5 Contoh Cincin Nikah untuk Inspirasimu

5 Contoh Cincin Nikah untuk Inspirasimu

Untuk kita para wanita, melihat jari kita dipercantik dengan cincin nikah menjadi kepuasan tersendiri dan oleh karena itu, kamu perlu melihat contoh cincin nikah agar bisa mendapatkan inspirasi cincin model apa yang pas di jari manismu.

Tidak sedikit dari kita yang mengimpi-impikan cincin nikah yang cantik dan perfect. Mulai dari jenis bahan, bentuk, warna, hiasan, batu yang dipilih, sampai harga pun harus tepat dan dipertimbangkan dengan baik. Cincin nikah juga dapat dijadikan “tanda” bahwa kita sudah ada yang punya.

Cincin memang memiliki makna yang sangat dalam. Ketika sepasang kekasih memutuskan untuk menjalani hubungan lebih lanjut dalam pernikahan, maka perlu adanya suatu simbol pengikat cinta.

Simbol pengikat cinta itu biasanya sebuah perhiasan, khususnya cincin. Cincin menyimbolkan sebuah keabadian, sehingga apabila menjadikan cincin sebagai simbol pengikat cinta, dipercaya akan membuat hubungan yang dijalani abadi dan tak lekang oleh waktu. Selain itu, bentuk cincin yang melingkar memiliki arti bahwa kehidupan seperti roda yang berputar sehingga harus adanya komitmen yang kuat dalam rumah tangga.

Pilihan cincin nikah bisa beragam. Untuk pasangan yang ingin cepat, calon pengantin hanya bisa membeli cincin-cincin yang sudah ready di toko berlian. Namun, tidak sedikit orang yang custom untuk menentukan cincin nikah, bahkan ada yang sampai pergi ke negara lain untuk membeli batu yang cantik dan perfect.

Oleh karena itu, pemilihan cincin nikah perlu disepakati kedua belah pihak. Baik cincin nikah yang polos, modern, maupun yang unik, apabila disepakati oleh kedua pasangan akan terasa indahnya.

Pemberian cincin nikah memang mengadopsi dari budaya barat. Budaya asli tradisional kita lebih kepada memberikan barang simbolis seperti kain, maupun benda-benda yang dianggap memiliki banyak makna filosofis.

Namun, siapa yang tidak ingin diberikan dan memiliki cincin seperti di film-film barat atau seperti Royal Wedding dan menjadikan kita seperti layaknya princess.

Bagi calon pengantin yang masih bingung mencari cincin nikah, perlu menyimak ulasan kami. Perlu diingat bahwa cincin nikah tidak wajib, dan pemberian mahar tidak selalu berbentuk cincin ataupun materi yang lain.

Walaupun begitu, mahar merupakan syarat dalam pernikahan. Selain itu, dalam Islam, pria tidak boleh mengenakan emas, sehingga solusinya diganti dengan cincin yang terbuat dari perak, palladium, atau platinum. Dalam artikel ini, kami akan mengulas bahan-bahan cincin nikah dan 5 contoh cincin nikah yang pas untuk calon pasangan pengantin.

Bahan Cincin Nikah

  1. Cincin Nikah Perak

Calon pengantin perlu mempertimbangkan contoh cincin nikah yang terbuat dari perak. Bahan perak cukup lunak sehingga mudah dibentuk. Akan tetapi, perak lebih mudah berkarat dan tergores.

Jika budget tidak terlalu banyak untuk cincin, maka memilih cincin nikah dari perak adalah pilihan yang tepat karena cincin nikah dari perak lebih hemat daripada cincin yang terbuat dari bahan yang lain.

  1. Cincin Nikah Palladium

Untuk calon pengantin yang menginginkan cincin nikah yang lebih elegan dari bahan perak tapi tetap minimalis, maka perlu mempertimbangkan cincin nikah yang berbahan dasar palladium.

Bahan ini lebih tahan karat dan gores ketimbang bahan perak. Contoh cincin nikah dari palladium juga lebih cantik dan tidak mudah pudar sehingga tidak perlu dipoles ulang.

  1. Cincin Nikah Platinum

Cincin nikah berbahan dasar platinum memang jauh lebih mahal dibandingkan emas. Namun, kualitas yang ditawarkan juga memang sangat baik. Saat bahan platinum dibuat menjadi perhiasan atau cincin nikah, kadar platinum yang digunakan adalah sekitar 90-95% lebih besar daripada bahan yang lain, sehingga calon pengantin bisa mendapatkan logam mulia yang lebih banyak.

Selain itu, cincin dari platinum tidak menimbulkan alergi dan merupakan logam yang paling kuat dan tahan lama. Cincin nikah dari platinum juga tidak mudah berkarat ataupun pudar dan tahan sampai bertahun-tahun lamanya, jadi perawatannya juga menjadi mudah.

Contoh Cincin Nikah yang Populer

  1. Cincin Nikah Klasik

Cincin nikah klasik yaitu cincin yang berbentuk polos dan melingkar utuh. Dahulu, cincin nikah disimbolkan dengan bentuk polos diartikan sebagai bentuk kemurnian sehingga dipercaya hubungan yang dijalin akan abadi dan tak lekang oleh waktu. Untuk calon pengantin yang idealis, contoh cincin nikah dengan model polos klasik seperti ini akan sangat cocok.

  1. Cincin Nikah Minimalis

Cincin nikah minimalis yaitu cincin dengan hanya menggunakan satu permata kecil di tengah. Untuk calon pengantin yang menyukai barang-barang minimalis dan simpel, cincin nikah minimalis akan sangat cocok.

  1. Cincin Nikah Elegan

Untuk calon pasangan pengantin yang memiliki kepuasan tersendiri akan kemegahan dan ingin yang terlihat elegan, contohnya cincin kawin berlian dengan dihiasi banyak permata akan menjadi pilihan favorit. Untuk permatanya, bisa memilih sesuai keinginan, baik itu berlian seperti Swarovski atau batu-batu indah seperti Lapis Lazuli.

  1. Cincin Nikah Unik

Di zaman yang sudah serba modern ini, cincin nikah tidak terikat dengan arti-arti simbolis. Banyak yang memakai cincin nikah unik dan membuat custom dari toko perhiasan. Mulai dari cincin nikah bertuliskan kata-kata di cincinnya, sampai cincin nikah bertema Harry Potter. Tentunya, pemilihan cincin nikah tergantung keinginan calon pasangan pengantin.

  1. Cincin Nikah Vintage

Cincin nikah vintage atau old-fashioned juga tidak kalah menarik. Contoh cincin nikah vintage banyak dikenakan dari warisan sampai keturunan bangsawan. Cincin Kate Middleton pada saat Royal Wedding yang merupakan cincin dari Princess Diana merupakan cincin nikah vintage.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *