Pikir 2 Kali! Inilah 8 Efek Buruk Mengenakan Perhiasan Emas Imitasi

Pikir 2 Kali! Inilah 8 Efek Buruk Mengenakan Perhiasan Emas Imitasi

Apakah kamu ingin membeli perhiasan emas imitasi? Kamu perlu berfikir dua kali! Ada beberapa efek yang akan berdampak pada penampilanmu, bahkan pada kesehatanmu!

Efek yang ditimbulkan sangat berpengaruh terhadap kesehatan terutama kulit. Tentu saja hal ini disebabkan oleh keinginan membeli perhiasan emas yang asli namun hal tersebut tidak sebanding dengan biaya yang dimiliki.

Supaya diri tetap terlihat cantik di depan orang-orang, membeli perhiasan imitasi adalah jalan pintas yang terbaik.

Lalu apa saja efek yang ditimbulkan jika mengenakan perhiasan emas yang tiruan atau palsu tersebut? Atau kamu yang ingin membeli dan menghadiahkan perhiasan emas kepada pasanganmu, sebaiknya perhatikan poin-poin di bawah ini ya!

8 Dampak Mengenakan Perhiasan Emas Imitasi

8 Dampak Mengenakan Perhiasan Emas Imitasi
Foto: Piqsels
1. Menimbulkan Jerawat

Efek pertama yang timbul apabila kamu mengenakan perhiasan imitasi adalah akan timbul jerawat pada bagian tubuh yang dilekati perhiasan itu. Jadi, jerawat ternyata bukan hanya timbul di wajah saja, melainkan di keseluruhan tubuh apalagi jika memakai perhiasan imitasi.

Jika kamu memakai perhiasan imitasi dalam jumlah yang banyak, hal tersebut akan menyumbat pori-pori di kulitmu. Timbulnya jerawat tentu akan mengurangi rasa percaya dirimu sehingga kamu berusaha menutupi bagian yang terkena jerawat tersebut.

Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang janggal bagi orang-orang di sekitarmu yang lantas mereka akan menanyakan hal tersebut. Daripada kamu mengalami hal seperti itu, sebaiknya jangan memakai perhiasan imitasi, ya!

2. Mengubah Warna Kulit

Apabila kamu menggunakan perhiasan imitasi, selain jerawat hal tersebut akan mengubah warna kulitmu. Hal seperti terjadi ketika kamu mengenakan lotion atau parfum pada bagian tubuh yang ada perhiasan imitasi tersebut.

Lapisan emas pada perhiasan itu akan mengelupas lalu membuat kulitmu menjadi gelap. Apabila perhiasan itu dilepas, kamu akan terlihat belang. Hal ini tentu saja juga akan mempengaruhi rasa percaya dirimu, dan kamu berusaha juga menutupi bagian kulit yang berubah karena perhiasan emas tersebut.

Karena itu, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan ketika hendak membeli dan mengenakan perhiasan emas imitasi.

3. Menimbulkan Ruam

Kalau kulit kamu termasuk kulit yang sensitif, sebaiknya hindari saja memakai perhiasan imitasi karena akan membuat ruam atau iritasi pada kulitmu. Mengalami iritasi pada kulit adalah hal yang tentu saja tidak kamu inginkan karena tidak enak terlihat orang-orang.

4. Menimbulkan Alergi

Efek Negatif lain saat kamu mengenakan perhiasan imitasi adalah kamu akan mengalami alergi pada kulitmu berupa benjolan. Kamu tentu saja tidak mau mengalami hal ini, bukan? Karena itu, sebaiknya pertimbangkan baik-baik ya!

5. Menimbulkan Gatal

Ternyata memakai perhiasan emas imitasi juga dapat menyebabkan gatal pada kulit yang dampak selanjutnya adalah bisa sangat menganggu kamu terutama dalam beraktivitas. Hal ini tentu saja selain mengganggu kamu, juga akan menganggu orang-orang di sekitarmu yang merasa tidak nyaman melihat kamu menggaruk-garuk kulit karena gatal,

Apabila kamu berlebihan menggaruk kulitmu karena gatal yang ditimbulkan, kulitmu malah menjadi merah dan terluka sehingga menambah parah.

6. Kulit Terasa Terbakar

Ketika kamu mengenakan perhiasan imitasi, dampak lain yang bakal kamu alami adalah kulit akan terasa terbakar yang dicirikan dengan munculnya lepuhan dan cairan kecil. Apabila kulitmu mengalami hal seperti ini, tentunya kamu akan merasa benar-benar tidak nyaman karena menggangu penampilanmu.

7. Menimbulkan Kerusakan Pada Hati

Selain menimbulkan efek pada tampilan luarmu, ternyata memakai perhiasan emas imitasi juga bisa menyebabkan efek pada organ dalam tubuhmu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jeffrey Weidenhamer dari Ahsland University menyimpulkan bahwa dari 99% bahan imitasi pada perhiasan emas palsu, 25% nya menggunakan bahan-bahan beracun.

Bahan-bahan beracun ini tentunya akan membahayakan organ-organ tubuhmu yang vital seperti hati sehingga dampak selanjutnya adalah dapat mengalami kanker. Karena itu, agar kamu terhindar dari hal seperti itu, sekali lagi pertimbangkanlah untuk tidak membeli dan mengenakan perhiasan imitasi.

8. Menganggu Sistem Saraf

Apabila kamu tetap ngotot membeli dan mengenakan perhiasan emas imitasi, efek yang bakal kamu rasakan selanjutnya adalah perhiasan itu bisa mengganggu sistem sarafmu. Hal itu karena emas sendiri, terutama yang imitasi bisa merangsang dan membangkitkan semua proses yang terjadi dalam otak manusia.

Karena sarafmu terganggu kamu bisa mengalami depresi yang tentu saja akan mempengaruhi kesehatanmu. Selain itu, kalau kamu penderita epilepsi apabila melihat silau emas yang imitasi juga akan membuatmu mengalami kejang-kejang.

Bahkan, perhiasan emas yang imitasi terutama untuk cincin bisa mengakibatkan gangguan sistem kapiler atau pembuluh darahmu. Nah, karena itu, sekali lagi, pertimbangkanlah hal-hal tersebut sebelum membeli dan mengenakannya ya!

Itulah efek-efek yang ditimbulkan apabila kamu membeli dan mengenakan perhiasan emas imitasi demi mempercantik diri.

Cara terbaik menghindarinya adalah sebaiknya membeli perhiasan yang asli, melepaskan dengan segera perhiasan emas imitasi yang melekat pada kulit, dan konsultasikan ke dokter kulit jika sudah mengalami hal tersebut.

Apabila kamu menginginkan perhiasan emas asli yang berkualitas, yuk pilih perhiasan terbaikmu di perhiasan emas yang tersedia di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *