Emas, Pilihan Logam Terbaik untuk Cincin Pertunangan Kamu

Emas, Pilihan Logam Terbaik untuk Cincin Pertunangan Kamu

Saat Kamu berencana untuk melangsungkan acara pertunangan dengan pasangan kamu, maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelumnya. Selain seserahan, hal yang perlu dipersiapkan yaitu cincin pertunangan. Cincin ini nantinya akan menjadi bukti pengikat antara kamu dan pasangan Kamu.

Dalam suatu acara pertunangan keberadaan cincin ini wajib untuk kamu persiapkan sebelumnya. Mengenai seperti apa cincin yang harus diberikan, tidak ada syarat khusus untuk itu. Namun karena acara pertunangan ini merupakan acara yang sangat sakral, jadi sebaiknya Kamu persiapkan cincin yang memang benar-benar berkesan.

Cincin yang berkesan tidak harus selalu mahal. Bagaimanapun juga Kamu tetap harus mempertimbangkan anggaran yang Kamu punya. Sebagian besar dalam acara pertunangan, cincin yang digunakan adalah cincin yang berbahan emas. Karena seperti kita tahu emas merupakan perhiasan yang sangat populer. Selain bisa dijadikan sebagai perhiasan, emas juga merupakan aset investasi yang memiliki nilai tinggi. Menurut hasil survei yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa permintaan emas dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Apa Manfaat Mengenakan Perhiasan Emas?

Hal itu tidak luput dari peranan emas yang memiliki tiga manfaat penting dan sangat menguntungkan bagi si pemilik. Manfaat tersebut yaitu :

  • Emas dapat membuat Kamu tampak lebih anggun dan cantik
  • Emas bisa dijadikan bahan investasi yang tentunya memiliki nilai cenderung naik dari tahun ke tahun
  • Status sosial Kamu akan cenderung meningkat saat Kamu menggunakan perhiasan emas.

Oleh karena itulah memilih bahan emas sebagai perhiasan merupakan langkah yang sangat tepat. Begitu juga untuk acara pertunangan Kamu, Kamu bisa menggunakan cincin tunangan emas kuning ataupun yang lain. Ada banyak pilihan warna emas yang bisa Kamu gunakan untuk acara sakral Kamu tersebut.

Dalam membuat perhiasan emas murni perlu dicampur dengan logam-logam yang lain. Seperti misalnya lembaga, timah, nikel, perak serta kadmium. Pencampuran tersebut memang perlu dilakukan untuk membuat perhiasan agar tingkat ketahanan emas lebih stabil. Karena seperti diketahui bahwa semakin murni suatu emas maka emas tersebut akan semakin lunak.

Oleh karena itulah mengapa untuk membuat perhiasan tidak bisa dengan emas murni saja, harus ada campuran di dalamnya. Dan karena proses pencampuran antara emas murni dengan logam-logam tersebutlah yang membuat warna dari emas berbeda-beda antar satu sama lain.

Pilihan Warna Emas yang Terbaik Sebagai Cincin Pertunangan

Pilihan Warna Emas yang Terbaik Sebagai Cincin Pertunangan

Dari beberapa warna emas yang ada, terdapat tiga emas yang paling populer di kalangan masyarakat. Dan juga tiga warna tersebut paling banyak digunakan untuk cincin pertunangan hingga cincin kawin, emas tersebut antara lain yaitu:

1. Emas kuning

Emas yang paling populer dan paling banyak digunakan, emas kuning. Warna ini didapatkan dari pencampuran antara perak murni dengan emas murni. Namun pencampuran lain juga bisa menghasilkan emas kuning, seperti contohnya pencampuran antara emas murni dengan zinc serta tembaga.

Jika ditinjau dari segi harga, maka emas kuning cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan cincin tunangan emas putih. Namun untuk harga jualnya, emas kuning jauh lebih stabil. Hal itu disebabkan emas kuning tidak perlu dilakukan pelapisan ulang seperti halnya emas putih.

Proses perawatan untuk emas kuning cukup susah jika dibandingkan dengan emas yang lain. Kamu harus rajin melakukan pemolesan, agar emas kuning tetap berkilau. Selain itu, emas kuning cenderung lebih lunak dibandingkan emas yang lain. Oleh karena itu Kamu perlu berhati-hati dalam penggunaannya.

Namun pilihan cincin tunangan emas kuning dirasa sangatlah pas untuk Kamu. Karena emas kuning memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan emas-emas yang lain.

2. Emas putih

Emas putih mungkin cukup familiar bagi Kamu jika dibandingkan dengan warna emas yang lain. Warna putih pada emas tersebut didapatkan dari pencampuran antara emas murni dengan nikel, perak serta timah. Selain menggunakan campuran logam-logam tersebut, untuk menciptakan emas putih juga bisa digunakan campuran berupa emas murni dengan Palladium serta nikel. Emas putih memiliki kelebihan dibanding yang lain yaitu lebih tahan lama serta lebih kuat. 

Namun selain memiliki kelebihan, emas putih juga memiliki kekurangan yang membuat orang tidak begitu suka menggunakan emas putih ini. Kekurangan tersebut yaitu muncul alergi dikarenakan emas putih ini merupakan hasil pencampuran yang didalamnya terdapat nikel. Proses pembuatan emas putih yang rumit menyebabkan harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan emas kuning.

Harga emas putih cenderung akan turun saat Kamu menjualnya, berbeda dengan emas kuning. Oleh karena itu jika tujuan membeli emas putih adalah untuk investasi maka hal itu dirasa kurang tepat. Selain emas putih memiliki daya tahan yang lebih lama serta lebih kuat dibanding emas-emas warna lainnya, emas putih ini juga cenderung mudah dalam hal perawatan. Pelapisan rhodium pada emas putih dapat menjaga kilau emas ini tetap terjaga dalam waktu yang relatif lama.

3. Emas merah muda (Rose Gold)

Emas selanjutnya yang juga cukup populer digunakan yaitu emas merah muda. Warna merah muda pada emas ini didapatkan dari pencampuran antara tembaga dengan emas murni. Di pasaran emas ini sering disebut juga dengan rose gold.

Saat ini emas merah muda cenderung banyak diminati, hal itu wajar saja karena memang warna merah muda tersebut cenderung terlihat menarik dan lebih unik jika dibandingkan dengan warna-warna yang lain. Karena peminat dari emas merah muda ini semakin meningkat, hal itu menyebabkan emas merah muda memiliki harga yang relatif cukup mahal.

Dari ketiga pilihan warna cincin di atas, mana yang paling kamu sukai untuk cincin pertunangan kamu? Pastikan kamu memilih sesuai selera dan membelinya dari toko cincin emas yang berkualitas ya, dears!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *