cincin perak

Ini 7 Kelebihan Cincin Kawin Perak, si Primadona yang Harganya Bersahabat

Cincin perak adalah salah satu perhiasan yang paling banyak peminatnya, baik untuk penggunaan  sehari-hari sampai jadi pilihan untuk tunangan atau pernikahan. Alasannya tentu beragam, termasuk soal harga yang membuat perak jadi primadona.

Eits, sebelum memilih perhiasan berbahan perak, apalagi cincin kawin perak yang akan kamu pakai seumur hidup, tentunya kamu perlu tahu kelebihannya. Berikut ini informasi soal logam perak mulai dari pengertian, manfaat, sampai kelebihannya yang akan membantu kamu mempertimbangkan dengan lebih saksama.

Pengertian Perhiasan Perak

Bahan untuk perhiasan itu macamnya beragam, bisa dari plastik, kayu, atau dari logam yang kemudian menjadi emas, palladium, perak, dan sebagainya. Perak adalah hasil tambang dengan nomor atom 47 dengan simbol Ag.

Bahan perak pun merupakan penghantar panas dan listrik yang baik, makanya menjadi salah satu logam yang paling banyak pemanfaatannya dalam berbagai sektor selain kegunaannya sebagai bahan perhiasan.

Perak itu banyak macamnya, lho! Biasanya pembedaan perak menurut kadarnya, yakni Sterling Silver, Fine Silver, Silver Plate dan Argentium Silver. Misal seperti Sterling Silver yang merupakan perpaduan antara 92,5% perak dan 7,5% logam lainnya baik itu nikel atau tembaga yang menghasilkan warna yang lebih mengkilap meski tak tahan lama. 

Sementara Fine Silver nyaris mirip perak murni karena hanya menggunakan 0,1% campuran logam lain dan teksturnya terlalu lembut sehingga kurang kuat untuk cincin kawin perak. Nah, Silver Plate malah nyaris tak tampak karena penggunaan perak hanya sebagai pelapis untuk logam lain. 

Terakhir yakni Argentium Silver yang lebih cocok sebagai bahan perhiasan. Hal ini karena merupakan perpaduan antara 93,5% sampai 96% perak dan sisanya adalah logam lainnya, tapi umumnya menggunakan germanium. Argentium Silver memiliki kelebihan warna yang tidak mudah luntur juga kuat.

 

Kelebihan Cincin Tunangan Perak

cincin kawin perak
Cincin kawin perak – V&Co Jewellery

Masih belum yakin memilih cincin atau perhiasan berbahan perak lainnya? Supaya kamu makin ter yakinkan, berikut ini adalah kelebihan yang akan kamu dapat jika memilih cincin, gelang, bahkan liontin perak:

  • Penampilan yang shining shimmering splendid 

Tak perlu ragukan lagi soal penampilan saat memakai perhiasan perak. Warna dan kilaunya elegan, perhiasan simpel sampai unik akan terlihat menarik dengan bahan perak. 

Kamu yang demen tampil stylish juga tak perlu khawatir karena perak bisa dipadu padan dengan berbagai fashion style. Mulai dari yang formal sampai streetwear design pasti akan mudah berbaur. 

  • Bahan perhiasan yang kuat

Jangan heran kalau banyak rekomendasi cincin perak pria alih-alih emas atau palladium. Hal ini karena sifat perak yang kuat sehingga akan sesuai dengan aktivitas pria yang banyak melakukan pekerjaan berat atau kasar. 

Daya tahan cincin kawin pria  yang berbahan perak akan makin kuat karena perak melebur dengan logam keras lain seperti tembaga, seng, atau timah, yang terkenal memiliki lapisan rhodium yang anti gores. 

  • Hypoallergenic

Punya alergi terhadap sesuatu rasanya pasti bikin tak nyaman, ‘kan? Nah, kamu tak perlu khawatir jika memilih perhiasan perak karena sifatnya yang hypoallergenic sehingga baik untuk pemilik kulit sensitif. 

Namun yang perlu kamu garis bawahi adalah, ini hanya berlaku buat pemakai perak murni. Sebab jika perak sudah bercampur dengan bahan logam lain, meski itu hanya 2,5% bisa menyebabkan alergi. Tipsnya, kamu bisa menggunakan sterling silver dengan tembaga yang juga bersifat hypoallergenic

  • Murah dan mudah dibersihkan

Bicara soal harga cincin perak memang tak semahal emas, palladium, dan logam lainnya. Ini jadi makin memudahkan siapa pun, termasuk kamu dan pasangan untuk memiliki cincin kawin yang elegan. 

Menariknya lagi, cincin nikah berbahan perak tidak perlu trik khusus untuk perawatannya. Karena mudah untuk membersihkannya, bahkan dengan barang-barang yang ada di rumah. Kamu bisa menggunakan soda kue atau hanya sabun cuci piring, lalu bilas dengan air.

  • Mudah dibentuk

Cincin kawin dengan hiasan batu akan sangat menawan jika melingkar di jemarimu. Meski begitu, cincin berhias batu sering kali sulit untuk membentuknya karena harus menyesuaikan ukuran batu permatanya. Namun jika menggunakan perak, kamu tak perlu khawatir karena logam jenis ini relatif lentur sehingga bisa menyesuaikan dengan berbagai bentuk. 

Pembuatan perhiasan perak juga lebih murah, apalagi perak murni yang bisa set dengan lebih cepat. Selain itu, perak juga mudah diukir dan dilebur untuk mendapatkan beragam gaya, inilah mengapa perak banyak disukai perajin perhiasan.

  • Cocok untuk segala warna kulit

Cincin pernikahan dalam Islam hukumnya memang tak wajib, tapi tak ada salahnya sebagai perlambang ikatan buat kamu yang sudah berumah tangga. Inilah pentingnya buat tetap mempertimbangkan kesesuaian saat pemakaian.

Kelebihan cincin nikah perak adalah cocok dengan segala warna kulit, baik yang putih sampai sawo matang. Perak juga memukau jika dipadukan dengan permata seperti safir, rubi, atau zamrud.

  • Bermanfaat untuk kesehatan

Mengenakan cincin kawin bukan hanya cantik karena memiliki kilauan yang indah, tapi di baliknya juga terdapat banyak manfaat buat pemakainya. Pertama, perak memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme. Dengan begitu, memakai perhiasan perak dapat mengurangi risiko infeksi. 

Perak juga diyakini bisa membantu memperlancar sirkulasi darah dan menghindari peradangan. Mengenakan cincin perak disebut bisa meningkatkan energi alami tubuh yang bermanfaat pada peningkatan kualitas tidur. 

Tak sampai di situ, peneliti di University of Southampton telah membuktikan bahwa memakai cincin perak jenis tertentu dapat meredakan beberapa gejala radang sendi di tangan.

Sering dianggap sebelah mata hanya karena harganya yang murah, cincin perak nyatanya punya banyak keunggulan yang sayang kalau dilewatkan begitu saja, ‘kan? Terlebih, logam perak tersebut mudah dibentuk sehingga jika kamu ingin custom cincin nikah unik, akan sangat tepat memilihnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *