Cincin emas kebesaran

Cincin Emas Kebesaran? Berikut Cara Mengakalinya Supaya Pas!

Cincin emas kebesaran saat kamu pakai? Hal tersebut tentu saja membuat kamu merasa tidak nyaman. Selain tidak nyaman, kamu juga akan merasa khawatir salah satu perhiasan emas yang kamu kenakan itu akan lepas dari jari tanganmu.

Karena keadaan seperti itu, kamu malah berpikir untuk tidak memakainya saja daripada tidak merasa nyaman dan lepas tiba-tiba.

Namun, kamu juga berpikir hal tersebut sungguh disayangkan apalagi cincin emas itu adalah cincin favorit yang mahal harganya. Tentu akan menjadi sebuah kebanggaan bagi kamu bisa memperlihatkan cincin yang harga dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Nah, daripada kamu merasa tidak nyaman dan khawatir untuk memakai cincin emas yang kamu banggakan itu, kamu sebenarnya bisa mengakalinya dengan cara-cara berikut di bawah ini ya! Apa saja cara-caranya?

Cara Mengakali Cincin Emas Kebesaran

1. Menggunakan Plester

Plester yang biasa kamu pakai sebagai penyumbat luka di tubuhmu setelah mengalami benturan ternyata bisa juga kamu gunakan untuk mengakali cincin emas yang kebesaran. Cara mengakali dengan plester ini termasuk yang cukup simpel dan sering dilakukan oleh banyak orang yang juga punya perhiasan emas yang kebesaran.

Plester ini akan dapat memperkecil ukuran cincin. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal melilitkan plester pada bagian belakang cincin. Tetapi, ada yang perlu kamu perhatikan untuk plester ini. Sebaiknya, pilih plester dari kain. Soalnya, kalau kamu memilih plester dari plastik atau bahan licin lainnya, jarimu jadi terasa kurang nyaman.

Dan, jangan lupa pilih plester yang sesuai dengan warna kulitmu, ya supaya warna kulitmu tidak kalah dari plester!

2. Menggunakan Lem

Ternyata benda yang satu ini, yang sering kamu gunakan untuk merekatkan kertas atau benda pecah-belah yang pecah bisa juga kamu gunakan untuk mengakali cincin yang kebesaran. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis lem untuk cincin emasmu itu, lho! Lem pertama yang bisa kamu gunakan adalah lem panas atau lem tembak.

Caranya, kamu tinggal melelehkan saja lem pada bagian cincin yang kebesaran. Lalu, lem kedua yang bisa kamu gunakan adalah lem kayu. Lem ini sifatnya lebih praktis, dan karena warnanya yang bening, penggunaan lem ini sangat dianjurkan karena tidak akan terlihat mencolok ketika dipakai.

3. Menempelkan Solasi

Kalau kamu di rumah tidak ada plester atau lem, kamu ternyata juga bisa menggunakan solasi, lho sebagai solusi untuk mengakali cincin emas yang ukurannya kebesaran. Tetapi, solasi yang kamu gunakan harus solasi bening, ya bukan solasi yang tidak bening supaya tidak terlihat mencolok dan bisa memperlihatkan bentuk cincin.

Untuk menggunakan benda yang satu ini cukup mudah. Kamu tinggal melilitkan saja solasi bening ini pada bagian belakang cincin. Selain cara di atas, kamu juga bisa menambahkan solasi pada bagian dalam cincin. Caranya, gunting solasi sesuai dengan lebar cincin lalu tempelkan secara melingkar pada bagian dalam cincin.

Cara yang kedua ini sangat dianjurkan karena akan terlihat rapi saat kamu mengenakannya daripada cara pertama. Akan tetapi, jangan terlalu berharap pada kenyamanannya ya karena akan membuat cincin menjadi lebih licin.

4. Mengoleskan Cat Kuku

Siapa bilang cat kuku cuma untuk mengoleskan kuku saja supaya terlihat lebih cantik? Kenyatannya, cat kuku bisa juga kamu gunakan untuk mengakali cincin emas yang kebesaran, lho! Caranya hampir mirip seperti kamu menggunakan lem. Oleskan saja cat kuku pada bagian cincin yang terlalu longgar.

Lalu tunggulah sampai cat kuku kering, dan setelah itu cobalah gunakan cincin yang telah diolesi cat kuku tersebut. Kalau masih kebesaran, tambahkan kembali lapisan cat kuku pada bagian dalam cincin. Ulangi cara ini sampai cincin benar-benar pas di jarimu.

Tentu saja, cara ini ada kelemahannya karena prosesnya yang cukup lama daripada menggunakan lem. Selain itu, untuk membersihkan kamu perlu larutan pembersih cat kuku. Supaya warna asli cincin kamu tidak rusak, pilih cat kuku dengan warna bening atau yang sama dengan warna cincin.

5. Menumpuk dengan Cincin Kecil

Kalau kamu tidak mau ribet untuk mengakali cincin emas kebesaran, kamu bisa menggunakan cara yang teramat simpel. Kamu bisa menggunakan cincin dengan ukuran yang lebih kecil untuk ditumpukkan pada cincin emas yang ukurannya terlalu besar itu.

Cincin kecil ini nantinya akan bisa menahan cinci  yang kebesaran. Nah, selain pada cincin kamu juga bisa menerapkannya pada gelangmu yang juga kebesaran, Lho! Dengan cara ini, penampilanmu akan menjadi berbeda tentunya karena mendapatkan kesan yang bohemian.

6. Menggunakan Silikon

Kamu sudah menggunakan lem untuk cincin emasmu yang kebesaran itu. Tetapi, ternyata hasilnya malah tidak sesuai harapan karena kurang mampu menahan, dan kamu pun kecewa. Sebenarnya, kamu kecewa dulu kalau menggunakan benda lain yang bisa membantu memperkecil ukuran cincin.

Benda itu adalah silikon yang biasa digunakan untuk merekatkan bagian-bagian pada akuarium supaya tidak cepat merembes. Silikon ini bisa kamu beli di toko-toko ikan atau akuarium. Bentuk dan teksturnya sama seperti lem. Begitu juga dengan warnanya. Sama-sama transparan. Untuk cara menggunakannya pun sama ketika kamu menggunakan lem.

7. Menggunakan Per Pulpen

Apakah kamu di rumah punya pulpen yang sudah tidak bisa kamu pakai karena tintanya kering? Kalau iya, jangan dibuang dulu! Ternyata kamu bisa juga menggunakan benda ini untuk cincin emasmu itu, terutama pada bagian pernya.

Caranya pun cukup mudah. Lepaskan terlebih dahulu bagian per dari pulpenmu kemudian lingkar dan dan kaitkan per tersebut di bagian belakang cincin.

8. Menyimpulkan Benang Jahit

Kalau di rumahmu ada benang jahit, kamu bisa juga lho menggunakannya untuk mengakali cincin emasmu yang longgar. Cara menggunakan benang jahit ini sama dengan menggunakan solasi. Yang pertama kamu harus lakukan adalah mengaitkan ujung benang pada bagian belakang cincin terlebih dahulu.

Kemudian kaitkan di sepanjang bagian belakang hingga memiliki ketebalan yang cukup untuk membuat cincin tidak lagi longgar. Terakhir, gunting dan simpulkan. Supaya benang yang kamu simpulkan ini benar-benar tidak terlihat, gunakan saja benang warna putih.

9. Menggunakan Ban Bekas

Cara lain yang bisa kamu gunakan supaya cincin emasmu yang longgar itu bisa diperkecil ukurannya adalah menggunakan ban bekas. Terdengar cara ini agak aneh dan tidak biasa namun bisa kamu coba terapkan agar kamu tidak khawatir saat menggunakan cincin.

Selain itu, cara ini juga agak sulit. Namun, ban bekas ternyata memiliku keunggulan tahan air dan cepat kering sehingga akan lebih aman untuk cincinmu. Untuk ban bekas ini sebenarnya agak sulit juga menemukannya. Beruntung jika kamu memilikinya, kamu bisa menyiapka karet ban bekas motor atau mobil lalu ambil sedikit saja.

Untuk menggunakannya adalah potong karet ban dengan menyesuaikan bagian samping kiri dan kanan cincin. Kemudian tempelkan karet ban tersebut pada bagian samping. Ban bekas yang kamu pakai untuk mengecilkan ukuran cincin ini bisa sesuaikan dengan ruang longgar pada bagian cincin.

Selain ban bekas, kamu juga bisa menggunakan spons atau bantalan sepatu. Tetapi, sayangnya, keduanya tidak tahan air.

10. Menggunakan Pengganjal Cincin

Kalau kamu adalah orang yang tidak mau benar-benar ribet serta menginginkan cara yang benar-benar praktis, kamu bisa menggunakan pengganjal cincin sebagai cara cepat.

Pengganjal cincin ini terdiri dari dua jenis, dan kamu bisa pilih salah satunya. Ada yang berbentuk menyerupai per, dan bisa kamu lilitkan pada sisi cincin. Selain itu, ada yang memiliki bentuk menyerupai tabung karet dengan model belah yang bisa kamu kaitkan pada bagian belakang cincin.

11. Menggunakan Pengikat Kabel

Salah satu benda yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran cincin emasmu adalah menggunakan cable tie atau pengikat kabel. Pilihlah pengikat kabel dengan ukuran yang kecil kemudian untuk warnanya pilih saja yang transparan agar lebih tidak terlihat.

Untuk menggunakannya, potong terlebih dahulu pengikat kabel menyesuaikan dengan ukuran cincin kemudian selipkan ke dalam bagian belakang cincin supaya lem tidak berpindah posisi. Pengikat kabel ini memiliki permukaan halus dan kasar. Karena itu, gunakan saja bagian yang halus yang ada di bagian luar supaya kamu nyaman dan tidak terluka.

12. Menggunakan Pemotong Cincin

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan ukuran cincin emas kebesaran adalah bawalah kembali ke toko tempat kamu membeli cincin itu untuk dipotong, dikurangi logamnya lalu disambungkan kembali.

Namun, supaya cincin emasmu yang dipotong itu benar-benar seperti yang pertama, kamu harus memastikan pemotongan tersebut dengan benar. Cincin yang sudah dipotong dan disambung kembali akan lebih rapuh. Selain itu, yang perlu kamu perhatikan lagi adalah sambungannya bisa terlihat dan mempengaruhi tampilan.

Seperti itulah cara-cara untuk mengakali dan menyiasati apabila cincin emas yang kamu pakai kebesaran dan longgar ukurannya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mengakalinya selain cara-cara di atas, yaitu kamu harus perhatikan beberapa model cincin yang ternyata tidak bisa diakali karena akan merusak bagian cincin.

Model-model itu adalah cincin titanium, stainless steel, tungsten, dan cincin dengan batu permata. Agar tidak mengalami hal kebesaran atau kelonggaran, kamu harus lebih cermat dalam memilih ukuran cincin di samping desain dan detailnya yang menarik. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *