Budget Pernikahan Sederhana

Budget Pernikahan Sederhana

Pernikahan tidak dilihat dari seberapa besar budget pernikahanyang harus dikeluarkan, melainkan seberapa besar rasa cinta yang melandasinya.

Indonesia sempat digemparkan dengan fenomena budget pernikahan yang cukup fantastis. Sepasang pengantin asal Surabaya menyelenggarakan pernikahan dengan budget yang terbilang cukup megah dan fantastis. Pasangan yang dikenal dengan julukan Crazy Rich Surabayan ini mengeluarkan biaya sebesar Rp 10 Miliar. Sungguh angka yang fantasis, bukan?

Berbeda dengan fenomena ‘Crazy Rich Surabayan’, Suhay Salim seorang beauty vlogger asal Indonesia pun memiliki kisah unik tentang budget pernikahannya. Suhay yang baru saja menggelar pernikahannya yang terbilang sangat simpel. Suhay dan pasangannya memilih untuk menikah di KUA dan hanya mengenakan jeans. Sudah pasti budget yang dikeluarkan Suhay dan pasangannya berbeda jauh dengan pasangan ‘Crazy Rich Surabayan’ yang fenomenal.

Lantas apakah itu menjadi masalah? Jelas tidak. Perbedaan budget pernikahan antar kedua pasangan tersebut tidak akan berpengaruh pada lancar atau tidaknya bahtera rumah tangga mereka. Pernikahan tidak dilihat dari seberapa besar budget yang harus dikeluarkan, melainkan seberapa besar rasa cinta yang melandasinya. Jadi, berikut ini tips untuk pasangan pengantin yang ingin menikah dengan budget yang tidak terlalu menguras isi dompet:

Memilih Konsep Sebelum Budget Pernikahan

Setiap pasangan pasti memiliki dream weddingnya sendiri. Tidak jarang impian tersebut harus sirna karena budget pernikahan yang tipis.

Solusinya adalah rancang konsep sesederhana mungkin, tetapi tetap berkesan. Pesta pernikahan tidak melulu soal dekorasi atau maskawin logam mulia atau gaun yang mewah. Salah satu contoh konsep pernikahan yang kekinian saat ini adalah garden party. Simpel tapi unik, bukan?

  • Memilih Venue

Setelah memilih konsep pernikahan, calon pengantin bisa menentukan mau menyelenggarakannya dimana. Biaya sewa gedung mahal? Tenang saja. Saat ini banyak alternatif tempat untuk bisa dijadikan venue pernikahan. Calon pengantin bisa memilih restoran yang memiliki tempat outdoor atau indoor yang menyediakan space untuk menggelar pernikahan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tamu undangan biasanya akan mengincar catering pernikahan. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa pasti calon pengantin ingin menyajikan hidangan terbaik untuk para tamu undangan. Tak jarang tamu akan memilih menu makanan yang jarang ditemui sehari-hari, sehingga menu mainstream lainnya cenderung tidak terjamah sampai akhirnya bersisa. Namun, calon pengantin harus pandai-pandai dalam menyiasatinya demi menghemat budget pernikahan.

Calon pengantin bisa memilih beberapa menu yang lezat untuk dihidangkan dengan porsi yang banyak. Prediksilah menu yang sekiranya tidak disukai oleh tamu. Dengan begitu, calon pengantin tidak perlu membuang kocek banyak demi makanan yang tersisa.

  • Sovenir Pernikahan

Sovenir memang menjadi salah satu incaran dari tamu undangan. Kedok membuat sovenir mahal demi embel-embel “untuk kenang-kenangan” merupakan salah satu hal yang terkadang membuat budget pernikahan membengkak. Pilihlah sovenir dengan harga yang terjangkau, tapi tetap berkesan bagi tamu, semisal hiasan dinding yang dibuat sendiri.

  • List Undangan

Calon pengantin tidak perlu mengundang seluruh kerabat yang hanya sekedar tahu. Undanglah mereka yang kenal dekat dan akrab saja. Semakin sedikit yang diundang, semakin kecil pula budget pernikahan yang harus dikeluarkan.

  • Menabung

Ini yang terpenting, tidak ada salahnya jika mulai menabung dan berhemat demi menikah. Belum ada calon pasangan untuk diajak menikah? Itu bukan alasan untuk tidak menabung. Sejak awal, sisihkan uang untuk persiapan menikah. Jangan untuk bersenang-senang saja.

  • Komunikasi

Pernikahan bukanlah hal yang harus diurus sendirian. Komunikasikan semua tentang rencana pernikahan ke keluarga dan pasangan, mulai dari kesiapan, tanggal, hingga budget pernikahan yang dipunya. Jangan jadikan pernikahan sebagai beban pribadi. Mintalah bantuan kepada keluarga dan pasangan apabila ada masalah dalam perencanaan pernikahan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.