aksesoris pengantin wanita hijab

Inspirasi Aksesoris Pengantin Wanita Hijab Untuk Tampilan Cantik dan Elegan

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan menawan di hari pernikahannya. Itulah mengapa banyak yang mencari berbagai referensi riasan dan busana pengantin wanita. Pastinya kita sudah tidak asing dengan berbagai model rambut dan hiasan untuk pengantin wanita, bukan? Lalu bagaimana dengan aksesoris pengantin wanita yang berhijab? Kira-kira hiasan apa saja ya yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan wanita berhijab di hari pernikahannya?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips dan inspirasi aksesoris pengantin wanita hijab yang bisa kamu pakai untuk melengkapi baju pengantin. Yuk simak!

Tips Memilih Aksesoris Pengantin Wanita Hijab

aksesoris pengantin mewah hijab
Foto via instagram/nurbanhamid

Bagi sebagian orang, menggunakan hijab di hari pernikahan saja sudah cukup. Kamu bisa memilih warna atau motif yang senada dengan baju pengantin. Namun kamu juga bisa menambahkan aksesoris pengantin wanita hijab untuk mempercantik penampilan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih aksesoris pengantin wanita hijab untuk kamu:

1. Sesuaikan dengan tema pernikahan

Aksesoris adalah tambahan berupa hiasan maupun ornamen pada busana pengantin yang bisa melengkapi dan mempercantik penampilanmu. Untuk itu, pastikan agar desain aksesoris pengantin wanita hijab yang dipilih sudah sesuai dengan konsep pernikahan yang diusung. Jangan sampai aksesoris yang kamu pakai bertolak belakang dengan tema pernikahan karena hal ini akan membuat tampilanmu menjadi tidak sedap dipandang.

Seperti misalnya saja kamu menggelar pernikahan outdoor di taman, maka kamu bisa menggunakan aksesoris tambahan rangkaian bunga sebagai mahkota, aksesoris berupa dedaunan, atau bahkan aksesoris berbentuk buah-buahan. Dengan begitu, penampilan kamu akan terlihat semakin segar dan menarik.

2. Sesuaikan dengan busana pengantin

Tidak hanya menyesuaikan dengan tema pernikahan saja, kamu juga perlu memilih aksesoris yang pas dipadukan dengan busana pengantin yang dipakai. Kamu bisa mulai memilih aksesoris dari segi warna, desain, atau motifnya. Sandingkan terlebih dahulu dengan busana pengantin dan lihat apakah cocok jika dipakai bersamaan. Jika terlihat aneh atau tidak pas, kamu bisa mencari aksesoris lainnya yang bisa melengkapi penampilan di hari bahagiamu.

3. Pilih bahan yang nyaman

Aksesoris pengantin wanita hijab bisa kamu pakai pada saat akad, resepsi, atau keduanya. Aksesoris ini bisa kamu pakai dalam waktu sekejap maupun seharian. Untuk itu, kamu harus memilih aksesoris dengan bahan yang nyaman. Hal ini bertujuan agar kamu tetap bisa menikmati acara pernikahanmu sendiri dengan tampil menarik dan tidak terganggu dengan bahan aksesoris.

Seperti misalnya saja kamu menggunakan tambahan kain atau tudung kepala, kamu bisa memilih bahan yang lembut dan tidak melukai atau membuat iritasi area kepala agar kamu tetap nyaman selama memakai aksesorisnya.

4. Jangan sampai aksesoris mengurangi ruang gerakmu

Tambahan aksesoris pada busana pengantin terkadang membuat ruang gerakmu menjadi terbatas. Seperti misalnya saja pemakaian selendang yang bisa membuatmu tidak bebas bergerak karena harus menjaga keseimbangan selendang pada bahu agar tidak merosot ke bawah. Hal ini bisa diantisipasi dengan pemakaian peniti yang disematkan pada selendang ke baju pengantin.

Atau ada juga pemakaian mahkota maupun tiara yang terlalu berat, sehingga membuat leher kamu merasa pegal karena kamu harus menjaga posisi kepala tetap tegak untuk menahan aksesorisnya. Jadi pastikan juga kamu memakai aksesoris pengantin wanita hijab yang ringan dan nyaman, ya.

6. Jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris

Ada banyak jenis aksesoris yang bisa kamu pakai. Mulai dari aksesoris untuk kepala hingga kaki. Namun kamu cukup menggunakan beberapa aksesoris saja agar tubuh tidak terlihat terlalu ramai.

Tentu sebagai pengantin wanita, kamu perlu tampil sebagai wanita paling cantik dan elegan. Namun pemakaian aksesoris yang terlalu banyak bukanlah solusinya. Apalagi jika tema pernikahan yang kamu usung adalah pernikahan sederhana. Jadi kamu bisa menyesuaikan pemakaian aksesoris secukupnya agar kamu tetap bisa menjadi pusat perhatian tanpa memakai aksesoris berlebihan.

Inspirasi Aksesoris Pengantin Wanita Hijab

Aksesoris pengantin wanita yang populer digunakan adalah mahkota, tiara, hingga perhiasan. Lalu, bagaimana dengan aksesoris pengantin wanita berhijab? Apakah bisa memakai aksesoris itu juga? Bisa banget, dong! Hanya karena kamu memakai hijab, bukan berarti pilihan aksesoris busana pengantinmu menjadi terbatas. Justru kamu memiliki lebih banyak pilihan aksesoris yang bisa dipakai untuk melengkapi pakaian pengantinmu. Yuk simak aksesorisnya di bawah ini!

1. Rangkaian bunga

aksesoris hijab pengantin
Foto via instagram/ayundariresya

Pernikahan tidak jauh dari hiasan bunga. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan hal ini dan menggunakan rangkaian bunga sebagai hiasan kepala. Bunga yang dipakai bisa menggunakan bunga asli maupun imitasi.

Kamu bisa menggunakan bunga asli jika hanya dipakai dalam waktu beberapa jam saja agar kesegaran bunga tetap terjaga. Bunga asli memang terlihat lebih cantik dan menawan, namun pemakaian bunga asli bisa meninggalkan bekas yang tidak diinginkan pada hijab.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan rangkaian bunga imitasi yang tidak akan layu, tidak meninggalkan bekas, dan mudah untuk dibentuk sesuai dengan ukuran kepala. Tapi apapun pilihannya, pastikan agar memilih jenis dan warna bunga yang sesuai dengan gaun pengantin, ya!

2. Bros/headpiece

aksesoris hijab pengantin
Foto via instagram/ayundariresya

Aksesoris pengantin wanita hijab berikutnya adalah bros. Ada banyak desain dan ukuran bros yang bisa kamu pilih. Pemakaiannya sendiri beragam. Bros pengantin seperti ini bisa kamu pakai untuk melengkapi hijab atau bisa dipakai pada kebaya. Bisa juga kamu gunakan sebagai penahan selendang di bahu agar tampilan semakin elegan.

3. Mahkota atau tiara

pengantin hijab mahkota
Foto via instagram/ayundariresya

Tampil cantik dan mewah dengan tambahan mahkota atau tiara yang cantik ini. Tersedia berbagai pilihan bahan, desain, dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan tema dan busana pengantin yang dipakai. Karena mahkota ini dipakai di kepala, kamu harus memastikan agar mahkota yang dipilih tidak terlalu berat untuk dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Tentunya hal ini bertujuan agar kepala tidak terasa sakit dan leher tidak pegal selama memakai mahkotanya.

4. Veil

aksesoris wedding hijab
Foto via instagram/ayundariresya

Veil biasanya digunakan pada pernikahan umat Kristiani di mana veil atau tudung ini bertujuan untuk menutupi wajah pengantin wanita sebelum sah dinyatakan sebagai seorang istri. Namun saat ini, veil dapat digunakan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang agama atau sukunya.

Biasanya warna veil ini akan sama atau senada dengan pakaian pengantin yang kamu gunakan. Untuk desainnya sendiri ada yang sederhana dengan warna polos, sedikit terawang, dan tanpa tambahan ornamen apapun. Namun ada juga veil dengan desain rumit dengan tambahan motif, payet, hingga sulaman. Semua bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan konsep pernikahan.

5. Kalung

pengantin adat jawa jogja putri hijab
Foto via instagram/dwiputri_official

Aksesoris pengantin wanita hijab berikutnya adalah kalung. Perhiasan ini kurang populer untuk digunakan oleh pengantin berhijab karena dirasa terlalu ramai dan membuat bagian leher terlihat ‘penuh’. Namun aksesoris ini bisa menjadi pelengkap busana pengantinmu jika model hijab yang dipakai tidak menumpuk di area leher.

Selain itu, kamu juga bisa memilih desain kalung yang tetap terlihat elegan saat dipakai. Pastikan kamu memilih kalung yang senada dengan busana pengantin namun tetap terlihat menonjol dan membuat penampilan kamu semakin menarik.

6. Matha Patti

aksesoris pengantin hijab
Foto: via Pinterest

Ingin tampil mewah dan elegan seperti pada pernikahan orang India? Kamu bisa memakai matha patti yang menawan ini!

Matha patti ini sendiri adalah hiasan kepala yang digunakan oleh pengantin wanita India. Dengan bentuk melengkung yang mengikuti bentuk kepala yang menutupi bagian kening dan perbatasan rambut.

Desainnya terbilang rumit dengan rangkaian bersusun dan satu liontin besar yang diletakkan di bagian dahi. Karena keindahan dan keunikannya ini, matha patti banyak dipilih sebagai aksesoris pengantin wanita hijab.

Itu dia 6 rekomendasi aksesoris pengantin wanita hijab yang banyak digunakan untuk melengkapi busana pernikahan. Mana aksesoris yang menarik dan paling pas buat kamu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *