6 Alasan Memilih Cincin Solitaire

Sebagai perhiasan, cincin memiliki banyak pilihan desain dan jenisnya. Salah satu yang paling didambakan setiap perempuan adalah cincin solitaire. Biasanya, menjadi cincin tunangan namun banyak pula yang memilih cincin jenis ini sebagai hadiah untuk orang terkasih, bahkan sekadar investasi, lho.

Popularitas cincin solitaire memang cukup tinggi. Terlepas dari harganya yang juga fantastis jika menggunakan berlian kualitas terbaik, cincin ini memiliki berbagai keunggulan mulai dari desain dan gaya, hingga perawatannya. Tidak heran bila model cincin permata satu ini menjadi impian para wanita.

Buat kamu yang masih ragu atau butuh pertimbangan saat memilih jenis dan desain cincin, berikut ini sederet alasan cincin solitaire bisa menjadi pilihan yang tepat. Yuk, simak!

1. Memiliki Desain yang Timeless

cincin tunangan emas rosegold
cincin tunangan emas rosegold

Mengingat tren perhiasan cukup pesat berkembang dan silih berganti, sering kali membuat keputusan memilih desain cincin jadi menyulitkan. Apalagi untuk cincin tunangan atau bahkan cincin pernikahan yang pastinya hanya satu-satunya sekali seumur hidup.

Jika kamu merasa kesulitan memilih desain cincin karena alasan tren, maka  ini bisa jadi pilihan yang tepat. Cincin solitaire sendiri merupakan cincin yang memiliki satu batu permata di tengah. Bagian tubuh cincin biasanya dibiarkan polos tanpa penambahan permata lainnya.

Desain cincin solitaire yang cukup minimalis dan klasik membuatnya tak lekang oleh waktu. Meski begitu, cincin solitaire tetap terlihat menawan dengan pendaran cahaya dari batu permatanya. Jadi, cocok banget buat kamu yang suka perhiasan dengan desain simpel tapi tetap indah.

2. Mudah Dipadupadankan dengan Berbagai Busana

Desain cincin yang minimalis tidak hanya membuatnya tak lekang oleh waktu saja, tapi juga mudah disesuaikan dengan gaya busana. Misalnya formal, semi formal, kasual, hingga gaya santai lainnya. Cincin ini juga tetap cocok dipadukan dengan busana modern seperti gaun, hingga busana tradisional misalnya kebaya.

Memang tidak bisa dimungkiri bila wanita selalu mempertimbangkan kesesuaian perhiasan sebagai aksesori dengan busananya. Maka dari itu, memilih cincin solitaire bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Punya Simbol atau Value Tertentu

berlian solitaire
Solitaire Diamond Ring – V&Co Jewellery

Ada pula yang menganggap cincin solitaire sakral. Bukan hanya karena kemewahannya saja, tapi karena sering mewakili simbol atau nilai-nilai tertentu. Buat kamu yang menyukai benda-benda yang memiliki makna khusus, cincin ini jadi pilihan yang tepat.

Secara umum, cincin solitaire menjadi simbol eksklusivitas dan keanggunan. Kesederhanaan desain dan keberadaan batu permata tunggal membuat cincin ini begitu istimewa. Selain itu, biasanya cincin solitaire jadi simbol cinta dan kesetiaan. Hal itu membuatnya sering dijadikan cincin tunangan dan cincin pernikahan

4. Bisa Menyesuaikan dengan Preferensi Individu

Salah satu keunikan cincin solitaire yang patut jadi pertimbangan adalah bisa menyesuaikan dengan keinginan. Bisa mempertimbangkan berbagai filosofi atau nilai-nilai yang kamu yakini dalam pemilihan batu permata, ukuran, bentuk, hingga logam cincinnya.

Tidak jarang pembuatan cincin khusus untuk mewakili pesan, harapan, hingga menggambarkan kepribadian pemakainya, lho. Semakin unik, karena berbeda satu sama lainnya.

5. Perawatan Cincin yang Mudah

Selain dari segi kemewahan, desain, hingga maknanya, cincin solitaire juga memiliki keunggulan dalam hal perawatan. Karena hanya memiliki permata tunggal yang menonjol, perawatan cincin ini relatif lebih mudah daripada cincin jenis lain yang memiliki banyak permata.

Kamu hanya perlu menjaga kilau satu batu permata dengan rutin membasuhnya menggunakan kain atau piranti pembersih perhiasan. Selain itu, tubuh cincin atau band cincin yang simpel, tanpa desain yang rumit juga memudahkan proses perawatan.

6. Bisa Menjadi Salah Satu Materi Investasi

cincin berlian solitaire
Cincin berlian solitaire – V&Co Jewellery

Selain memiliki makna atau simbol tertentu, sehingga bisa menjadi cincin andalan di momen istimewa, cincin ini uga bisa menjadi materi investasi, lho. Khususnya yang menggunakan berlian sebagai batu permatanya. Berlian menjadi salah satu batu permata paling berharga, dan memiliki nilai investasi yang cukup menjanjikan.

Tidak heran bila banyak selebritas dan penggemar perhiasan menjadikan cincin ini sebagai ladang investasi. Kamu juga bisa menjadikan cincin ini sebagai investasi atau tabungan, bila tidak memiliki preferensi khusus untuk menjadikannya sebagai perhiasan semata.

Nah, itulah sederet alasan memilih cincin solitaire. Keistimewaannya tersebut memang membuat siapa saja bakal jatuh hati dan ingin memilikinya. TIdak heran bila cincin ini menjadi cincin impian banyak wanita. Buat kamu yang sedang mencari referensi jenis cincin atau cari tahu banyak hal tentang cincin, 6 alasan di atas bisa kamu jadikan pertimbangan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *