Berapa Harga Cincin Kawin? Ini Penjelasan dan Kisarannya!

Saat ingin menikah pastinya budget menjadi hal penting bagi kamu dan pasangan supaya segala sesuatunya sesuai dengan rencana. Begitu pula saat menentukan cincin kawin. Kamu harus memahami terlebih dahulu budget yang kamu siapkan sehingga bisa mendapatkan cincin kawin yang sesuai. Apakah kamu sudah tahu berapa harga cincin kawin?

Kamu akan bertanya sebenarnya berapa harga cincin kawin? Pastinya harga ini ditentukan oleh banyak faktor. Misalnya harga emas yang berubah-ubah atau ada faktor lain yang bisa berdampak terhadap berapa harga cincin kawin. Berikut ini faktor yang bisa mempengaruhi harga cincin kawin.

Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin?


1. Model Cincin

Pastinya model cincin yang memiliki banyak aksen akan jauh lebih mahal ketimbang yang polos. Maka kamu lebih baik menyesuaikan dulu budgetnya. Jika memang kamu punya banyak budget, tak masalah jika kamu memberikan permintaan khusus terhadap model cincin.

Semakin tinggi tingkat kesulitan model cincin yang diinginkan pastinya akan semakin tinggi harga jualnya. Begitu pula dengan modelnya. Semakin indah akan semakin mahal. Jika ingin mendapatkan cincin dengan harga terjangkau, kamu bisa membeli model cincin yang memang sudah disiapkan oleh toko perhiasan tersebut.

2. Kandungan Karat
Karat merupakan satuan yang dipakai untuk menghitung jumlah kandungan emas di dalam cincin. Ada berbagai varian pilihan karat mulai dari 18 karat sampai 24 karat. Pastinya semakin tinggi karatnya berarti akan semakin banyak kandungan emas di dalam cincin. Harganya tentu akan ikut mahal.

Cincin 24 karat sendiri disebut dengan cincin dengan kadar emas murni. Meski emas murni, cincin tersebut sebenarnya harus dibuat dengan hati-hati. Bentuk fisik emas pada dasarnya lunak maka dari itu emas akan berisiko tergores jika kandungannya cukup besar dalam sebuah perhiasan.

3. Kadar Emas di Dalam Cincin

Selain kandungan emas yang harus diperhitungkan, kadar emas juga memberikan pengaruh terhadap harga jual dari cincin. Maka kamu harus memastikan hal ini sebelum menanyakan berapa harga cincin kawin. Kadar emas yang ditawarkan biasanya mulai dari 70% sampai 99%. Umumnya cincin kawin akan memakai cincin dengan kadar 70%.

4. Berat Cincin

Logika dasarnya memang semakin berat cincin maka harganya semakin mahal. Rata-rata berat cincin kawin sekitar 3 sampai 8 gram. Namun, banyak yang mengambil cincin dengan berat 5 gram. Untuk memilih berat cincin, ada banyak faktor yang harus kamu perhatikan.

Salah satunya adalah pemakaian cincin kawin yang akan dipakai sehari-hari. Jadi, jangan sampai cincin tersebut malah memberatkan kamu dalam aktivitas sehari-hari. Justru cincin tersebut harus nyaman kamu pakai. Begitu pula saat menentukan faktor lain seperti model cincin.

5. Bahan Cincin

Tak selamanya cincin kawin dibuat dari emas kuning. Faktor yang menentukan berapa harga cincin kawin adalah bahan yang akan dipakai. Saat ini ada banyak jenis bahan yang kerap dipakai. Mulai dari emas putih, palladium, platinum hingga yang sedang kekinian rose gold. Tentu saja setiap bahan punya kelebihan dan kekurangan serta harga yang berbeda. Misalnya saja ketika kamu membeli cincin dengan bahan emas putih. Cincin ini dari luar akan tampak seperti silver padahal di balik warna silver tersebut ada warna emas kuning.

Lapisan putih pada cincin tersebut biasanya menggunakan bahan titanium. Penambahan lapisan tersebut akhirnya membuat cincin menjadi mahal. Penentuan bahan tak hanya dari segi keindahan atau selera, kamu juga harus melihat ajaran agama dan budaya tertentu. Misalnya pria muslim yang tidak diperkenankan memakai cincin dengan bahan emas.

Baca juga:  Referensi Cincin Perkawinan dengan 4 Batu Mulia

Apa Saja Contoh Design dan Harga Cincin Kawin ?

Kamu dan pasangan harus mencari contoh design atau model cincin kawin untuk bisa mereka-reka berapa harga cincin kawin. Sebagai gambaran, berikut ini berbagai jenis cincin dari V&CO Jewellery beserta harganya. Pastinya ini akan sangat membantu kamu dalam memilih cincin yang sesuai selera dan juga sesuai budget.

1. Simple Collection

Berapa Harga Cincin Kawin? Ini Penjelasan dan Kisarannya!

Kamu sedang mencari cincin pernikahan yang memiliki model sederhana? Tentu saja koleksi dari simple collection ini menjadi jawaban yang tepat. Biasanya bentuknya hanya melingkar seperti biasa dengan berlian kecil yang disematkan di tengah cincin.

Jika kamu tak ingin terlalu polos, kamu juga bisa memberikan akses sedikit bergelombang di bagian depan cincin. Kamu bisa memilih bahan dan warna yang sesuai dengan selera seperti warna silver, emas kuning atau bahkan rosegold. Berapa harga cincin kawin untuk model ini. Harganya variatif mulai dari Rp 8 juta sampai Rp 10 juta untuk sepasang.

2. Exclusive Collection

Berapa Harga Cincin Kawin? Ini Penjelasan dan Kisarannya!

Banyak pasangan yang ingin menunjukkan kemewahan dalam cincin kawin yang dipakai. Maka, kamu bisa mengambil model cincin Exclusive Collection. Dalam model ini, kamu bisa menyematkan banyak berlian di sekitar cincin. Selain itu, ada banyak aksen yang menghiasi cincin.

Model seperti ini akan membuat cincin yang kamu kenakan semakin mewah. Meski ditaburi banyak berlian, cincin dari koleksi ini tetap anggun dan menawan bila dipakai. Harga dari koleksi ini juga bervariasi tergantung kerumitan dari desaignnya. Variasi harga untuk desain yang ekslusif mulai dari Rp 12 juta sampai angka Rp 30 juta.

3. Plain Collection

Baca juga:  Model Simple yang Menjadi Tren Perhiasan di 2020
Berapa Harga Cincin Kawin? Ini Penjelasan dan Kisarannya!

Kamu dan pasangan adalah orang yang malas memakai cincin kawin yang terlalu heboh? Maka plain collection menjadi pilihan yang tepat. Bahkan, kamu bisa mendapatkan cincin yang tak disematkan berlian satupun. Artinya benar-benar polos atau plain.

Namun, kamu mungkin tetap menginginkan bentuknya yang bergelombang. Hal tersebut tersedia di koleksi ini. Modelnya yang sederhana membuat harga cincin untuk koleksi ini cukup terjangkau. Harganya mulai dari Rp 5 jutaan untuk sepasang cincin.

4. Batik Collection

Batik WRB0002

Penyuka hal yang unik mungkin akan tertarik dengan batik collection dari V&CO Jewellery. Dalam koleksi batik ini, cincin memiliki ukiran penuh yang mengelilingi cincin. Terdapat berlian yang disematkan di bagian tengah cincin. Maka dari itu sangat cocok bagi kamu dan pasangan yang ingin tampak beda.

Ukiran cincin yang ditawarkan juga beraman sehingga kamu dan pasangan bisa memilih yang sesuai dengan keinginan. Pastinya ukiran ini termasuk yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Maka dari itu, kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Berapa harga cincin kawin dari model ini? Harganya mulai dari Rp 17 juta sampai Rp 20 juta.

5. Cincin Nama

Beberapa pasangan mungkin ingin menyematkan nama mereka di cincin kawin. Hal tersebut juga bisa kamu pesan. Model cincin yang ditawarkan biasanya lebih tebal karena harus memiliki ruangan supaya nama kamu dan pasangan bisa digrafir di cincin tersebut.

Selain grafir nama, berlian juga disematkan di cincin model ini. Harga dari model cincin nama ini juga cukup bervariasi. Mulai dari Rp 13 juta sampai Rp 21 juta. Semua itu tergantung dari jenis cincin yang akan dipilih.

Baca juga:  Perpaduan Cincin Kawin Emas dan Perak untuk Pernikahanmu

Ternyata cukup banyak faktor yang mempengaruhi berapa harga cincin kawin. Bahkan, ada banyak model juga yang biasanya ditawarkan oleh toko perhiasan. Maka, kamu dan pasangan bisa leluasa memilih perhiasan yang sesuai dengan budget dan juga selera.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin