Tren Cincin Kawin Emas Beserta Pilihan Modelnya

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Cincin Kawin Emas?

Salah satu jenis cincin kawin yang umum dipakai banyak pasangan adalah cincin kawin emas. Pastinya kamu dan pasangan akan mencari cincin kawin emas yang sesuai dengan keinginan dan memiliki banyak variasi bentuk. Namun sebelum itu, ketahui beberapa hal seputar emas dan juga cincin.

Apaah kamu penasaran mengapa emas begitu banyak dipakai sebagai bahan perhiasan? Emas sendiri merupakan sebuah logam transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, malleable, dan ductile. Emas tidak bereaksi pada zat kimia lain, namun dapat terganggu dengan klorin, fluorin, dan aqua regia.

Logam emas dapat melebur menjadi cair pada suhu sekira 1000 derajat Celsius. Adapun kekerasannya berkisar antara 2,5 sampai 3 Mohs. Sementara berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya.  Maka dari itu, meas tidak akan menjadi cincin jika kandungannya hanya emas. Melainkan perlu campuran logam lain seperti palladium, rhodium, atau lain-lain.

Emas sendiri terbentuk dari proses magmatisme, atau bisa dikatakan konsentrasi di permukaan bumi. Sementara geneas emas ada dua kategori, yaitu endapan primer dan endapan plaser. Selama perjalanannya, emas biasa biasa digunakan sebagai bahan pembuatan uang di banyak negara.

Selain itu, emas juga kerap diubah menjadi perhiasan, seperti cincin kawin emas. Tidak hanya itu, emas juga kerap dipakai untuk memperkuat unsur-unsur yang dibutuhkan kabel elektronik. Emas begitu berharga karena pengaruhnya yang cukup besar untuk kehidupan manusia.

Tidak hanya karena keindahannya, tapi juga kegunaannya yang sudah terlanjur untuk alat transaksi sejak dulu. Berdasarkan sejarah, banyak negara yang rela menjelajah bumi untuk mencari emas. Bahkan banyak dari mereka yang rela bertumpah darah demi sebuah emas. Sejak dulu, kedudukan emas begitu tinggi bahkan sampai sekarang. Namun, jika dinilai dari langkanya, emas masih kalah mahal dibanding platina.

Apa yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Kawin Emas?

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli cincin kawin emas adalah besaran karat.  Salah satu yang menentukan harga emas naik ataupun turun adalah seberapa besar jumlah karatnya. Semakin tinggi karat emas, maka semakin tinggi harganya. Contohnya, cincin kawin emas dengan 15 karat. Dengan begitu, cincin ini memiliki kandungan emas murni kurang lebih 63% dari total usai dicampur dengan unsur logam lain sebagai pembentuknya.

Sesuai yang sudah dipaparkan di atas bahwa emas tidak akan bisa terbentuk menjadi cincin tanpa dicampur dengan unsur lain seperti nikel, seng, ataupun perak. Hal ini karena sifatnya yang begitu cair atau lembek. Meski begitu, saat sudah beku, logam emas cukup keras untuk dijadikan cincin. Tapi memang tetap perlu campuran logam lain sebagai penguatnya. Untuk jumlah karat maksimal untuk emas adalah 24 karat. Lebih dari itu, emas sudah terlalu cair sehingga tidak bisa dibentuk menjadi cincin. Sebelum membeli emas, kamu dan pasangan harus memahami bagaimana penghitungan kadar emas. Caranya dengan membagi kadar emas tersebut dengan kadar karat maksimal, yakni 24 karat.

Berikutnya adalah dengan menentukan model. Pastinya model cincin memainkan peran penting dalam menentukan cincin kawin emas. Ada banyak jenis model cincin kawin emas yang bisa kamu pilih. Sebelumnya pastikan model tersebut sesuai selera.

Rekomendasi Model Cincin Kawin Emas

Perlu diingat bahwa cincin kawin emas ini akan dipakai sehari-hari. Jadi, jangan sampai modelnya dipaksakan sehingga kurang nyaman saat dipakai. Nah, jika kamu dan pasangan bingung soal model cincin kawin. Berikut ini rekomendasi yang bisa kamu pilih.

Rekomendasi model cincin kawin emas

  1. Cincin Kombinasi Permata

    Cincin kawin dengan kombinasi permata dapat begitu memikat jika dikenakan sepasang kekasih. Uniknya, bentuk permata yang dipakai tidak hanya bulat. Kamu juga bisa memakai bentuk kotak.

    Batu permata juga tidak hanya yang berwarna bening, tapi juga bisa yang berwarna ungu muda atau merah muda. Warna-warna ini akan menambah keindahan cincin kawin emas. Namun disarankan memakai cincin emas putih sebagai penahan permatanya. Pasalnya warna putih akan lebih netral jika dipadukan dengan permata berwarna.

  2. Cincin Kombinasi Berlian dan Perak

    Cincin model ini umumnya bisa dipakai ke dua model yaitu model yang sederhana dan juga rumit. Namun, dengan campuran perak murni dan berlian, membuat tampilan cincin ini begitu megah nan mewah. Jika kamu suka yang berbau elegan dan mewah, maka cincin ini bisa jadi pilihan yang tepat.

  3. Cincin dengan Kristal Mewah

    Cincin kawin emas jenis ini memang terlihat sangat mencolok. Banyak perhiasan kristal mewah di sisi-sisinya. Namun, cincin ini akan sangat cocok bagi kamu yang berkepribadian fashionable. Pastinya jika dipakai akan cukup menarik perhatian banyak orang.

  4. Cincin Kombinasi Perak

    Jika kamu dan pasangan menyukai cincin yang tipis, maka cincin emas kombinasi perak bisa jadi pilihan. Meski bagian lingkar cincinnya sederhana, namun bagian pengikat batu permatanya cukup indah dipandang. Maka cincin sendiri bisa disesuaikan dengan karakteristik pasangan.

  5. Cincin Bentuk Melingkar Kombinasi Permata

    Kombinasi ini sangat mewah dan gemerlap di jemari jika dikenakan. Dengan aksen manis dari permata yang melingkar, membuat cincin ini cukup menawan. Bisa dibilang cincin kawin emas model ini cukup eksklusif sehingga tak heran jika harganya mahal.

  6. Cincin Batik

    Tidak hanya unik, cincin ini juga menggambarkan kecintaan pada Indonesia. Model cincin kawin emas satu ini sangat cocok bagi kamu dan pasangan yang suka keunikan. Namun perlu diketahui bahwa cincin ini harus memiliki band yang tebal karena butuh tempat untuk mengukir batiknya.

  7. Cincin Meliuk Dengan Motif Berlian Love

    Cincin jenis ini tampak lebih modern dari cincin-cincin emas lainnya. Dengan lekuk cincin emas dan paduan perak ataupun palladium, cincin ini semakin indah dengan paduan batu berlian di bagian tengahnya. Uniknya, motif berlian pada cincin ini berbentuk cinta atau love. Semakin indah dengan batu-batu permata lain yang mengiringi sisi-sisi batu berlian cinta.

  8. Cincin Dengan Penahan Berlian Khusus

    Cincin kawin emas ini seakan didesain untuk wanita-wanita spesial. Bagi para lelaki, akan memiliki filosofi yang tepat jika melamar menggunakan cincin kawin ini. Pasalnya, berlian pada cincin emas ini terlindungi dengan baik. Ada penahan khusus di sisi-sisi berliannya sehingga menjadi penjaga yang terbaik dari segala benturan.

  9. Cincin dengan Dua Berlian Besar dan Kecil

    Dengan desain yang cukup unik, cincin kawin emas ini tampaknya cocok untuk yang berkepribadian sederhana. Adanya berlian kecil di atas berlian besar bisa memberikan sentuhan elegan namun tidak berlebihan.

  10. Cincin Tampilan Modern

    Dengan garis-garis miring di bagian logam emas, disertai wadah berlian yang bentuknya juga mengikuti potongan-potongan miring tersebut, membuat cincin  ini tampak lebih modern. Model cincin kawin emas ini cocok dipakai oleh pasangan muda.

Untuk memilih cincin kawin pada dasarnya harus disesuaikan oleh banyak faktor. Mulai dari bahan cincinnya sampai bentuk cincin yang sesuai dengan kepribadian. Jadi, mana jenis cincin kawin yang kamu dan pasangan inginkan? Yuk konsultasikan dengan V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *