biaya pernikahan sederhana

11 Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Disiapkan Pasangan Pengantin, serta Tips Untuk Lebih Hemat!

Menetapkan biaya pernikahan merupakan salah satu yang paling penting untuk memulai langkah awal segala persipan wedding. Agar kamu dan pasangan memiliki bayangan dan estimasi budget pernikahan, kami akan merangkum rincian biaya yang perlu kamu persiapkan serta cara untuk menghematnya dalam artikel ini. Simak pembahasan selengkapnya di bawah, ya!

Rincian Biaya Pernikahan

Pada dasarnya inti dari prosesi pernikahan yang utama adalah akad nikah atau pemberkatan. Namun tidak sedikit pasangan yang menjadikan pernikahan sebagai hajat, sehingga banyak yang rela mengeluarkan biaya fantastis untuk melangsungkan resepsi yang mewah. Akan tetapi jika kamu adalah tipe orang yang minimalis dan menginginkan pernikahan sederhana, maka rincian biaya pernikahan ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menentukan anggaran pernikahan. 

1. Biaya hantaran atau seserahan

seserahan pernikahan sederhana
Foto: Riefinka Seserahan

Pemberian hantaran atau seserahan adalah sebuah tradisi yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Keduanya, baik seserahan maupun hantaran adalah sebuah pemberian dari pihak laki-laki ke pihak perempuan sesuai dengan tujuannya masing-masing. Seserahan diberikan sebagai bukti kesanggupan mempelai pria untuk menanggung kehidupan calon istrinya kelak, sedangkan hantaran kerap menjadi buah tangan atau “pengetuk pintu” yang menandakan penghargaan terhadap keluarga calon besan.  

Isi seserahan maupun hantaran pernikahan bermacam-macam, mulai dari barang yang bisa digunakan sehari-hari seperti pakaian, tas, sepatu, skincare, alat sholat, hingga kue tradisional dan buah-buahan. Untuk estimasi harganya bervariasi tergantung dari jenis seserahan yang diminta oleh pihak wanita. Misalnya untuk seserahan sederhana, kamu bisa mematok anggaran mulai dari 500 ribu hingga 2 juta rupiah.

2. Biaya mas kawin atau mahar

Mahar uang
Mahar uang | Foto via Seserahan Indonesia

Bagian tak terpisahkan dari checklist persiapan pernikahan  lainnya adalah mahar atau mas kawin. Mahar adalah sesuatu yang wajib diberikan dari pihak laki-laki ke pihak wanita sebagai simbol kasih sayang dan mampu menafkahi di dunia dan akhirat. Untuk nilainya, tidak ada aturan baku yang harus kamu ikuti, tapi sebaiknya mahar berbentuk suatu benda atau jasa yang bernilai ekonomi.

Kamu bisa memberikan mahar berupa peralatan sholat, uang, emas, perhiasan, saham, properti, hewan ternak, hingga perlengkapan hobi! Estimasi biaya mas kawin ini juga beragam tergantung dari kesepakatan di antara kedua belah pihak. Untuk itu kamu perlu mendiskusikan hal ini bersama pasangan agar mahar sesuai keridhoan wanita dan kemampuan pihak laki-laki.

3. Biaya cincin nikah

Cincin nikah emas putih
Cincin kawin emas putih V&Co Jewellery | Foto via Bellavyn Wedding

Saat membicarakan biaya pernikahan, cincin nikah pasti menjadi hal pertama yang muncul di benak setiap pasangan. Biasanya, berat  standar untuk cincin pernikahan adalah sekitar 3-5 gram. Bahannya juga beragam, mulai dari emas kuning, putih, perak, palladium, platina, dan lainnya.

Harga emas 18 karat per gramnya saat ini adalah Rp. 457.752,-. Jadi kalau misal kamu dan pasangan sepakat untuk memakai cincin nikah masing-masing seberat 4 gram, maka kalian perlu menyiapkan biaya sekitar 3,7 juta rupiah.

Untuk berat, besaran karat, dan bahannya bisa kamu diskusikan lagi dengan pasangan agar bisa mendapatkan harga yang sesuai. Jangan lupa bahwa desain dan pemakaian batu mulia mampu mempengaruhi harga cincin nikah itu sendiri. Kalau kamu butuh referensi desain dan harga cincin kawin couple, kamu bisa cek katalog selengkapnya di V&CoJewellery!

4. Biaya akad nikah di KUA

biaya akad nikah di KUA
Foto: Symphotoworks

Biaya nikah di KUA adalah nol, atau tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis! Dengan catatan apabila kamu memilih menikahanya di hari kerja. Biaya yang perlu kamu keluarkan mungkin hanya untuk penghulu sebagai ucapan terima kasih. Namun kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar 600 ribu jika melangsungkan pernikahan di hari libur, akhir pekan, atau di luar kantor KUA.

5. Biaya venue dan dekorasi

Dekorasi pernikahan adat Jawa modern
Foto: Kimikayo Decoration

Selanjutnya yang cukup memakan biaya besar adalah sewa gedung dan dekorasi. Jika kamu ingin menikah di hotel atau gedung, maka perlu mengalokasikan setidaknya 15 juta rupiah agar mendapatkan lokasi yang diinginkan. Harga ini hanya estimasi saja, ada kemungkinan harganya lebih tinggi atau rendah.

Namun jika ingin lebih hemat, maka kamu bisa melangsungkan pernikahan di rumah dan tinggal memikirkan biaya vendor untuk dekorasi saja. Biaya untuk dekorasi pun bisa lebih murah apabila kamu ingin memasang dekorasi sendiri agar sesuai dengan keinginan.

6. Biaya katering 

Biaya Catering pernikahan sederhana
Foto: Al’s Catering

Semakin banyak tamu yang kamu undang, maka akan semakin tinggi pula biaya yang perlu kamu keluarkan untuk katering. Melihat pilihan menu untuk katering yang beragam, bukan berarti kamu harus memilih semuanya, loh. Cukup pilih menu dengan rasa yang paling enak untuk memuaskan lidah tamu undangan.

Kemudian untuk mempermudah perhitungan biaya untuk katering pernikahan, kamu bisa mencari vendor yang menawarkan paket 40-50 ribu per pax. Misalnya saja tamu undanganmu sekitar 300 orang. Maka biaya katering yang perlu kamu keluarkan sekitar 1,2 hingga 1,5 juta rupiah.

Jika kamu menikah di gedung, pastikan vendor tersebut juga menyediakan jasa katering dan dekorasi agar bisa semakin menghemat biaya. Alternatif lainnya agar lebih menghemat biaya, kamu bisa meminta tolong ke saudara atau teman untuk membuatkan menu makanan sesuai anggaran.

7. Biaya busana pengantin dan tata rias

Rias pengantin Jawa tanpa paes
Rias pengantin Jawa tanpa paes | Foto: Marlene Hariman

Tampil cantik dan elegan sebagai pengantin adalah impian setiap wanita. Untuk itu pihak wanita selalu selektif memilih busana pengantin dan tata riasnya. Pihak pria pun tidak kalah memilih jas pengantin yang nyaman dan elegan.

Biaya pembuatan baju pengantin secara custom akan lebih mahal daripada menyewa busana pernikahan. Kami sarankan untuk sewa pakaian pengantin agar lebih mudah untuk menyeragamkan baju pernikahan dengan keluarga. Selain itu, sewa baju pengantin juga bisa memangkas biaya pernikahan secara signifikan. Biasanya, jasa sewa baju pengantin sepaket dengan jasa tata riasnya. Jadi kamu bisa semakin hemat, deh.

8. Biaya undangan dan souvenir

undangan pernikahan mewah
Undangan pernikahan | Foto: Papillon Card

Saat ini, kamu tidak perlu lagi membuat undangan fisik karena lebih banyak orang yang memilih menggunakan undangan digital dengan membuat website. Ada banyak jasa yang menawarkan pembuatan undangan digital. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, loh.

Sementara itu, untuk biaya souvenir juga bervariasi, tergantung jenis barangnya. Untuk saat ini, banyak pilihan jenis souvenir pernikahan yang harganya mulai dari 1.000 rupiah saja! Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan budget pernikahan.

Perlu diingat bahwa pemberian souvenir kepada tamu undangan bukan sesuatu yang harus. Jadi apabila kamu ingin menghemat biaya pernikahan, maka bisa skip memikirkan souvenir dan alokasikan anggarannya untuk keperluan lain.

9. Biaya dokumentasi

Pastinya kamu ingin hari bahagiamu terdokumentasikan dengan baik agar bisa dikenang hingga masa tua, kan? Untuk pernikahan sederhana, kamu bisa mengalokasikan biaya foto pernikahan sekitar 3-5 juta rupiah. Biasanya dengan harga segitu sudah lengkap berupa foto dan video. Kalau kamu rajin mencari harga jasa fotografer, maka mungkin bisa mendapatkan harga yang jauh lebih rendah dari itu.

10. Biaya hiburan

Suasana pernikahan akan terasa kurang apabila tidak ada hiburan seperti musik atau tari tradisional. Hal ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar karena kamu tidak hanya membayar penyanyinya saja, namun juga band atau para pemain alat musiknya.

Harga penyanyi untuk pernikahan berkisar antara 1 hingga 2 juta rupiah. Ini hanya untuk harga penyanyinya saja, belum termasuk harga latihan, busana, dan alat musik mereka yang jika ditotal bisa sekitar 3 juta rupiah. Harganya cukup tinggi bukan untuk menghibur acara satu hari saja?

Untuk menghemat biaya hiburan, kamu bisa menyewa organ tunggal dan membiarkan tamu undangan yang hadir untuk mempersembahkan nyanyian. Selain lebih irit, hal ini juga semakin memeriahkan suasana karena tamu undangan bisa saling berinteraksi meskipun tidak mengenal satu sama lain.

11. Biaya tak terduga

Ada pula biaya lainnya yang perlu kamu keluarkan dan diluar dugaan. Diantaranya biaya persiapan dokumen pernikahan, konsumsi panitia pernikahan, jamuan untuk tamu dan keluarga besar di rumah, transportasi, dan biaya lainnya.

Cukup banyak kan biaya yang perlu kamu dan pasangan keluarkan untuk melangsungkan prosesi pernikahan? Untuk itu kamu dan pasangan perlu mendiskusikan banyak hal secara mendetail mengenai keinginan dan harapan masing-masing. Agar bisa melangsungkan pernikahan sesuai keinginan dan budget yang ada. Butuh tips pernikahan lainnya? Klik di sini sekarang juga biar kamu tidak melewatkan informasi menarik seperti ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *