cara menjaga hubungan

Cara Menjaga Hubungan agar Selalu Harmonis

Setelah melangsungkan acara pernikahan, kamu baru mulai menjalin hubungan yang sebenarnya dengan pasanganmu. Sebagai pengantin baru, kamu harus memahami cara menjaga hubungan agar selalu harmonis dengan pasanganmu setiap hari.

Hubungan harmonis antara suami dan istri merupakan hal ideal yang diimpikan semua pasangan yang ada di dunia. Banyak sifat-sifat pasangan yang tidak akan tampak saat kamu baru pertama kali mengenalnya, tetapi jika kamu sudah mengenal lebih jauh apalagi suami istri maka akan tampak semua sifat aslinya.

cara menjaga hubungan

Setelah menikah, suami istri harus menjaga hubungan emosional dan kemesraan agar ikatan pernikahan tetap romantis. Ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari sering mengucap kata cinta hingga menjaga perasaan pasangan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Banyak rumah tangga yang retak setelah menikah bertahun-tahun. Kebanyakan dari mereka mengalami masalah komunikasi. Bagi kamu yang ingin memiliki hubungan selalu harmonis, tetapi tidak memiliki banyak waktu luang dengan pasanganmu, berikut ada beberapa cara menjaga hubungan agar selalu harmonis dalam berumah tangga:

1 Sediakan waktu berdua setiap hari

Jika kamu ingin memiliki pernikahan yang harmonis, kamu harus bisa meluangkan waktu untuk pasanganmu setiap harinya minimal selama 15 menit. Kamu bisa sekedar menonton televisi bersama atau berdiskusi mengenai apapun.

Jika kamu sudah memiliki si kecil, kamu bisa mengajak si kecil untuk gabung denganmu dan pasanganmu sambil mengajak anak bermain, karena hal ini dapat menambah keintiman hubunganmu dan pasangan.

2 Hindari penggunaan benda elektronik saat bersama pasangan

Kamu bisa menghindari semua gadget saat sedang bersama dengan pasanganmu. Dengan jangka waktu 10 sampai 15 menit kamu bisa menyingkirkan semua benda elektronik seperti hp, laptop, dan televisi yang dapat menimbulkan suasana yang berbeda.

Kamu dapat melakukan aktivitas ini saat ingin tidur dan melakukan perbincangan ringan seperti bercerita dengan pasanganmu mengenai aktivitas yang kamu lakukan hari ini.

3 Bersikap terbuka

Ketika seseorang berpikiran bebas dan berpikiran terbuka, ini memungkinkan pasangan untuk terus terang dalam mengungkapkan perasaan, pikiran, mimpi dan keinginan, yang memungkinkan kamu untuk benar-benar mengenalnya. Keterbukaan pasangan juga merupakan indikasi minatnya dalam pengembangan pribadi dan sering berkontribusi pada pengembangan hubungan.

4 Ciptakan romantisme

Suasana romantis akan terjadi jika kamu atau pasanganmu memiliki sikap yang romantis. Siapa pun akan sepakat dengan sikap dan suasana romantis yang tercipta menjadi factor pendukung dari harmonisnya sebuah hubungan.

Memang tidak semua orang bisa melakukan hal yang romantis, tetapi setiap orang memiliki bakat romantis yang ada pada dirinya masing-masing. Bagi kamu yang tidak terbiasa dengan sikap romantis, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan hal-hal yang kecil yang dapat menyenangkan hati pasangan jika melakukannya dengan tulus.

Misalnya, dengan membangunkan pasangan dan menyiapkan sarapan, membisikkan kalimat sayang di telinganya saat beranjak tidur, memberikan kata-kata positif saat akan melakukan aktivitas di pagi hari, atau membelikan barang kesukaannya.

5 Temukan hal-hal baru dari pasangan

Meski hal ini terlihat sederhana, namun cara ini efektif memberikan ruang satu sama lain untuk menyesuaikan diri. Kedua pasangan sebaiknya sama-sama melakukannya dengan tujuan untuk membahagiakan pasangan.

Tipsnya, jangan merasa seperti mengetahui semua hal tentang pasangan. Ingat bahwa kamu dan pasangan adalah dua pribadi yang berbeda.

6 Saling memberi pujian

Memberi pujian kepada pasangan menjadi hal yang dipercaya dapat meingkatkan keharmonisan dalam berumah tangga, karena kamu selalu mensupport apa pun yang pasanganmu lakukan dan memberi pujian jika pasanganmu melakukan hal yang membanggakan.

Memuji akan membuat perasaan pasangan kamu berbunga-bunga. Memuji juga akan membuat pasangan kamu merasa dihargai oleh pasangannya. Dengan saling memuji, hal itu akan menciptakan ‘prestasi’ tersendiri untuk pasangan. Cara menjaga hubungan satu ini bisa lancar jika kamu rutin melakukannya.

7 Saling menguatkan

Pada poin ini saling menguatkan adalah hal yang harus selalu dilakukan dalam berumah tangga. Jika salah satu pasangan sedang berada di posisi yang sulit, maka idealnya pasangannya menjadi penguat dan selalu mendukung pasangannya dalam keadaan apapun.

Masih ada beberapa kasus yang terjadi sebaliknya. Mereka tidak bisa menerima atau menjadi penguat saat pasangannya sedang berada di posisi sulit. Ia bisa saja menghindar karena menganggap bahwa kesulitan yang dihadapi pasangannya akan mengurangi sisi-sisi kebahagiannya dan kesenangannya.

8 Saling pengertian

Banyak kasus perceraian yang terjadi dikarenakan kurangnya pengertian dari masing-masing pihak. Suami atau istri akan merasa sulit menerima kekurangan atau kelebihan pasangan apabila rasa pengertian tidak saling tumbuh.

Sebaiknya, jika kamu sudah memutuskan untuk berumah tangga, masing-masing pihak baik itu istri maupun suami sudah siap menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan. Menjaga hubungan suami istri dapat dilakukan dengan menerima pasangan dalam segala kondisi buruk sekalipun.

9 Berlibur bersama

Meluangkan waktu berlibur bersama pasangan dapat membuat hubungan menjadi lebih intim. Pergilah berlibur ke destinasi wisata yang telah disepakati dan nikmati momen tersebut dengan baik. Kamu dapat menitipkan anak kepada orang terdekat yang dapat dipercaya. Namun, jangan lupa untuk tetap rutin memantau kondisi anak.

10 Senyum dan tertawa lebih sering

Banyak orang yang mengatakan bahwa salah satu fitur favorit mereka di pasangannya adalah senyuman. Kamu bisa sering memberikan senyuman ke pasanganmu agar suasana hatimu dan pasanganmu selalu baik.

Tertawa juga penting untuk memiliki hubungan rumah tangga yang sehat. Pasangan kamu seharusnya menjadi sahabat kamu. Jika kamu tidak dapat bersenang-senang dan tertawa dengan mereka, maka ada sesuatu yang salah. Luangkan waktu untuk menemukan kembali selera humor kamu.

11 Bersikap jujur

Kejujuran dan keberanian merupakan kunci kebahagian yang harmonis bagi rumah tanggamu. Jika kamu melakukan kesalahan, maka kamu harus bergegas meminta maaf dan berani mengakuinya serta berjanji tidak akan mengulanginya.

Sikap tersebut tidak akan membuat kamu diremehkan bahkan dipandang sebelah mata oleh pasanganmu, karena jika kamu berani mengakui kesalahan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi kamu justru mendapatkan kepercayaan. Kesalahan itu akan dimaafkan serta pasanganmu akan selalu menghormatimu.

12 Saling mendoakan

Hubungan harmonis suami istri tidak akan pernah tercipta tanpa ada peran doa di dalamnya. Ritual saling mendoakan akan membuat masing-masing pasangan menjadi merasa sangat penting di mata pasangannya.

Menyelipkan doa-doa untuk pasangan kamu juga akan membuatnya menyadari bahwa pasangan kamu benar-benar mencintaimu. Libatkan selalu keberadaan Tuhan di tengah-tengah rumah tanggamu. Poin terakhir ini paling penting karena sangat berpengaruh dengan hubunganmu ke depannya.

Sebelum melangsungkan acara pernikahan, sebaiknya kamu mengetahui cara menjaga hubungan agar terciptanya hubungan yang sehat dan awet.  Dengan demikan diharapkan kebaikan-kebaikan akan selalu hadir di tengah-tengah keluarga sehingga hubungan harmonis suami dan istri tetap terjaga.  Kamu bisa mulai mendiskusikan hal-hal ini dengan pasanganmu guna menjaga hubungan rumah tangga yang selalu rukun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *