Cara Mencuci Cincin yang Mudah Dilakukan

Cara Mencuci Cincin yang Mudah Dilakukan

Perhiasan menjadi barang berharga yang pastinya dijaga oleh siapapun. Jika kamu memiliki perhiasan seperti cincin, sebaiknya kamu memahami perawatan yang tepat. Salah satu perawatan dasar yang wajib dilakukan adalah dengan membersihkannya. Mencuci perhiasan tidak boleh sembarangan karena kalau salah bisa menyebabkan perhiasan tersebut luntur dan menghitam, karena itu kamu perlu mengetahui cara mencuci cincin yang tepat dan mudah dilakukan.

7 cara mencuci cincin yang mudah untuk dilakukan

  1. Bersihkan dengan Cara Kering

    Cara Mencuci Cincin yang Mudah Dilakukan
    Kamu bisa mulai membersihkan tanpa menggunakan cairan tertentu. Kamu bisa membersihkan cincin dengan cara yang kering yaitu dengan mengelap pada bagian permukaan cincin dengan kain serat yang lembut. Jika terlihat ada bagian yang terlalu kecil atau tidak terjangkau kain, kamu bisa memakai sikat gigi atau jarum. Pastikan terlebih dahulu sikat gigi atau jarum dalam kondisi bersih.

  2. Memakai Sabun Cuci Piring dan Air Hangat

    Siapa sangka ternyata sabun cuci piring menjadi salah satu metode ampuh sebagai cara mencuci cincin. Sabun cuci piring memang mampu melunturkan lemak di peralatan makan. Ternyata kandungannya juga bermanfaat untuk cincin. Lalu bagaimana cara untuk membersihkan cincin dengan sabun cici piring?

    Kamu bisa menyiapkan wadah kecil kemudian tuangkan sedikit sabun cuci piring yang dicampur dengan air. Kemudian aduk merata campuran air tersebut. Kamu tinggal merendam cincin selama lima menit di campuran air itu. Kemudian ambil sikat yang lembut untuk membersihkan kotoran yang nampak. Setelah selesai, bilas dengan air dan keringkan cincin tersebut.

    Ada pula trik lain bila kamu ingin hasil dari membersihkan cincin jadi lebih maksimal. Kamu bisa menambahkan air hangat sebagai campuran dari sabun cuci piring tersebut. Ternyata cara mencuci cincin dengan air hangat dan sabun bisa melepaskan debu serta kotoran di cincin tersebut. Apalagi pada bagian yang memang susah dijangkau untuk dibersihkan.

    Namun, hindari pemakaian air panas yang mendidih. Pakailah air hangat. Sebab, air yang terlalu panas bisa merusak perhiasan emas. Misalnya membuat logam memuai, melunturkan lem pada perhiasan sampai membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Maka jangan sampai proses membersihkan malah merusak cincin itu sendiri.

  3. Campuran Baking Soda dan Cuka

    Cara membersikan cincin
    Baking soda memang dikenal mampu membersihkan banyak kotoran di berbagai permukaan. Ternyata cara membersihkan cincin bisa memakai bahan satu ini. Untuk membersihkannya, kamu bisa menyiapkan satu gelas yang berisi air hangat. Masukkan baking soda dan campur keduanya.

    Rendam cincin emas pada larutan baking soda tersebut selama dua menit. Setelah selesai kemudian angkat dan juga keringkan. Ketika proses perendaman baking soda selesai, kamu bisa memakai cuka beberapa tetes ke kain dan gosokkan ke cincin.  Hal ini akan menambah kilau cincin yang mungkin berkurang kareana kotor.

    Setelah digosok, kamu harus membilasnya dengan air biasa. Kamu harus memperhatikan jika cincin memiliki mata berupa batu permata atau mutiara. Hindari pemakaian baking soda dan cuka karena justru bisa merusak permukaan batu tersebut. Selain itu, dapat pula melonggarkan lem yang malah membuat batunya jadi mudah copot.

  4. Alkohol

    Alkohol termasuk ke dalam salah satu cara membersihkan cincin yang ampuh. Ternyata salah satu manfaatnya adalah bisa menghilangkan bekas lemak yang tertinggal di cincin. Biasanya lemak ini bisa menempel karena tidak melepas saat makan memakai tangan. Tentu saja sisa-sisa lemak akan menempel pada cincin tersebut.

    Bahkan, lemak yang menempel itu akan ada di situ berhari-hari dan akan sulit untuk dibersihkan dengan air biasa saja. Maka, kamu harus memakai alkohol untuk membersihkannya. Namun kamu harus berhati-hati saat memakainya. Memang betul kandungan alkohol sangat ampuh membersihkan cincin.

    Namun, cincin terkadang mengandung bahan lain selain emas. Bahan tersebut mungkin saja sangat sensitif bila bercampur dengan alkohol. Bila kamu yakin cincin tersebut hanya mengandung emas, maka kamu langsung merendam cincin tersebut ke dalam larutan alkohol. Diamkan selama dua menit kemudian baru disikat secara perlahan.

    Jika ada kandungan lainnya, cara mencuci cincin yang tepat adalah dengan memakai cutton bud yang sudah dibasahi alkohol. Setelah itu kamu tinggal gosok perlahan pada keseluruhan cincin. Dengan cutton bud, kamu bisa membersihkan bagian yang memang susah untuk dijangkau.

  5. Deterjen dan Soda

    Kedua bahan ini ternyata ampuh sebagai cara membersihan cincin. Untuk memakainya, kamu perlu mencampur deterjen dan soda di dalam sebuah wadah. Kemudian aduk rata keduanya. Setelah sudah rata, barulah kamu memasukkan perhiasan ke dalam larutan tersebut.

    Tunggu sekitar 10 sampai 20 menit supaya perhiasan direndam dalam larutan tersebut. Setelah itu angkat dan sikat secara perlahan ke seluruh bagian cincin. Ingat bahwa kamu harus memilih sikat dengan bulu lembut sehingga tidak merusak permukaan cincin. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Terakhir, cuci cincin dengan air supaya larutan deterjen dan soda tidak ada yang menempel. Lalu, keringkan dengan memakai kain lembut.

  6. Ammonia


    Cara mencuci cincin berikutnya adalah dengan bahan kimia yang disebut dengan amonia. Meskipun efektif untuk membersihkan cincin, namun kamu harus hati-hati saat memakainya. Amonia adalah senyawa kimia yang aromanya cukup tajam. Saking tajamnya, kamu bisa mengalami perih pada bagian mata hingga mengeluarkan air mata saat terhirup.

    Agar bisa membersihkan emas dengan amonia, kamu cukup mengambil segelas air yang dicampurkan dengan sedikit cairan amonia. Setelah itu, kamu bisa langsung mencelupkan cincin tersebut dan tunggu selama satu menit. Kamu bisa langsung mengangkat cincin setelah satu menit. Namun, jangan langsung pakai tangan. Kamu bisa memakai alat bantu seperti pinset.

    Setelah berhasil diangkat, kamu bisa langsung membilasnya dengan air bersih. Kamu juga perlu mengeringkan cincin emas dengan kain yang lembut supaya memastikan tidak ada sisa cairan amonia. Meski cara ini sangat efektif, namun jangan rendam cincin ke dalam cairan amonia terlalu lama. Cairan amonia punya sifat korosif. Bila terlalu lama, maka bisa menimbulkan karat pada cincin emas. Larutan ini sangat cocok dipakai bila kondisi cincin memang sangat kotor. Jika tidak terlalu kotor, kamu bisa memakai cara lain yang mungkin lebih aman dan efektif.

  7. Lemon

    Bahan rumahan ternyata bisa menjadi cara mencuci cincin. Salah satunya adalah dengan lemon. Dengan cara ini, kamu bisa menjaga kilau dari berbagai perhiasan misalnya berlian, emas dan perak. Tak hanya memastikan cincin ini tetap bersih tetapi juga harus dipastikan kecantikannya. Lemon sendiri mengandung zat yang bisa membersihkan kotoran dari cincin. Kamu bisa menggosokkan potongan buah lemon pada cincin.

    Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan bubuk soda kue pada potongan buah lemon tersebut. Cara ini bisa membuat hasil pembersihan cincin bisa lebih baik. Ada pula cara lain yang bisa kamu lakukan seperti merendam cincin dalam air perasan lemon dan garam dalam satu malam. Sebagai informasi, cara mencuci cincin dengan lemon sangat baik untuk cincin perak.

Demikian banyak cara membersihan cincin yang ternyata mudah dilakukan. Kamu tinggal memilih mana yang sesuai dengan bahan cincin serta kemampuan kamu untuk membersihkannya. Selamat mencobanya di rumah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *