desain cincin pernikahan

Beda Cincin Tunangan dan Lamaran, Begini Pilihan Desain yang Cocok!

Dalam sebuah hubungan romantis, cincin memiliki makna yang mendalam dan menjadi simbol cinta. Selain itu, cincin juga menjadi simbol komitmen suatu hubungan. Misalnya, cincin lamaran dan cincin tunangan. Meski sering dianggap sama, beda cincin tunangan dan lamaran cukup signifikan, lho.

Cincin tunangan dan lamaran memiliki beberapa perbedaan mulai dari momen penggunaannya, makna dan simbolisme, tradisi dan budaya, pemilihan batu permata, hingga desainnya. Yuk, ketahui lebih jauh beda keduanya, jangan sampai keliru, ya!

Momen Penggunaan Cincin Tunangan dan Lamaran

Dari segi waktu atau momennya, cincin tunangan dan lamaran memiliki perbedaan yang cukup jauh. Namun, seringkali dianggap sama secara penggunaan dan maknanya. 

Cincin lamaran diberikan pada saat pria mengajukan pertanyaan atau menawarkan hubungan serius ke jenjang pernikahan pada pihak wanita. Pihak pria menjadikan cincin sebagai tanda komitmennya. Cincin tersebut akan dikenakan pada pasangan wanita bila ia menerima lamaran tersebut.

Sementara itu, cincin tunangan digunakan setelah lamaran diterima. Momen tunangan ini disebut juga dengan tukar cincin, sekaligus menandai bahwa baik pihak pria maupun pihak wanita semakin mantap untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Momen tunangan biasanya menghadirkan kedua belah pihak keluarga, sekaligus untuk menentukan tanggal pernikahan.

Meski sebenarnya memiliki keutamaan momen yang berbeda, tapi saat ini banyak pasangan yang tidak membuat lamaran secara ceremonial. Misalnya, lamaran diajukan saat diskusi serius terkait arah hubungan dengan pasangan, hingga akhirnya sepakat untuk menikah. Kemudian menggabungkan momen lamaran dan tunangan dalam satu acara di depan keluarga. Sehingga, cukup menggunakan satu cincin saja. 

Makna dan Simbolisme Cincin Tunangan dan Lamaran

Selain momen pemberian atau penggunaannya yang berbeda, terdapat pula perbedaan  dari segi pemaknaannya. Cincin lamaran memiliki makna yang mendalam sebagai tanda permintaan untuk menuju jenjang pernikahan atau ajakan menikah. Cincin ini melambangkan komitmen, kesetiaan, dan niat serius pasangan pria untuk membawa hubungan ke tingkat yang lebih serius.

Sementara itu, cincin tunangan melambangkan langkah maju dalam hubungan serius dan penanda keputusan bersama untuk memulai perjalanan menuju pernikahan.  Yang mana mewakili janji komitmen dan keinginan pasangan untuk membangun hubungan yang suci. Maka dari itu, cincin tunangan menjadi simbol cinta, kepercayaan, dan harapan akan masa depan yang lebih bahagia bersama.

Campur Tangan Tradisi Budaya dan Personalisasi

Dalam sebuah hubungan romantis memang tidak jarang memiliki tradisi khusus yang berkaitan dengan suatu budaya. Baik itu tradisi keluarga, masyarakat, hingga budaya secara luas. Misalnya dalam penggunaan cincin lamaran yang sering kali menggunakan kustomisasi khusus karena menjadi simbol status sosial.

Secara personalisasi bagi beberapa tradisi, cincin lamaran mempertimbangkan ukuran batu permatanya. Selain simbol komitmen pihak pria, cincin lamaran juga menunjukkan status sosialnya.

Bagi beberapa tradisi lainnya, cincin lamaran sering kali menjadi warisan keluarga secara turun temurun. Cincin yang menjadi warisan keluarga tersebut tentu sangat berharga dan memiliki nilai sentimental yang tinggi, sebagai awal sebuah komitmen hubungan yang serius. Misalnya, cincin lamaran kakek ke nenek, yang diturunkan hingga anak dan cucunya.

Sementara itu, lain halnya dengan cincin tunangan. Cincin ini umumnya memiliki personalisasi yang sesuai keinginan tiap pasangan. Beberapa pasangan mungkin memilih untuk mengukir inisial atau tanggal penting pada cincin tunangan mereka. Bisa juga memilih cincin sesuai preferensi masing-masing supaya lebih nyaman saat pemakaiannya, serta memiliki sentuhan personal dan jadi simbol yang unik untuk kisah cinta mereka.

Desain dan Gaya yang Berbeda

Model cincin lamaran umumnya menekankan pada keindahan dan memiliki makna romantisme. Desain cincin lamaran sering kali lebih klasik dan elegan dengan fokus pada batu permata yang menonjol.

Batu permata tersebut umumnya berada di bagian tengah cincin. Beberapa desain juga menambahkan batu permata yang lebih kecil di sekitar batu permata utama ataupun di sekitar badan cincin kanan dan kirinya.

Umumnya, batu permata yang menghiasi cincin ini adalah berlian, sehingga melambangkan keabadian dan kekuatan cinta. Meski begitu, pemilihan batu permata juga bisa menyesuaikan dengan preferensi dan anggaran.

Sementara itu, desain cincin tunangan biasanya dirancang berdasarkan preferensi pribadi tiap pasangan. Umumnya cincin ini memiliki desain yang lebih sederhana daripada cincin lamaran. Hal ini karena kebanyakan orang ingin mengenakan cincin yang senada dengan pasangan alias cincin couple. Meski sederhana, cincin tunangan tetap mengedepankan desain yang elegan dan personal.

Inspirasi Desain Cincin Lamaran

cincin tunangan terbaru
White & Rose Gold Ring DR1790 – V&Co Jewellery

Lotus Diamond Ring ini cocok banget untuk cincin lamaran. Desain permata yang menyerupai bunga lotus tentu menyimpan makna tersendiri. Ditambah perpaduan emas putih dan rose gold semakin menambah kesan mewah dan elegan.

diamond ring
Cincin berlian DRP385 – V&Co Jewellery

Jika kamu menyukai cincin dengan satu warna, cincin ini bisa jadi inspirasi cincin lamaran. Cincin ini memiliki permata besar di bagian tengah, kemudian permata kecil di sekelilingnya. Di bagian band cincin juga terdapat beberapa permata yang menambah kesan mewah.

2 in 1 diamond ring
2 in 1 engagement ring – V&Co Jewellery

Model ini cocok buat kamu yang ingin menggabungkan makna pada cincin lamaran dan cincin tunangan atau bahkan cincin pernikahan. Bagian tengan bisa jadi cincin lamaran yang memiliki band polos dengan batu permata besar di bagian tengahnya. Nah, untuk cincin tunangannya di bagian luaran. Desainnya tetap elegan dengan dua bagian band yang berhiaskan permata kecil.

Diamond Ring 2 in 1 Tears Drop
Cincin berlian 2 in 1 – V&Co Jewellery

Inspirasi cincin lamaran 2 in 1 lainnya dengan kombinasi gold dan white gold. Cincin ini cukup unik dengan desain permatanya yang menyerupai mahkota.

White Gold Diamond Ring
White Gold Diamond Ring – V&Co Jewellery

Cincin lamaran tidak selalu memiliki desain permata yang bulat, seperti cincin ini. Perpaduan berlian kotak dengan permata kecil di sekelilingnya memberikan kesan mewah dan unik.

Inspirasi Desain Cincin Tunangan

cincin perak couple
Engagement Ring – V&Co Jewellery

Inspirasi cincin tunangan couple buat kamu yang suka desain simpel, minimalis, tapi tetap terkesan mewah dan elegan. Desain band yang bergelombang membuat cincin ini tidak terlalu monoton. Cincin untuk wanita memiliki beberapa permata kecil yang menambah kesan mewah.

harga cincin platinum 1 gram
Simple Engagement Ring – V&Co Jewellery

Satu lagi desain cincin tunangan yang simpel. Kali ini band cincin cukup unik dengan sisi yang melingkar. Di bagian cincin wanita bertabur berlian dan swarovski. Simpel dan elegan banget ya!

Diamond Wedding Ring by V&Co Jewellery
Cincin nikah – V&Co Jewellery

Inspirasi cincin tunangan couple dengan desain yang sama persis. Cincin ini cocok banget buat kamu yang ingin memiliki cincin kembaran dengan pasangan. Perpaduan white gold dan rose gold, ditambah satu permata kecil di bagian tengah membuat cincin ini terlihat elegan.

Cincin couple
Batik Wedding Ring – V&Co Jewellery

Cincin tunangan Batik ini unik banget. Cocok buat kamu yang menyukai desain detail dan mengedepankan makna yang mendalam. Di bagian cincin wanita berhiaskan permata yang menambah kesan mewah.

Nah, itulah beberapa hal tentang beda cincin tunangan dan lamaran yang ternyata cukup signifikan. Namun, dalam penerapannya tentu bisa menyesuaikan dengan preferensi tiap pasangan. Yuk temukan berbagai inspirasi cincin lamaran dan cincin tunangan lainnya di V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *