cara merawat berlian

Merawat Anting Berlian itu Penting

Anting berlian merupakan salah satu perhiasan yang banyak digemari, tidak hanya wanita bahkan pria pun banyak yang senang memakai anting berlian. Anting adalah perhiasan yang terpasang pada daun telinga. Jika kamu mempunyai anting berlian, merawat anting berlian sangatlah penting untuk menjaga anting berlianmu tetap bersinar dan awet.

Rata-rata orang memakai anting tidak hanya dipakai sesekali yaitu pada saat ada acara tertentu saja, tetapi orang memakai anting untuk digunakan setiap hari dan jarang dilepas. Bahkan, saat tidur pun anting bisa selalu dipakai. Tetapi, jika anting berlianmu terbuat dari berlian mahal dan memiliki harga yang tinggi, sebaiknya kamu memakai anting berlian hanya untuk acara tertentu saja guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya tindak kejahatan pencurian.

Anting berlian banyak digandrungi saat ini oleh masyarakat. Selain karena gemerlapnya yang indah, bentuk belian juga mulai beragam variasi dan memiliki harga yang beragam pula. Namun dari sekian banyak orang yang memiliki anting berlian, belum banyak yang paham bagaimana cara merawat dan membersihkan anting berlian dengan benar guna menjaga kilaunnya dan keindahannya.

Anting berlian mudah kotor dan kusam jika sering dipakai karena letak anting yang cukup strategis untuk aliran keringat. Tentunya anting lebih banyak menyerap keringat dan minyak dari kulit kepala. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan dan merawat anting berlianmu agar tetap berkilau.

1 Tempat Penyimpanan

Jika kamu memiliki lebih dari satu berlian dengan batu permata, kamu tidak dapat mencampurkan semua perhiasanmu dalam satu tempat. Sebaiknya, kamu pisahkan tiap berlianmu dengan menggunakan box khusus perhiasan agar tidak terjadi pergesakan antar berlian. Cara satu ini terbukti merawat anting berlian yang ampuh.

2 Jauhkan Anting Berlian dari Zat Kimia

Usahakan agar melepas anting berlianmu saat melakukan aktivitas yang berat seperti mandi, olahraga, make up, dan memasak. Guna menjauhkannya dari zat kimia seperti sabun, hair spray, make up, body lotion, dan parfum. Kamu bisa menggunakan anting berlianmu kembali sekitar 5 menit setelah menggunakan produk kosmetik dalam tubuh.

Olahraga dan memasak pun sebaiknya kamu tidak memakai anting berlian, karena pada aktivitas tersebut kamu akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya yang menyebabkan keringat tersebut menyerap pada anting berlianmu. Hal ini dapat menyebabkan anting berlianmu mudah kusam.

3 Membersihkannya Secara Rutin

Agar anting berlianmu terawat dengan baik, kamu harus rajin membersihkan anting berlianmu guna menjaga kualitas dari anting berlian tersebut.

Berikut ada cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan berlianmu dengan mudah dan aman, alat yang digunakan pun dapat kamu temukan dengan mudah.

Larutkan Pembersih Anting Berlian

Bahan-bahan dari larutan tersebut ialah larutan sabun cuci piring, larutan pembersih kaca, larutan air soda, dan air. Kamu juga dapat menyiapkan bahan-bahan khusus pembersih berlian yang dapat kamu beli di toko perhiasan, pusat perbelanjaan, apotek, sampai toko-toko serba ada.

Harga untuk larutan khusus pembersih berlian beragam, mulai dari yang terjangkau puluhan ribu sampai relatif mahal ratusan ribu rupiah. Setelah membelinya, lihatlah instruksi yang terdapat di dalam kemasan ataupun belakang botol. Hal ini untuk memastikan larutan tersbut aman untuk membersihkan berlian dan tentunya aman untuk digunakan dengan tangan telanjang atau tidak.

Caranya dengan menuangkan sedikit larutan pembersih perhiasan berlian ke dalam wadah seperti mangkuk atau wadah melengkung sebagai penahan agar tidak tumpah. Setelah itu, kamu bisa merendam anting berlianmu sampai semalaman. Setelah direndam, kamu dapat mengangkat anting dan membilasnya menggunakan air hangat, lalu keringkan dan poles menggunakan kain bebas serat.

Cara tersebut tidak sepenuhnya pelu dilakukan dengan sesuai, karena perlu dikolaborasikan dengan instruksi yang tertera di kemasan pembersih anting berlian. Jika ada tambahan cara dari instruksi tersebut, atau cara yang berbeda dengan di atas, sebaiknya kamu mengikuti cara dari instruksi yang terdapat pada kemasan.

Pakai Kain dan Sikat yang Tepat

Alat-alat yang digunakan untuk membersihkan berlian sangat perlu diperhatikan dengan baik. Pilihlah alat-alat pembersih seperti kan dan sikat yang berbahan lembut jika dipegang. Hal ini karena alat-alat pembersih yang kasar cenderung mengancam keawetan perhiasan, sehingga usia perhiasan semakin pendek atau cepat rusak.

Kamu dapat menggunakan sikat gigi yang memiliki ujung yang lembut, karena jika sikat gigi yang kamu gunakan kasar akan mengakibatkan tempat mengikat berlian dengan legom cepat rusak.

Namun, bukan berarti sikat gigi cukup baik untuk perhiasan, terutama anting berlian. Sifat abrasif dari sikat gigi dapat mengancam keawetan dari logam-logam penyanggah berlian. Oleh karena itu, belilah sikat khusus perhiasan. Alat ini bisa ditemukan di beberapa toko perhiasan, baik offline maupun online.

Cuci Anting Berlian dengan Cairan Pembersih Kaca

Terdapat banyak banyak merek pembersih kaca yang dapat kamu temukan di mana-mana, namun ada satu merek yang cukup terkenal untuk membersihkan anting berlian, yaitu Windex.

Caranya ialah dengan merendam anting berlian terlebih dahulu ke dalam detergen cair yang bahan kimianya tidak terlalu keras. Detergen yang mengandung natrium lauril eter sulfat bisa jadi pilihan yang tepat.

Adapun Windex digunakan saat cincin berlian sudah direndam beberapa menit. Jika sudah direndam, semprotkan Windex ke sikat gigi dan bersihkan berlian dengan lembut. Lakukan dengan hati-hati dan gunakan sikat kecil dengan lembut. Setelah itu, bilas anting dengan air dan usaplah hingga kering menggunakan kain lembut.

Cuci Anting Berlian dengan Air Soda

Metode ini lebih tepat digunakan untuk membuat anting berlian lebih cemerlang usai dibersihkan. Jadi, rendamlah anting berlian di dalam air soda selama semalaman. Caranya, penuhi gelas dengan air soda, masukkan anting berlian ke dalam gelas tersebut dan diamkan selama semalaman. Setelah itu, angkat anting berlian itu dan lap dengan kain halus.

Cuci Anting Berlian dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa menjadi alternatif tepat selain larutan pembersih perhiasan. Larutan ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa menjadi pembersih perhiasan. Ada komposisi-komposisi tertentu yang perlu dicampurkan sebelum memakai sabun cuci piring sebagai larutan pembersih perhiasan.

Pertama, campurkan secangkir air hangat dengan sesendok teh sabun cuci piring. Aduk airnya sampai bergelembung menggunakan tangan atau alat lain jika takut terkena masalah kulit. Satu tips penting lainnya, pastikan sabun cuci piring tidak mengandung parfum atau pemutih. Kedua bahan ini dapat menyebabkan anting cepat rusak, karena terdapat banyak kandungan kimia di dalamnya.

Setelah dicampur dan diaduk sampai bergelembung, diamkanlah anting berlian selama 3-4 menit. Waktu ini adalah waktu yang cukup tepat untuk memaksimalkan khasiat sabun cuci piring dalam membersihkan perhiasan.

Setelah didiamkan selama 3-4 menit, ambil sikat gigi lembut atau handuk lembut untuk dicelupkan juga. Setelah itu, sikat atau usaplah anting berlian dengan lembut. lalu, rendamlah lagi anting berlian selama 1-2 menit. Kemudian angkat anting dan letakkan di atas serbet kertas.

Ambilah mangkuk bersih dengan air yang juga bersih sebagai tempat bilas anting berlian. Rendam dan keluarkan sampai anting benar-benar bersih dari sabun dan kotoran. Janganlah membilas anting di bawah keran, karena itu berpeluang merusak anting berlian lebih lama dan berpeluang mendorong anting terjatuh ke lubang yang dalam. Sekarang kamu sudah tahu cara merawat anting berlian juga membersihkannya dengan baik dan benar, bukan? Selamat mencobanya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *