Memakai Cincin Tunangan di Jari Tengah Mempunyai Pemaknaan Tersendiri

Pemaknaan Memakai Cincin Tunangan di Jari

Acara pertunangan biasanya disimbolkan dengan perhiasan seperti cincin. Hal ini dikarenakan nantinya akan ada momen pertukaran cincin dimana sang pria akan menyematkan cincin tunangan tersebut ke jari wanita dan begitu juga sebaliknya. Tetapi memakai cincin tunangan di jari ada pemaknaan tersendiri. Simak artikel dibawah ini.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan pertunangan yang bersejarah dan pertunangan yang sempurna. Mulai dari menyiapkan dekorasi dan juga cincin yang sangat penting untuk simbol cinta kamu dan pasangan.

Cincin adalah benda berukuran kecil tetapi memiliki makan yang sangat penting untuk pasangan. Cincin sebagai ikatan cinta antara kamu dan dia yang biasa di pakai di jari masing-masing pasangan. Tetapi, sebagian dari kamu pasti masih sering bingung dengan memakai cincin tunangan di jari yang mana.

Umumnya Memakai Cincin Tunangan di Jari yang Mana?

Pemakaian cincin tunangan ini berkaitan erat dengan sejarah dan tradisi. Sebagian besar orang menyematkan cincin tunangan pada jari manis di tangan kiri, mengikuti tradisi masyarakat Romawi kuno.

Di antara jari jemari kita terdapat sebuah pembuluh darah/nadi yang menurut kepercayaan orang Romawi kuno memiliki aliran langsung menuju ke jantung. Pembuluh darah ini dikenal dengan nama Vena Amoris atau “Vein of Love”. Karena itu, pasangan kekasih harus mengenakan simbol cinta dan kesetiaannya pada jari manis.

Namun, mengapa di banyak negara seperti Spanyol, India, termasuk Indonesia tetap menyematkan cincin pernikahan di jari manis tangan kanan? Alasannya karena tangan kanan merupakan tangan dominan. Kebanyakan orang menggunakan tangan kanannya untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Hal ini menunjukkan bahwa tangan kanan lebih kuat, terbukti juga dengan ukurannya yang lebih besar. Berdasarkan itulah mengapa cincin nikah digunakan di tangan kanan. Karena sebagai lambang bahwa pernikahan didasarkan atas cinta yang kuat dan kokoh, serta dapat bertahan lama.

Namun, jika mengikuti tradisi barat, letak cincin tunangan ada pada jari manis di tangan kiri. Lalu ketika menikah, kamu memindahkan cincin tersebut ke jari manis pada tangan kanan.

Memang memakai cincin tunangan pada jari kanan maupun kiri ada pemaknaan tersendiri tetapi kamu dapat mengikuti tradisi tersebut, atau menyesuaikan dengan keinginanmu dan pasangan.

Ada banyak orang-orang yang memakai cincin tunangan di jari manis tangan kiri dan ada juga yang memakainya di jari manis pada tangan kanan. Terdapat banyak perbedaan, tradisi pemakaian cincin ini cukup populer di negara Kolombia, Rusia, dan Yunani.

Mengenakan cincin tunangan di tangan kanan bukan berarti mencerminkan budaya negara tersebut tetapi pemilihan pemakaian cincin di jari manapun sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kamu sendiri.

Bisa di Gabungkan dengan Cincin Nikah

Setiap pasangan melakukan pertunangan untuk ke jenjang yang lebih serius yaitu sebuah pernikahan. Jika sudah melakukan pernikahan maka cincin tunangan akan berpindah ke jari manis di tangan kanan.

Tetapi jika kamu memakai cincin yang berbeda, dimana terdapat tradisi yang menyarankan untuk penempatan cincin pernikahan di atas cincin tunangan. Jadi, kamu dan pasangan dapat menggunakan dua cinicn pada satu jari manis saja.

Apakah Hanya Perempuan yang Memakai Cincin Tunangan?

Tunangan adalah sebuah komitmen yang dilakukan sepasang kekasih untuk menapaki jenjang yang lebih serius lagi, yaitu pernikahan. Ketika sepasang kekasih telah bertunangan, itu artinya mereka tidak diperbolehkan lagi untuk “membuka hati” atau menjalin hubungan dengan orang lain.

Sebagian tradisi mengajarkan jika pertunangan merupakan acara pertukaran cincin yang dimana kedua belah pihak pasangan sama-sama memakai cincin. Tetapi, ada juga tradisi lain yang mengatakan kalau hanya perempuan saja yang harus memakai cincin tunangan.

Tradisi ini berasal anggapan kalau pemakaian cincin tunangan merupakan simbol penerimaan perempuan atas lamaran yang diajukan pasangannya. Maka, hanya perempuan yang mengenakan cincin tunangan itu.

Bebas dalam Pemakaian Cincin

Walaupun terdapat tradisi yang memberikan kita pengetahuan bahwa memakai cincin pertunangan harus di jari manis di tangan kiri atau kanan, sebenarnya kamu dan pasangan boleh memakai cincin di jari mana pun sesuai keinginan dan kenyamanan. Kamu dan pasangan bebas dalam memakai posisi cincin.

Bahkan ada sebagain pasangan yang memakai cincin tidak pada jarinya, tetapi menjadikannya sebagai lionting kalung yang sangat indah. Apakah kamu pernah mencobanya? atau sudah mencobanya?

Itulah pembahasan dalam pemaknaan memakai cincin tunangan di jari. Semoga informasi yang diberikan dapat menjadi motivasi untuk kamu dan pasangan dalam melangsungkan pertunanga. Simak terus ya artikel yang diberikan oleh V&CO Jewellery untuk kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.