Tips Memilih Toko Berlian

Tips Memilih Toko Berlian

Mengetahui tips memilih toko berlian sangat penting dilakukan oleh semua orang, apalagi bagi kamu yang akan berbelanja perhiasan berlian untuk keperluan pertunangan atau pernikahan.

Mengapa hal ini penting dilakukan? Tentu saja agar kamu tidak tertipu dengan membeli berlian palsu di toko yang salah. Pemalsuan berlian memang marak terjadi. Bila tidak jeli saat bertransaksi, bisa jadi kita akan tertipu dengan membeli berlian KW. Memang dibutuhkan keahlian tertentu untuk bisa membedakan mana berlian asli dan mana yang palsu. Keahlian tersebut tentunya sudah dimiliki oleh para penjual berlian profesional.

Permasalahan lainnya, saat ini banyak juga toko yang berbuat curang dengan menjual berlian palsu. Mereka yang tidak profesional inilah yang membuat para pelanggan kemudian merasa resah. Maka dari itu, sebelum membeli perhiasan berlian, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips memilih toko berlian berikut ini agar kamu tidak tertipu dengan berlian KW.

Tips Memilih Toko Berlian Bagi Pecinta Berlian

Cari Toko yang Profesional

Tips memilih toko berlian yang pertama tentu saja kamu harus mencari toko perhiasan profesional. Itu berarti, toko tersebut kredibel dan memiliki pengalaman yang mumpuni sebagai penjual berlian.

Toko-toko berlian profesional biasanya tergabung dengan komunitas-komunitas dagang tertentu yang berkaitan dengan penjualan perhiasan atau logam mulia. Hal tersebut menjadi jaminan bila toko tersebut memang terpercaya karena berada di bawah asosiasi resmi.

Mengetahui Berlian Secara Detail

Toko berlian profesional tentunya akan melayani pelanggannya setulus hati. Meskipun kamu tidak tahu persis seluk-beluk berlian, petugas toko pastinya akan menjelaskannya secara rinci kepadamu mengenai berlian yang akan dibeli. Tips memilih toko berlian yang kedua ini juga berkaitan dengan profesionalisme, seperti poin di atas.

Kamu pasti sudah tahu, untuk mengecek kualitas berlian dibutuhkan K2WP yang meliputi karat, kejernihan, warna, dan potongan atau 4C dalam bahasa Inggris (carat, cut, color, and clarity). Bila sebuah berlian sudah memenuhi 4 kriteria di atas, dapat dibilang berlian tersebut teruji keasliannya.

Namun, akan sedikit sulit bila kita sendiri yang melakukan pengecekan K2WP tersebut. Di sinilah peran pihak toko sangat dibutuhkan. Toko yang profesional, tentunya harus tahu tentang berlian secara detail, bukan hanya K2WP saja, tetapi ada faktor-faktor lainnya.

Memiliki Patokan Harga

Toko berlian terpercaya, tentunya tidak akan menjual barang secara asal-asalan. Tips memilih toko berlian ketiga ini adalah dengan melihat bagaimana masing-masing toko membanderol harga berlian dagangannya sesuai dengan patokan yang berlaku. Mereka seharusnya tidak asal menjual murah atau mahal.

Beruntungnya, harga berlian memang sudah memiliki patokan standar internasional yang disebut dengan Rapaport Diamond. Lembaga yang berdiri sejak 1976 lalu ini menggunakan faktor warna, karat, dan kejernihan untuk menghitung harga sebuah berlian.

Rapaport bisa kamu lihat langsung di toko berlian, biasanya informasi terkininya dirilis pada hari Jumat. Kamu bisa menanyakan langsung kepada pelayan toko untuk mengetahui Rapaport ter-update. Harga berlian kemungkinan akan berbeda dengan yang tercantum di Rapaport karena pihak toko juga memperhitungkan faktor potongan berlian, yang tidak ada di dalam Rapaport.

Memberikan Sertifikat Resmi

Selain K2WP, tentunya kamu ingat bila berlian yang asli harus memiliki sertifikat keaslian. Tips memilih toko berlian yang terakhir ini jangan sampai terlewatkan. Bila pihak toko tidak mau memberikan sertifikat, tentu kamu patut untuk curiga.

Sertifikat berlian yang didapat biasanya dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA), sebuah badan sertifikasi nirlaba yang memberikan penilaian-penilaian objektif terkait dengan keaslian sebuah berlian.

Itulah sedikit tips memilih toko berlian yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli perhiasan berlian. Tentunya, kamu tidak ingin perhiasan berlian yang kamu kenakan ternyata palsu atau KW, bukan? Apalagi bila kamu sudah membayar mahal untuk perhiasan tersebut. Hati-hati dalam memilih toko berlian agar kamu tidak kecewa nantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *