Bingung Memilih Cincin Kawin yang Tepat? Baca Artikel Ini, Yuk!

Bingung Memilih Cincin Kawin yang Tepat? Baca Artikel Ini, Yuk!

Sebuah pernikahan selalu menjadi momen paling penting dalam hidup seseorang. Salah satu simbol yang paling penting dan akan selalu menjadi tanda kesucian pernikahan adalah cincin kawin. Karena itu, ketika kamu memilih cincin pernikahan harus benar-benar mendapatkannya dengan tepat.

Tidak hanya soal material yang digunakan saja, desain, dan karakter yang sesuai dengan persona pasangan juga harus tepat. Untuk mendapatkan cincin terbaik pernikahan, kamu harus tahu seluk beluk cincin ini dari mulai jenis material, desain, hingga cara memilih yang tepat.

Material Logam yang Paling Sering Digunakan

Bingung Memilih Cincin Kawin yang Tepat? Begini Caranya!
Foto: Hippopx

1. Cincin Kawin Perak

Mungkin pada zaman dulu, cincin perak memiliki kualitas yang tidak sebanding dengan emas. Namun, dengan perkembangan teknologi perhiasan, cincin dari jenis ini memiliki kualitas yang tidak kalah. Materi dasar dari perak memang memiliki warna yang rentan pudar dan juga mudah tergores. Perak bisa dengan mudah rusak dan tentunya tidak akan cocok sebagai sebuah simbol kelanggengan ikatan.

Namun, jangan cepat membuat kesimpulan lebih dulu. Dengan teknologi pelapisan modern sekarang, cincin perak bisa menjadi sangat berkualitas. Lapisan yang digunakan untuk mengatasi sifat perak yang mudah tersebut adalah rhodium. Bahan lapisan ini bisa membuat cincin mengkilap dan memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat. Kelebihan dari cincin ini mudah dibentuk dan memiliki desain yang sangat variatif. Hingga membuat cincin dari perak sekarang sangat banyak diminati.

2. Cincin Kawin Emas Kuning

Sudah tidak bisa diperdebatkan lagi, pilihan cincin dari emas kuning sudah dilakukan sejak dulu kala. Selain nilainya yang tinggi dari segi harga maupun kualitas, jenis cincin ini memiliki kesan yang sangat prestis. Cincin dari emas juga memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Nilainya tidak akan pernah berubah, karena tidak terpengaruh dengan inflasi. Cincin kawin dari emas kuning ini tetap digemari dari dulu hingga sekarang.

3. Cincin Kawin Emas Merah

Logam yang digunakan dalam membuat cincin ini juga terbuat dari emas. Hanya saja, ada perpaduan material lainnya yang digunakan sehingga mengubah warna emas menjadi merah. Biasanya ada campuran tembaga dengan proporsi tertentu dalam membuat emas merah ini. Cincin emas dengan warna merah tentunya terkesan lebih unik dan lebih elegan. Jenis cincin ini biasa disebut cincin emas rose, yang memang terlihat indah seperti bunga rose yang berwarna merah.

4. Cincin Kawin Emas Putih

Warna putih sangat populer digunakan sebagai perlambang kesucian cinta pada momen pernikahan. Hal ini juga yang membuat cincin kawin dari emas putih sangat banyak digemari dan menjadi pilihan paling banyak untuk saat ini. Jangan tanya soal kualitas, selain warnanya yang putih cemerlang, bahan dari emas putih ini sangat kuat. Ada lapisan rhodium yang membuatnya semakin terlihat mengkilap. Kamu pasti akan menyukai cincin yang cocok untuk gaun kamu yang berwarna putih.

5. Cincin Kawin dari Palladium

Material yang juga masuk dalam logam mulia ini keberadaannya semakin langka. Tidak heran, jika nilainya juga semakin tinggi. Apalagi jika melihat warnanya yang putih, berkilau, dan terkesan keperakan. Kekuatan bahan ini mendekati platinum yang merupakan logam paling kuat di dunia. Sehingga kamu bisa memilih cincin ini sebagai alternatif selain platinum, dan dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Cincin Kawin dari Platinum

Materi platinum sangat sulit ditemukan di dunia. Bahannya yang sangat kuat dan juga memiliki warna yang indah, membuatnya menjadi cincin kawin dengan material paling mahal. Jika kamu ingin memilih cincin dari platinum ini, pastikan bahwa kemurniannya diatas 95%. Dengan bahan yang murni, pastinya kualitasnya juga semakin baik dan begitu juga tentunya dengan keindahannya.

7. Cincin Kawin dari Titanium

Titanium merupakan logam yang memiliki kesan modern, warnanya lebih gelap, mempunyai daya tahan yang cukup kuat, namun lebih ringan. Keunikan karakter dari titanium ini menjadikannya sebagai material cincin kawin yang cocok untuk kamu yang menyukai desain modern.

Desain dan Model Cincin Kawin Recomended

Trend untuk cincin pernikahan selalu berubah setiap tahunnya. Namun tentunya hal ini juga harus disesuaikan dengan selera masing-masing pasangan. Banyak orang yang suka mengikuti trend, dan banyak juga yang ingin memilih hal yang berbeda. Nah, untuk memilih desain terbaik dan paling tepat untuk pernikahan kamu, berikut ini beberapa desain cincin kawin sebagai referensi terbaik buat kamu.

1. Batik

Batik WRB0012

Desain cincin kawin yang pertama ini adalah desain yang sangat direkomendasikan. Dengan desain khas Indonesia, kamu tentunya akan menyukai cincin ini karena begitu dekat dengan dirimu dan tanah airmu. Meski memiliki corak yang cukup rumit, kamu tetap bisa memilih material logam untuk membuat cincin kawin batik ini mulai dari emas, perak hingga platinum.

2. Fingerprint

Fingerprint WRFP0003

Desain yang unik pada sebuah cincin pernikahan selanjutnya adalah cincin kawin fingerprint. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi tunggu penjelasannya dulu. Seperti namanya cincin ini menyematkan sidik jari pasangan pada cincin pernikahan. Sidik jari tersebut dicetak kemudian diperkecil sesuai ukuran cincin.

Hal ini menjadi simbol sebuah ikatan kedua pasangan yang tidak akan pernah ada duanya di dunia. Karena sidik jari seseorang tidak akan pernah sama, begitu juga dengan ikatan pernikahan kamu dengan pasangan yang sangat istimewa.

3. Solitaire

WR0346 - Cincin Kawin,Cincin Nikah,Cincin Couple,Cincin Berlian,Cincin Emas,Cincin Palladium,Cincin Platina,Cincin Kawin Cikini,Cincin Kawin Batik,Toko Emas Cikini,Cikini Gold Center,Wedding Ring V&Co Jewellery

Desain pada cincin yang satu ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ikatan cinta kamu dan pasangan, khusunya cincin untuk pengantin wanitanya. Solitaire berarti satu, tunggal, tidak ada duanya. Dengan bentuknya yang mengerucut dengan satu batu di bagian ujungnya menunjukkan bahwa ikatan cinta kamu juga satu untuk selamanya.

Permata di bagian ujung cincin solitaire menandakan begitu kuatnya ikatan cinta pasangan kekasih. Kamu bisa memilih bentuk permata yang sesuai dengan keinginan. Mulai dari bulat, oval, hati, oval, dan lain sebagainya.

4. Two Tone

Cincin kawin fashion dengan dua warna yang berbeda pastinya memiliki kesan tersendiri yang unik. Biasanya dua warna cincin ini dihasilkan dari emas kuning, dan emas putih. Ada juga alternatif warna lain, seperti rose gold, palladium biru, dan lain sebagainya. Adanya dua warna ini akan mewakili kombinasi yang dinamis. Kamu akan tampil lebih menonjol sebagai pasangan kekasih pada momen spesial dan paling istimewa ini.

5. Eternity

Desain yang satu ini berasal dari negara Mesir dan menjadi model paling mewah. Terdapat butiran batu permata di seluruh atau sebagian cincin. Sebagai simbol cinta tertinggi, pastinya desain yang satu ini menjadi pilihan paling tepat. Ada dua jenis desain pada eternity ini, yaitu half dan full eternity. Untuk half, permata hanya berada pada setenga dari cincin. Sedangkan untuk full, sebaran batu permata merata ke seluruh bagian cincin.

6. Plain

Plain WRP0120

Pada desain cincin yang satu ini menyimbolkan sebuah kesederhanaan. Tidak ada hiasan sama sekali pada cincin, alias polos. Namun demikian, kesan yang ditampilkan tetap terasa elegan. Justru desain cincin kawin polos ini lebih terkesan modern, dan sangat diminati bagi pasangan milenial. Kesan minimalis sangat terasa, dan sangat fleksibel untuk berbagai kombinasi fashion.

7. Berlian

WR0194 - Cincin Kawin,Cincin Nikah,Cincin Couple,Cincin Berlian,Cincin Emas,Cincin Palladium,Cincin Platina,Cincin Kawin Cikini,Cincin Kawin Batik,Toko Emas Cikini,Cikini Gold Center,Wedding Ring V&Co Jewellery

Cincin yang satu ini lebih menonjolkan batu permata yang ada di bagian ujung cincin. Ditambah lagi terdapat sebaran batu permata di bagian kiri dan kanannya. Hiasan permatanya begitu mewah, karena terbuat dari batu berlian yang merupakan batu paling eksotis di dunia.

Jangan tanya soal kesan yang terlihat, kamu dan pasangan pasti akan menjadi pusat perhatian pada momen spesial. Momen pernikahan yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan kekasih tersebut akan menjadi paling istimewa.

Setelah mengetahui material dasar dan desain, saatnya kamu memilih cincin kawin yang tepat. Nah, apa saja yang harus kamu perhatikan agar pemilihan cincin ini benar-benar sesuai dengan ekspektasi kamu, dan tentunya sesuai dengan perhitungan.

Tips Memilih Cincin Kawin

  1. Anggarkan Biaya Pembelian Lebih Dulu

    Meski cinta tidak pernah ternilai harganya, tapi jangan pula kamu paksakan untuk membeli cincin nikah di luar kemampuan. Karena yang lebih penting dari simbol adalah pembuktian, saat kamu hidup dan berproses bersama dengan dia. Anggaran untuk membeli cincin nikah ini harus kamu sesuaikan dengan jumlah biaya yang harus dikeluarkan saat pesta pernikahan. Setelah mengetahui berapa budget yang dimiliki, kamu bisa menentukan cincin jenis apa yang bisa kamu beli. Pilihan utamanya adalah dari jenis material bahan yang digunakan.

  2. Cari Tahu Harga Material Dasar

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ada beberapa bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan cincin pernikahan. Nah, kamu bisa melihat kisaran harga dari material dasar cincin emas yang ada di pasaran.

    • Emas Kuning
    Kamu harus memilih emas dengan kandungan 23 sampai 24 karat dan kadar lebih dari 70%. Untuk kisaran harganya,
    Emas kuning 23 karat 70% : Rp 750 ribu/gram
    Emas kuning 24 karat 96% : Rp 970 ribu/gram

    • Emas Putih
    Material ini merupakan emas putih yang dilapisi rhodium dengan kadar emas 50% sampai 75%. Kisaran harganya,
    Emas putih 50% : Rp 361 ribu/gram
    Emas putih 75% : Rp628 ribu/gram

    • Perak
    Cincin dari perak yang dilapisi rhodium memiliki kode S925 yang tahan terhadap goresan dan mengkilap. Kisaran harganya mulai dari Rp 250 ribu sampai dengan Rp 400 ribu.

    • Palladium
    Material ini harganya sangat beragam sesuai dengan toko masing-masing. Namun kisaran harga untuk cincin ini dengan kadar 10% adalah Rp 2,9 juta.

    • Platinum
    Platinum ini dibedakan berdasarkan kadarnya, yang paling baik adalah lebih dari 95%. Kisaran harganya mulai dari Rp 280 ribu sampai dengan Rp 400 ribu.

    • Titanium
    Material jenis ini sebenarnya bukan masuk dalam kategori logam mulia. Namun banyak yang menggunakannya untuk cincin pernikahan dengan kombinasi batu mulia. Harganya sekitar Rp 120 ibu.

    Note: Harga bisa berubah sewaktu-waktu, khususnya pada bahan emas

  3. Pilih Desain Sesuai Keinginan

    Desain dan karakter cincin bisa disesuaikan dengan pribadi pasangan kekasih. Karena itu, kamu dan pasangan bisa mendiskusikannya dan memilih desain paling disuka dan cocok.

  4. Beli Cincin kawin di Tempat Terpercaya

    Toko perhiasan yang kredibel pastinya memiliki kualitas dan legalitas yang sudah diakui. Selain itu, setiap toko juga harusnya memiliki pelayanan yang lengkap mulai dari pilihan material logam hingga layanan buyback saat kamu ingin menjual kembali cincin kawin tersebut. Salah satu toko perhiasan dan cincin kawin terpercaya tentunya adalah V&Co Jewellery.

    Kamu bahkan bisa mendapatkan semua akses informasi yang lengkap dengan mudah. Kunjungi vncojewelry.com sekarang juga untuk mendapatkan semua yang kamu butuhkan untuk mendapatkan cincin kawin terbaik. Kamu juga bisa mendapatkan konsultasi yang pastinya akan sangat membantu kamu dalam memilih mana cincin kawin terbaik untuk pernikahan.

  5. Pastikan Ukuran yang Pas

    Jika kamu membeli langsung ke toko perhiasan, pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan ukuran jari. Namun, jika kamu ingin membeli secara online, pastinya akan disediakan list ukuran cincin tersebut. Kamu harus mengukur diameter jari dan sesuaikan dengan list ukuran cincin. Jangan sampai cincin yang kamu beli kekecilan atau juga terlalu besar.

    Pastinya jika dipakai akan terasa tidak nyaman. Selain itu, ukuran cincin yang tidak sesuai dengan jari akan membuat cincin cepat rusak, mudah hilang, dan berbagai resiko lainnya.

  6. Pertimbangkan Metode Pembayaran

    Metode pembayaran yang bisa kamu pilih pastinya cash atau kredit. Hal ini tentunya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan beli pada saat akan melangsungkan pernikahan. Jika memang tidak mampu untuk membayar secara cash, kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit. Tidak ada salahnya membeli dengan kredit, karena masih banyak biaya lainnya yang harus dikeluarkan selain membeli cincin nikah.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk mendapatkan cincin kawin terbaik. Langsung saja kunjungi vncojewelry.com untuk mendapatkan cincin yang paling tepat di momen spesial.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.