Keindahan Batu Moissanite yang Jadi Pilihan Alternatif Pengganti Berlian yang Lebih Terjangkau

Batu permata menjadi salah satu komponen perhiasan yang cukup penting. Fungsi batu permata pada perhiasan tidak hanya menambah estetika atau seni dan keindahan, tapi juga menambah nilai dan maknanya. Seperti batu moissanite yang dikenal dengan keindahannya yang menyerupai berlian. Bahkan, moissanite juga sering dijadikan alternatif pengganti batu berlian.

Tidak hanya karena keindahannya saja, batu moissanite juga punya beberapa keunggulan lain dan ciri khas yang menjadikan batu permata ini sebagai dambaan para wanita. Yuk cari tahu lebih banyak tentang batu moissanite!

Asal Usul Batu Moissanite

raw moissanite
Raw Moissanite | Foto: Reddit

Batu moissanite pertama kali ditemukan oleh ilmuan Prancis, Dr. Henry Moissan pada tahun 1893. Moissan menemukan kristal di dalam sebuah kawah meteorit yang jatuh di Barringer Crater, Arizona, Amerika Serikat. Awalnya, Moissan mengidentifikasi kristal tersebut sebagai berlian, tetapi setelah diteliti lebih dalam ternyata memiliki bentuk mineral yang berbeda. Kristal tersebut terdiri dari karbida silikon (SiC) dan memiliki sifat-sifat unik lain yang membedakannya dari berlian dan batu permata lainnya.

Penemuan tersebut terus dikembangkan untuk bisa menciptakan batu permata yang disintesis, sayangnya upaya Moissan gagal hingga akhir masa hidupnya. Barulah pada tahun 1958, batu kristal seperti yang ditemukan Moissan berhasil disintesis oleh ilmuwan penerusnya. Batu Kristal tersebut pun diproduksi secara besar dari laboratorium. Sejak saat itu batu kristal tersebut dinamai batu moissanite untuk mengabadikan penemuan Moissan.

Sejak berhasil diproduksi secara sintetis, batu moissanite semakin berkembang dan populer di industri perhiasan. Kemiripannya dengan berlian dan sifat-sifat unik yang dimilikinya membuat batu moissanite menjadi batu permata favorit bagi pencinta perhiasan.

Sifat-sifat Unik Batu Moissanite

batu moissanite
Foto: via wikimedia.org

Meski sudah dinyatakan bahwa batu moissanite berbeda dengan batu berlian, tapi batu ini tetap banyak diminati, karena karakter atau sifat-sifat uniknya yang membedakan dengan batu permata lainnya. Berikut sifat-sifat unik batu moissanite:

  • Kilau khas moissanite

Salah satu daya tarik utama batu moissanite adalah kemilaunya yang menakjubkan. Hal ini karena batu moissanite memiliki indeks refraksi yang tinggi, sehingga menciptakan kilau yang lebih besar daripada berlian. Saat terkena cahaya, batu moissanite akan memunculkan kilau yang memikat mata, dan memberikan kesan yang mewah.

Perlu kamu tahu bahwa moissanite dan berlian memantulkan cahaya dengan cara yang berbeda, karena pola seginya berbeda. Pada moissanite, cahaya yang mengenai permukaannya ditekuk dan dibiaskan, sehingga memancarkan dispersi yang lebih banyak. Hal ini tidak terjadi pada berlian yang hanya mengalami pembiasan tunggal. Hal inilah yang membuat moissanite seringkali dinilai lebih memikat dibanding berlian, secara tampilannya.

  • Ketahanan batu yang tinggi

Tidak hanya dari segi keindahan saja, batu moissanite juga memiliki tingkat kekerasan atau ketahanan yang tinggi, bahkan mendekati berlian. Moissanite memiliki skor 9,25 pada skala kekerasan Mohs, sementara berlian memiliki skor 10 pada skala yang sama. Hal ini membuat moissanite tahan terhadap goresan dan aus. Sebagai salah satu batu permata terkeras di dunia, moissanite mampu bertahan seumur hidup, bahkan bila dipakai sehari-hari.

  • Ketahanan panas yang tinggi

Kekuatan batu moissanite tidak hanya pada anti-goresnya saja, tapi juga tahan terhadap panas yang tinggi. Sehingga, batu moissanite lebih tahan terhadap perubahan suhu dibanding dengan batu berlian.

Pengukuran Batu Moissanite

Diketahui bahwa berlian dinilai berdasarkan 4C (Carat weight, Color grade, Clarity grade, dan cut grade) atau berat karat, warna, kejernihan dan potongan). Demikian pula pada batu moissanite yang diukur dengan penilaian yang sama seperti berlian. Kendati demikian, sebagai batu yang diproduksi di laboratorium, moissanite hampir memiliki nilai kejernihan yang sempurna dan sama. Bahkan secara kualitas nyaris sempurna alias sangan minim kecacatan.

Batu Moissanite sebagai Batu Ramah Lingkungan

berapa harga berlian moissanite
Permata Moissanite

Batu moissanite alami terbentuk dalam kondisi yang sangat spesifik, oleh karena itu sangat jarang ditemukan di alam. Penemuan yang sangat langka itu biasanya didapat dari kimberlit, lamproit, dan meteroit. Berkat temuan para ilmuwan modern, moissanite saat ini berhasil direplikasi dengan karakter yang sama dengan aslinya, secara laboratorium.

Untuk mendapatkan batu moissanite yang berkualitas tidak memerlukan aktivitas penambangan, sehingga moissanite sering dijuluki batu permata ramah lingkungan. Bahkan, dalam produksinya hampir bisa dipastikan bahwa moissanite tidak menggunakan praktik tenaga kerja tak etis.

Harga Moissanite

Bicara soal harga, moissanite memang jauh lebih murah daripada berlian. Kisarannya 10 persen dari harga berlian, atau sekitar USD 500 per karat, sedangkan berlian sekitar USD 5000 hingga USD 10000 per karat, tergantung faktor 4C. Jika dilihat dari karakter atau sifatnya yang unik dan harganya, tidak heran bila moissanite menjadi alternatif penggunaan berlian yang lebih terjangkau.

Perawatan Moissanite

permata Moissanite
Cincin permata Moissanite

Sebagai salah satu batu permata terkuat dan memiliki ketahanan yang tinggi, sehingga anti-gores, tapi batu moissanite tetap membutuhkan perawatan dan pembersihan yang tepat. Berikut beberapa cara perawatan moissanite:

  • Cuci dengan air hangat dan sabun lembut

Siapkan mangkuk berisi air hangat dan sabun. Gunakan sabun cair yang ringan dan tidak mengandung busa yang berlebihan. Busa berlebih bisa meninggalkan bekas pencucian pada permukaan batu. Gunakan sikat yang lembut jika membutuhkan pembersihan maksimal, atau gunakan handuk jika untuk pencucian biasa.

  • Rendam dan cuci dengan air dingin

Selain menggunakan air hangat, kamu juga bisa menggunakan air dingin dengan cara merendamnya dengan larutan pembersih rumah tangga, seperti pencuci piring. Diamkan perhiasan moissanite terendam sekitar 10 menit. Kemudian sikat bagian belakang yang biasanya menjadi penumpukkan kotoran.

  • Hindarkan dari bahan kimia keras

Moissanite memang tahan terhadap bahan kimia, tetapi sebaiknya hindari paparan bahan kimia keras seperti pemutih klorin. Hal ini karena bahan kimia klorin bisa merusak lapisan batu dan mengakibatkan perubahan warna mempengaruhi kilauannya.

Itulah beberapa hal tentang batu moissanite yang perlu kamu ketahui. Meskipun memiliki beberapa kesamaan dengan berlian, namun bukan berarti moissanite menjadi bagian dari jenis berlian, ya. Dari segi produksi, moissanite memang menjadi pilihan etis bagi pengguna perhiasan yang mendukung aktivitas ramah lingkungan.

Temukan berbagai inspirasi perhiasan terbaru dan berkelas di V&Co Jewellery. Ada beragam pilihan perhiasan untuk kebutuhan pernikahan, hingga hadiah untuk orang tersayang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *