Gaun pengantin enzy storia

Calon Pengantin Wajib Catat! 3 Persiapan Pernikahan Pihak Wanita yang Harus Dipenuhi

Sebagai seorang wanita, pastinya kamu ingin memiliki prosesi pernikahan yang indah dan berkesan untuk dikenang hingga tua. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan mental, finansial, dan fisik untuk persiapan pernikahan pihak wanita menjelang hari bahagia itu. Simak ulasan selengkapnya, ya!

Persiapan Pernikahan Pihak Wanita

Menikah tidak hanya proses mempersatukan kedua mempelai, tetapi juga salah satu bentuk untuk menyempurnakan agama di mana kamu dan pasangan berjanji untuk saling mencintai dan menemani di hadapan Tuhan. Oleh karena itu, persiapan pernikahan tidak hanya berupa biaya yang cukup saja, tapi lebih dari itu.

Persiapan pernikahan pihak wanita dan pihak pria memiliki sedikit perbedaan, karena kebutuhannya yang berbeda pula. Namun dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail mengenai 3 list persiapan pernikahan khusus untuk bride-to-be agar prosesi pernikahan berjalan dengan indah dan lancar.

1. Persiapan fisik

persiapan fisik sebelum menikah
Foto: freepik

Persiapan pernikahan pihak wanita yang pertama adalah mempersiapkan fisik. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu tetap sehat dan tidak mudah lelah selama menjalani prosesi pernikahan. Apalagi jika kamu mengadakan acara resepsi dalam jangka waktu yang cukup lama yang membuat kamu perlu duduk dan berdiri cukup lama untuk menyambut tamu undangan. Tentunya ini membutuhkan banyak energi dan tenaga. Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar fisik tetap prima selama menikah:

  • Jaga pola makan dan kondisi tubuh

Agar bisa tampil cantik dan memesona di hari pernikahan, kamu harus memperhatikan kondisi kesehatan dan pola makan dari jauh-jauh hari. Mengingat menikah tidak hanya berlangsung satu hari saja, namun juga memerlukan persiapan cukup panjang agar bisa berjalan sempurna, maka kondisi kesehatan harus selalu diutamakan.

Cara yang mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan makan secara teratur. Kamu dan pasangan bisa saling mengingatkan untuk menjaga asupan makanan agar stamina tetap terjaga.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan setiap hari agar tubuh tidak mudah lelah. Kamu bisa berolahraga bersama pasangan agar sama-sama sehat. Olahraga bersama juga bisa mempererat hubungan kamu dengan pasangan.

  • Perawatan menyeluruh sebelum menikah

perawatan wajah menjelang pernikahan
Perawatan sebelum menikah | Foto: freepik

Perawatan wajah dan tubuh adalah sesuatu yang dilakukan oleh wanita setiap hari. Akan tetapi, kamu juga bisa mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari agar penampilan semakin maksimal di hari bahagia. Perawatannya sendiri tidak hanya seputar kulit wajah dan tubuh saja, tapi dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Kamu bisa mulai menentukan model rambut dan riasan sekitar 4 bulan sebelum pernikahan dilangsungkan. Persiapan ini bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan riasan dengan gaun, aksesori, dekorasi, dan elemen lainnya.

Kemudian agar kulit kamu terlihat lebih cerah dan bersinar di hari pernikahan, kamu bisa mulai melakukan perawatan kulit sejak 4 bulan atau lebih sebelum pernikahan. Hal ini karena proses regenerasi dan perawatan kulit tidak bisa terjadi dalam satu malam saja. Jadi kamu harus lebih rutin melakukan perawatan kulit.

2. Persiapan finansial

tabungan nikah
Tabungan nikah | Foto: pexels/cotton-bro

Membicarakan urusan finansial adalah salah satu topik obrolan yang sensitif di antara pihak pria dan wanita. Akan tetapi hal ini perlu didiskusikan bersama pasangan sebelum membentuk keluarga sendiri.

Siap secara finansial tidak hanya untuk pihak pria saja, tetapi ini juga untuk pihak wanita. Meskipun suami memiliki kewajiban untuk menafkahi istri, tapi kamu sebagai istri juga butuh kesiapan finansial jika terjadi hal-hal yang di luar perkiraan, seperti suami yang tiba-tiba terkena PHK, inflasi, krisis moneter, atau bahkan suami yang meninggal. Untuk itu, ada beberapa persiapan pernikahan pihak wanita secara finansial, yaitu:

  • Memiliki pekerjaan atau penghasilan yang tetap

Tidak hanya suami, sebaiknya istri juga perlu memiliki penghasilan tetap. Hal ini karena kebutuhan pernikahan dan rumah tangga tidak memakan biaya yang sedikit. Jika hanya pihak suami saja yang bekerja, maka ditakutkan hal ini akan memberatkan suami yang terbiasa memenuhi kebutuhannya sendiri jadi harus memenuhi kebutuhan untuk 2 orang sekaligus. Kebutuhan juga akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu, terutama jika kamu dan pasangan sudah memiliki buah hati.

Kamu tidak perlu khawatir bekerja di luar rumah untuk mendapatkan penghasilan. Sebab saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang bekerja menjadi freelancer, sehingga tetap bisa bekerja dari rumah!

  • Menabung bersama pasangan

Pernikahan dilakukan oleh 2 orang, sehingga tanggung jawab finansialnya juga ditimpakan kepada pasangan yang ingin menikah. Seperti yang kita ketahui, biaya pernikahan tidaklah sedikit. Untuk itu kamu dan pasangan bisa menabung bersama untuk persiapan pernikahan dan tabungan untuk kehidupan rumah tangga.

Kamu dan pasangan bisa menyepakati jumlah uang yang perlu ditabung setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar kamu dan pasangan bisa mencapai jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi persiapan pernikahan.

Selama proses menabung ini, kamu dan pasangan bisa sambil survey harga vendor, catering, rias, gaun pengantin, undangan, souvenir pernikahan, dan hal lainnya untuk proses pernikahan agar tidak melampaui anggaran yang sudah ditentukan.

  • Investasi

Persiapan pernikahan pihak wanita secara finansial yang selanjutnya adalah melalui investasi. Jika pelaksanaan pernikahanmu masih beberapa tahun ke depan, investasi bisa menjadi alternatifnya karena nilainya yang semakin meningkat. Investasi sendiri bermacam-macam, mulai dari investasi batu mulia, emas, saham, dan lainnya.

  • Dari orang tua

Memiliki orang tua yang mau membantu secara finansial untuk persiapan pernikahan pihak wanita adalah sebuah keberuntungan yang belum tentu bisa dirasakan oleh semua orang. Namun, alangkah lebih baiknya jika kamu tidak terlalu bergantung pada bantuan dari orang tua dan memiliki sumber penghasilan sendiri agar bisa hidup bersama pasangan secara lebih mandiri.

 3. Persiapan mental

wedding veil
Foto: Eva Lovira

Persiapan pernikahan pihak wanita selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mempersiapkan mental. Tidak sedikit wanita yang menganggap bahwa pernikahan akan berjalan lancar dan mudah seperti negeri dongeng. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan mental agar bisa berkomitmen dalam menjalani bahtera rumah tangga.

  • Siap menjadi istri

Setelah menikah, statusmu juga akan berubah. Kamu tidak hanya menjadi milikmu sendiri, namun kamu sudah menjadi istri orang lain yang juga sepaket dengan peran, kewajiban, dan tanggung jawabnya. Siapkan mentalmu agar bisa menjadi istri yang dapat diandalkan oleh suami.

  • Siap menjadi menantu dan ipar

Persiapan pernikahan pihak wanita yang selanjutnya adalah siap mental menjadi menantu dan ipar. Seperti yang kamu ketahui, menikah tidak hanya menggabungkan kedua mempelai, tapi juga dua keluarga. Jadi kamu pun akan masuk ke dalam hubungan keluarga suami.

Kamu harus bisa menghormati dan menyayangi orang tua pasangan sebagaimana kamu memperlakukan kedua orang tuamu. Begitu juga dengan saudara suami yang menjadi saudara iparmu. Pastikan kamu bisa menjalin hubungan yang baik dengan seluruh keluarga suami, agar bisa menjalani rumah tangga yang harmonis.

  • Siap menjadi ibu

Menjadi ibu adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh seorang wanita. Perlu kamu ingat bahwa menjadi ibu bukan berarti hanya merawat bayi yang lucu dan menggemaskan. Ada banyak tantangan dalam merawat dan mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Kamu juga harus siap untuk kehilangan kebebasanmu sendiri seperti tidak bisa bebas bepergian ketika masih lajang atau belum memiliki anak. Kemudian juga ada kemungkinan waktu tidur yang berkurang karena harus mengurus kebutuhan anak. 

Pastinya kamu pun juga harus siap mendapatkan berbagai pertanyaan ajaib dari anak yang mulai tumbuh besar dan penasaran dengan hal-hal di sekitarnya. Pastikan suami juga mendukung kamu sebagai ibu dengan turut serta dalam tumbuh kembang anak sehingga tidak menjadi absent father.

Itu dia 3 persiapan pernikahan pihak wanita yang penting untuk dipenuhi sebelum melangsungkan pernikahan. Jangan lupa untuk menjaga komunikasi dengan pasangan dan keluarga agar langkah menuju pernikahan bisa berjalan dengan baik. Baca juga tips pernikahan kami lainnya di V&CoJewellery agar kamu bisa mewujudkan pernikahan idamanmu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *