Mengenal Ciri Berlian Mentah

Mengenal Ciri Berlian Mentah

Bagi pecinta berlian, mengetahui ciri-ciri berlian mentah menjadi sebuah kewajiban. Hal tersebut harus dipelajari juga oleh calon pembeli berlian mentah. Tujuannya agar kita tidak mudah terkecoh apakah berlian yang dijual asli atau palsu.

Namun, sebelum membahas ciri-ciri berlian mentah, mari kita pelajari terlebih dahulu perbedaan berlian dan intan. Banyak orang yang masih kurang paham perbedaan di antara keduanya. Sebenarnya mudah untuk mempelajari perbedaan antara berlian dan intan. Sehingga intan yang telah melalui proses “pemolesan” bisa disebut sebagai berlian.

Lalu apa saja ciri-ciri berlian mentah atau intan? Bagaimana cara membedakan berlian mentah yang asli dengan palsu? Simak poin-poin di bawah ini untuk mengetahuinya.

5 Tips Menentukan Ciri Berlian Mentah

0.32 CT ROUND DIAMOND

  • Kilau berlian

Ciri-ciri berlian mentah yang pertama adalah kilaunya. Berlian merupakan batu permata yang berkilau. Tak heran apabila banyak orang yang memanfaatkannya sebagai perhiasan atau sekadar koleksi. Kilau yang dipancarkan oleh berlian sangat menarik.

Bila pada umumnya batu permata lain yang terkena cahaya akan memberikan kilau pantulan warna pelangi, hal ini tidak terjadi pada berlian mentah. Pantulan kilau berlian dari berlian akan memberikan warna putih dan abu-abu. Bila menemui berlian yang memberikan kilauan warna pelangi, dapat dipastikan bahwa itu adalah berlian mentah palsu.

  • Sertifikat

Seperti pada umumnya, membeli perhiasan sudah pasti kita akan diberikan sertifikat. Poin nomor 2 ini perlu diperhatikan untuk mengetahui ciri-ciri berlian mentah yang hendak dibeli. Bila membeli berlian harus di tempat yang terpercaya, sudah pasti akan diberikan sertifikat. Namun, tidak bisa asal terima sertifikatnya begitu saja. Perhatikan dan pelajari dengan benar cara membaca sertifikat berlian. Dari hal tersebut dapat diketahui apakah berlian asli atau palsu.

  • Harga

Cara termudah untuk mengetahui ciri-ciri berlian mentah asli adalah dari harganya. Seperti yang kita sudah ketahui, berlian tidak memiliki harga yang murah. Memang murah atau mahal itu relatif. Namun, pembeli harus mengetahui standar harga berlian mentah yang sebenarnya.

Secara logika, berlian mentah yang mahal harganya memiliki kemungkinan bahwa itulah berlian asli. Namun, tak menutup kemungkinan harga berlian yang murah berarti asli. Bandingkan harga berlian dari tiap toko agar bisa mengetahui harga berlian yang ada di pasaran. Selain itu, poin nomor 1 dan 2 pun tidak boleh disepelekan untuk mengetahui keaslian berlian.

  • Kekuatan

Batu permata yang terkeras adalah berlian. Kekuatan dari berlian sangat susah “dikalahkan”. Bila berlian mentah tersebut tergores, retak, atau pecah hanya karena tersenggol/tergesek, maka dapat dipastikan palsu.

Cara lain untuk mengetahui ciri-ciri berlian mentah yang asli adalah dengan memanaskannya. Nyalakan korek api dan panaskan berlian di atasnya. Kemudian masukkanlah berlian tersebut ke dalam larutan air dingin. Apabila berlian tersebut pecah, sudah pasti itu termasuk ke dalam ciri-ciri berlian mentah yang palsu.

  • Pencerminan

Warna dari intan atau berlian mentah memang bening. Namun, ternyata berlian mentah yang asli tidak mampu mencerminkan benda yang ada di sekitarnya seperti kaca. Sehingga bila berlian mentah mampu memberikan refleksi, dapat dikatakan itu ciri-ciri berlian mentah yang tidak asli.

Berlian Termahal

Cincin Berlian Wanita DR001180

Meskipun berlian mentah atau intan memiliki tekstur yang kasar, tapi banyak orang yang gemar mengoleksinya. Terkadang orang rela membelinya dengan biaya yang besar untuk investasi. Dikarenakan harganya yang tinggi, mereka yang mampu membeli berlian mentah tergolong ke dalam kelas atas.

Pada 2016 silam, sebuah perusahaan perhiasan asal Swiss mengadakan pameran untuk berlian mentah. Lebar dari benda tersebut adalah 6 cm dengan kadar sebesar 813 karat. Tidak hanya untuk dijadikan objek pameran, ternyata berlian mentah tersebut juga dilelang.

Sebuah perusahaan trading asal Dubai berhasil memenangkan lelang dari berlian mentah itu. Angka yang ditawarkan tidaklah kecil. Intan berlian itu berhasil terjual dengan harga sekitar 830 miliar rupiah. Benar-benar angka yang fantastis, bukan?

Selain berlian di atas, pada tahun 2017 sebuah berlian mentah termahal dunia pun dijual. Berlian mentah ini diberi nama Lesedi La Rona yang memiliki arti cahaya. Pada awalnya, berlian tersebut tidak laku karena harganya yang sangat tinggi. Berlian mentah tersebut ditemukan di Botswana, Afrika oleh penambang dari Kanada.

Diamond Jewellery Set DR001124

Ukuran dari berlian mentah tersebut berbeda dengan berlian termahal yang laku pada 2016 lalu. Kadarnya sebesar 1.109 dan berukuran layaknya bola tenis. Meskipun demikian, harga berlian mentah tersebut lebih murah dibandingkan berlian mentah sebelumnya, yaitu berkisar 707 miliar rupiah.

Itulah ciri-ciri berlian mentah yang harus diketahui sebelum membelinya. Perhatikan dengan baik sehingga tidak terkecoh membeli berlian mentah yang palsu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *