atau lap untuk membersihkan cincin dari keringat. Jika hal ini rasanya merepotkan, kamu bisa melepas cincin sebelum melakukan aktivitas yang akan mengeluarkan banyak keringat seperti berolahraga atau aktivitas lainnya.

8. Hindari terkena sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari secara langsung bisa mempercepat proses pemudaran warna pada cincin perak. Jika kamu ingin mengeringkannya, cukup lap hingga bersih. Bisa juga gunakan kipas angin untuk mengeringkan cincin.

9. Bersihkan secara teratur

Tenang saja, kamu bisa membersihkan cincin perak dengan cepat dan mudah di rumah. Cukup gunakan pasta gigi atau baking soda dan gosokkan secara perlahan dan merata pada permukaan cincin. Kamu juga bisa menggunakan produk khusus untuk membersihkan perak agar warna dan kilaunya tetap terjaga.

Itu dia beberapa informasi mengenai kelebihan, kekurangan, hingga tips merawat cincin perak dari kami. Kepoin juga berbagai desain cincin dan perhiasan perak cantik di V&Co Jewellery yang bisa kamu pakai sehari-hari!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *