Mengenakan Cincin Sebaiknya di Jari Apa Ya

Mengenakan Cincin Sebaiknya di Jari Apa Ya?

Kamu hendak membeli cincin dan mendadak terpikir mengenai cincin sebaiknya di jari apa, karena berpikir kalau mengenakannya di jari manis memiliki makna yang terlalu berat. Ada yang mengenakan cincin hanya di jari manis, ada juga yang menghias tangan dengan sebuah cincin mungil di jari kelingking.

Namun, kamu juga menemukan lelaki menggunakan cincin berbatu akik di ibu jari, belum lagi para maniak batu akik yang mengenakan cincin mereka dengan berbagai macam bebatuan mulia di semua jari sampai untuk mengepalkan tangan saja rasanya sulit. Berbagai macam cara untuk mengenakan cincin ini kemudian menimbulkan tanya cincin sebaiknya di jari apa? Jari mana yang terbaik untuk mengenakan cincin?

Tentunya ada beberapa pertimbangan sebelum kamu tahu jawaban dari pertanyaan tadi. Cincin sebaiknya di jari apa, sesungguhnya tergantung dari setiap orang hendak mengenakannya di mana. Karena bagaimanapun, cincin adalah sesuatu yang personal dan setiap orang berhak mengenakan cincin dengan cara mereka sendiri. Akan tetapi, rupanya setiap jari pun memiliki pemaknaan mereka sendiri, yang mungkin bisa jadi pertimbanganmu sebelum pada akhirnya memutuskan untuk membeli cincin. Berikut beberapa makna dari setiap jari yang sudah kami rangkum:

Mengenakan Cincin Sebaiknya di Jari Apa? Cek Filosofinya Berdasarkan 5 Jari

Image result for all finger with ring
  • Jempol

Jempol adalah satu-satunya jari yang tidak diasosiasikan dengan nama planet. Meski begitu, jempol sendiri merupakan jari yang erat kaitannya dengan otak kamu. Ada yang percaya kalau jempol kamu melambangkan kepribadian yang kamu miliki, bila kamu memiliki jempol yang lebih panjang dibandingkan keseluruhan jari, konon itu berarti kamu memiliki hidup akademis yang cemerlang, kepercayaan diri yang tinggi, serta lebih memiliki inisiatif dalam romansa.

Bila kamu kurang peduli dengan artinya, sebenarnya jempol sendiri adalah tempat paling tepat untuk meletakkan statement piece atau perhiasan yang paling melambangkan dirimu. Sehingga, bila kamu memiliki sebuah fashion ring yang berukuran cukup besar dan bingung hendak meletakkan cincin sebaiknya di jari apa, maka jempolmu bisa menjadi salah satu opsi. Hanya saja, jempol merupakan salah satu jari dominan yang seringkali kamu pakai di dalam hidup sehari-hari. Sehingga, bila kamu memiliki pekerjaan atau keseharian yang membutuhkan aktivitas fisik, maka sebaiknya gunakanlah cincin di tangan yang bukan dominan. Bila tidak kidal, kenakan di tangan kiri, sementara untuk yang kidal bisa menggunakan jari di jempol kanan!

  • Telunjuk

Jari telunjuk selain merupakan jari paling dominan di kehidupan sehari-hari, rupanya juga merupakan jemari yang dinamakan jari Jupiter, nama sebuah planet terbesar di tata surya. Jari telunjuk juga merupakan lambang kepemimpinan, dimana jari telunjuk yang panjang dipercaya sebagai pertanda bahwa empunya adalah orang yang pintar dan ambisius. Di dunia modern, dipercaya bahwa mengenakan cincin di telunjuk menandakan penandanya masih single dan tengah mencari pasangan hidup.

Akan tetapi, bila laki-laki memikirkan cincin sebaiknya di jari apa, telunjuk adalah pilihan yang umum bagi kaum adam. Selain menandakan kekuasaan dan status sosial di beberapa kebudayaan, telunjuk juga kerap dijadikan letak penggunaan cincin dengan simbol keluarga. Akan tetapi, untuk orang Yahudi, terdapat kebiasaan untuk meletakkan cincin nikah di telunjuk kanan. Perlu diingat bahwa menggunakan cincin di telunjuk terkadang mengganggu bagi kehidupan sehari-hari. Bila kamu ingin mengenakan cincin di jari ini, carilah desain yang simpel, ya, supaya kamu bisa beraktivitas dengan nyaman!

  • Jari tengah

Jari tengah juga disebut sebagai jari Saturnus dalam ilmu pembacaan tangan, sebuah planet yang identik dengan cincinnya. Ada yang bilang kalau jari tengah melambangkan tanggung jawab dan kedekatan pada alam. Di sisi lain, ada yang menggunakan cincin di jari tengah untuk menyatakan bahwa pemakainya sudah memiliki kekasih, walau belum bertunangan. Namun, di era modern, tidak ada makna khusus yang melekat ke jari tengah. Jari ini sendiri rupanya bukanlah jari yang sering dipilih orang untuk menggunakan cincin sebaiknya di jari apa. Adapun yang mengenakan cincin di jari tengah, biasanya adalah pemakai cincin pertama kali atau lelaki.

Mengenakan cincin di jari tengah bisa membuat kamu nyaman, karena letaknya yang di tengah membuatmu lebih bisa menyerukan pernyataan/statement bersamaan dengan cincin yang kamu pakai. Jari tengah juga membuat cincin yang kamu kenakan terasa lebih kokoh. Hanya saja, letaknya yang bersebelahan dengan telunjuk, membuatmu harus memikirkan baik-baik desain yang harus kamu pilih. Bila mengenakan cincin yang terlalu besar, kemungkinan akan mengganggu dalam aktivitas kamu sehari-hari. Untuk kamu yang ingin terlihat feminin, sebaiknya juga berpikir dua kali untuk menggunakan cincin di jari tengah, ya! Karena dipercaya bahwa cincin di jari tengah, terkadang akan memberi kesan maskulin!

  • Jari manis

Jari manis sendiri dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘ring finger’ atau dengan kata lain, jari tempat meletakkan cincin. Penyebutan ini ada benarnya, karena memang di banyak kebudayaan, jari manis selalu menjadi tempat terbaik untuk meletakkan cincin. Sehingga ada pandangan umum, di saat kamu bertanya cincin sebaiknya di jari apa, jawabannya sudah pasti: jari manis. Peletakan di jari manis, yang disebut Matahari/Apollo dalam dunia pembacaan jari tangan, menyebabkan pemakainya akan nampak bersinar dan dipercaya mengenakan aksesoris di jari manis akan menambah antusiasme kamu dalam hidup! Usut punya usut, rupanya makna pemakaian cincin di jari manis ini ada bermacam-macam. Simbol pernikahan, simbol pertunangan, simbol janji, sampai simbol keperawanan dan kemurnian.

Ada budaya yang mengenakan cincin tunangan di jari manis tangan kiri dan memindahkan cincinnya di jari manis tangan kanan, begitu pula sebaliknya. Apapun itu, semuanya memiliki kesamaan, yakni janji. Akan tetapi, kamu bisa membuat interpretasimu sendiri mengenai jari manis, terutama mengingat cincin di jari ini juga melambangkan kreativitas pemakainya. Tentu pemandangan adanya cincin di jari manis tidak asing dan jangan takut dianggap membosankan bila mengenakan cincin di jari manis! Toh, desain cincin di pasaran juga ada beraneka macam dan tidak pernah membuat bosan.

  • Kelingking

Kelingking, walaupun menjadi jari terkecil, ternyata membawa berbagai makna dalam dunia pakai-memakai cincin. Jari yang juga disebut jari Merkurius ini sering dikaitkan sebagai jari yang berkaitan erat dengan profesionalitas dan kepintaran. Tidak heran, di beberapa asosiasi, cincin pada kelingking hanya digunakan oleh mereka yang sudah meraih gelar S2 dari sebuah ranah ilmu pengetahuan, walau tradisi ini tidak menyebar luas. Khusus untuk pria, sejak abad pertengahan, cincin dengan emblem keluarga seringkali dikenakan di jari kelingking, sebab jari kelingking yang kecil dan letaknya berjauhan dengan jemari lain, membuatnya lebih menonjol untuk menunjukkan sebuah statement piece.

Bila dikenakan di tangan yang aktif, cincin di kelingking menyimbolkan intelektualitas tinggi dan kemampuan mengekspresikan diri sendiri, sementara bila dikenakan di tangan yang pasif, menyimbolkan orang itu adalah pendengar yang baik. Akan tetapi, bila kamu bertanya cincin sebaiknya di jari apa dan memilih untuk menggunakannya di kelingking, jangan takut dikira seorang mafioso, ya! Walau kita sering melihat di film-film bahwa mafia mengenakan cincin mereka di kelingking, sampai sekarang belum ada bukti di kehidupan nyata mengenai hal itu. Penggunaan cincin untuk para mafia di kelingking adalah sebuah gimmick yang diciptakan dunia sinema Hollywood, bukan referensi dari kehidupan nyata. Dahulu, cincin di kelingking juga pernah dikenakan untuk menyimbolkan status pernikahan juga, ternyata! Akan tetapi, kebiasaan ini sudah ditinggalkan sejak abad ke-19. Di masa sekarang, menggunakan cincin di kelingking acapkali dijadikan ajang untuk menyatakan diri kamu! Semacam meneriakkan, “Aku memang seperti ini orangnya!” tapi menggunakan cincin.

Jadi, memakai cincin sebaiknya di jari apa?

Bila dilihat-lihat lagi, seharusnya di sini kamu bisa menyimpulkan, bahwa pada akhirnya pemakaian cincin sebaiknya di jari apa pun akan tergantung pada si pemakai. Entah kamu hendak mengikuti tradisi yang sudah ada turun-temurun, ilmu perbintangan, sampai kepercayaan mengenai hubungan tiap jari dengan elemen tata surya, bagaimana pun juga kamu bisa memilih sendiri ingin bergaya dengan cincin seperti apa dan dimana.

Mengingat sekarang desain cincin juga sudah bermacam-macam, kamu bisa bebas memilih sesuai dengan gaya dan tujuan pemakaian cincin itu. Belum lagi, ada juga sekarang fashion ring atau cincin fashion yang digunakan di semua jari! Wah, bukankah dengan adanya hal seperti ini, akan membuat pilihanmu semakin luas?

Mau satu, dua, tiga, sampai lima dan sepuluh jari, semua bisa dilakukan di era sekarang. Selama kamu merasa nyaman dan percaya diri, mengenakan cincin di manapun tidak masalah. Sehingga, bila kamu bertemu lagi dengan pertanyaan “Cincin sebaiknya di jari apa?” Tentu kamu dan kepribadianmu sudah bisa memutuskan hendak mengenakan cincin di mana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *