kegunaan kalung emas

Cari Tahu Kegunaan Kalung Emas di Sini!

Kalung emas merupakan salah satu perhiasan yang banyak diminat. Tidak hanya wanita, bahkan pria juga ada yang menyukai kalung emas untuk menunjang penampilannya. Kalung memiliki bentuk melingkar dan terdapat pengait untuk dikaitkan saat memakainya di leher. Kalung emas memiliki banyak kegunaan yang perlu kamu tahu dan berbagai manfaat serta fungsinya.

Sejarah Kalung

Masih belum diketahui hingga saat ini kapan kemunculan kalung emas di dunia. Namun, kalung sudah ada sejak zaman purba. Pada saat itu kalung terbuat dari karang, taring, tulang maupun gigi hewan buas yang dibuat oleh manusia zaman purba.

Kemunculan kalung emas yang masih belum terprediksi, namun di Skotlandia dan Irlandia kalung ditemukan pada abad 1500-1800 sebelum masehi. Saat itu kalung memiliki bentuk seperti bulan sabit atau yang bisa disebut celtic kuno. Lalu, mulai diikuti oleh beberapa negara yang menjadikan kalung sebagai salah satu perhiasan yang identik dengan gaun.

Kalung yang digunakan dan dibuat berbeda dari tiap daerah, desain dan materialnya memiliki keunikkannya tersendiri. Seperti kalung yang dibuat oleh bangsa Romawi Kuno yang memiliki ukiran-ukiran pada zaman Romawi. Kalung yang khas dan identik dengan simbol-simbol.

Begitu pun dengan kalung yang dibuat oleh bangsa Yunani dan bangsa Mesir, mereka semua memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri namun, pada saat itu kalung banyak dipakai oleh kaum pria, kemudian perlahan mulai diikuti oleh kaum wanita.

kegunaan kalung emas

Pada abad pertengahan, kalung mulai banyak dipakai oleh kaum wanita terutama bangsawan-bangsawan. Mereka menggunakan gaun-gaun yang menjuntai indah ditambah dengan memakai kalung untuk mempermanis penampilannya.

Kalung pada saat itu banyak digunakan untuk dipadupadankan dengan gaun. Lalu mulai berkembang dengan adanya liontin maupun batu permata merah yang digunakan dan ditaruh pada center kalung untuk menambah kesan menarik pada pemakainya. Hal ini menjadi tolok ukur tingkat sosial bagi para bangsawan yang memakainya.

Pada akhir abad ke 20, kalung mulai digunakan sebagai aksesoris fashion yang mampu menunjang penampilan. Kalung mulai bervariasi pada abad ini, sudah banyak material yang dipakai untuk membuat kalung seperti logam mulia yang lebih bagus dan tahan lama. Adapula batu permata yang indah dengan banyak warna dan bentuk yang beragam.

Para pengguna kalung saat itu pun mulai berubah dan dikenal menjadi orang-orang yang tergolong glamor dan memiliki banyak harta kekayaan. Menyelami lebih dalam bagaimana kalung bisa menjadi salah satu perhiasan yang sangat diminati berbagai kalangan, berikut penjelasannya. Bagaimana kegunaan, fungsi dan tujuan adanya kalung ternyata begitu penting bagi banyak orang. Simak informasinya di sini, ya!

Kegunaan Kalung Emas

1 Membantu Memperlihatkan Karakter dalam Dirimu

Dengan memakai kalung emas, bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan karakter dan sifat pribadi seseorang, lho. Kalung emas dapat mencerminkan karakter seseorang yang berbeda sesuai dengan unsur elemen-elemennya. Biasanya kalung emas akan ditambah dengan bentuk liontin yang memiliki ragam bentuk. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan dan karaktermu.

2 Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagi kaum wanita, menambahkan aksesoris dalam berpenampilan dapat meningkatkan kepercayaan diri karena perhiasan terutama kalung emas dapat membuat kesan menawan saat dipakai. Kadang kala kurangnya rasa percaya diri menjadi penghalang seseorang dalam pergaulannya. Memiliki rasa minder yang berlebihan tentu akan membuat seseorang membatasi dirinya dalam berekspresi. Oleh karena itu, dengan menggunakan perhiasan kamu dapat menumbuhkan rasa nyaman dalam dirimu. Rasa nyaman inilah yang akan memicu rasa percaya diri pada dirimu nantinya.

3 Kalung Emas dapat Menunjukan Sisi Dewasa dalam Dirimu

Dengan menggunakan kalung emas yang tepat, dijamin kamu akan tampak lebih dewasa dan berusia matang. Ketika kamu menggunakan kalung emas, kamu akan terlihat dewasa dengan kesan elegan untuk dipandang.

4 Membuat Outfit Kamu yang Simple Terlihat Semakin Menawan

Untuk kamu yang senang memakai outfit yang simple, ternyata memakai kalung emas dapat mempermanis penampilanmu dan membuatmu terlihat semakin menawan, lho. Kalung emas dapat menunjang penampilanmu seketika.

Dari pakaian yang biasa saja, menggunakan kalung emas dapat meng-upgrade penampilanmu. Perhiasan merupakan focal point penampilan seseorang.

5 Sebagai Investasi Jangka Panjang

Jika kamu memiliki kalung emas dengan gram yang besar, kamu dapat menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Menjadikan kalung emas sebagai investasi, tidak bisa jika kamu baru memilikinya selama beberapa bulan lalu kamu menjualnya kembali. Maka kamu malah akan mengalami kerugian.

Kamu bisa menjual kalung emas kembali dalam jangka waktu lebih dari satu tahu. Kamu juga harus memperhatikan harga jual emas di pasaran, karena walaupun kamu memilikinya selama bertahun-tahun jika harga emas di pasaran sedang turun, maka harga jualnya pun ikut turun. Kamu bisa menjualnya saat harga emas sedang melangami peningkatan.

Fungsi Menggunakan Kalung Emas

Umumnya, orang menggunakan kalung emas untuk menunjang penampilan mereka. Fungsi dari menggunakan kalung emas tergantung pada pemakainya. Kamu bisa menggunakan kalung emas sebagai penyempurna penampilan, mahar, investasi, atau pun yang lainnya. Namun, kalung emas untuk mahar biasanya terdapat dalam satu paket perhiasan bersamaan dengan cincin, anting-anting, dan gelang.

Kalung bisa digunakan sebagai kesehatan, tentu saja kalung yang digunakan untuk kesehatan memiliki material yang berbeda dari kalung pada umumnya. Tujuan ini seperti sesuatu yang tidak bisa ditentukan secara mutlak. Dengan berbagai alasan, bisa saja seseorang memiliki kalung emas tidak untuk dipakai melainkan dijadikan investasi. Banyak sekali kan kegunaan kalung emas?

Kalung emas juga dapat kamu jadikan sebagai hadiah untuk diberikan kepada pasanganmu maupun keluarga. Tujuan lain membeli serta memakai kalung emas juga dapat dijadikan sebagai penanda status sosial seseorang. Hal ini tentu saja masih berlaku bagi beberapa kalangan, seperti sosialita ibukota.

kegunaan kalung emas

Dari segi harga, sudah pasti kalung emas patut diperhitungkan. Tidak mau kalah dengan kaum wanita, kaum pria juga turut meramaikan industri perhiasan. Dengan begitu, para pengrajin emas mulai menciptakan kalung emas untuk pria. Fungsinya pun tidak jauh beda, dengan menggunakan kalung emas, kaum pria dapat menunjang penampilannya.

Jenis kalung emas terbagi menjadi tiga yaitu, kalung emas putih, kalung emas kuning, dan kalung rose gold. Masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berbagai model dan jenis kalung menjadi incaran banyak kalangan pencinta kalung emas. Berbagai model kalung pun bermunculan seiring berkembangnya zaman. Kalung emas putih menjadi pilihan yang paling banyak diminati oleh kaum millennial. Sebab, kalung emas putih memiliki beragam desain yang begitu elegan dikenakan dengan atau tanpa liontin.

Setelah kamu mengatahui kegunaan dan tujuannya, sekarang kamu dapat memilih kalung emas yang sesuai dengan seleramu. Sebaiknya, pilihlah kalung emas dengan desain timeless, karena model tersebut tidak akan termakan oleh waktu meskipun kamu memilikinya bertahun-tahun. Selamat mencari kalung emas, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *