Perbedaan Emas Antam dan UBS

Emas merupakan barang investasi yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki nilai keuntungan yang tinggi dan sudah tidak diragukan lagi. Terdapat dua brand yang sangat umum dengan menyediakan investasi emas yang tersedia di pasar logam mulia di Indonesia. Keduanya yaitu emas Antam dan UBS.

Bagi kamu yang akan memulai investasi emas batangan dan masih bingung mencari emas mana yang lebih baik, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai perbedaan Emas Antam dan UBS dari kadar, ukuran, sertifikat, dan masih banyak yang lainnya.

Saat ini, emas batangan Antam menguasai sekitar 90% pangan pasar, sedangkan emas UBS hanya sekitar 10%. Pemain lain di pasar emas batangan baru mendapatkan sedikit tempat di pasar.

Logam mulia Antam merupakan emas yang diprodukai PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan tambang ini sebelumnya merupakan BUMN, kemudian sahamnya dialihkan pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero) sebagai anggota holding.

Antam berdiri pada tahun 1968 dan menjadi produsen emas batangan sejak tahun 1973. Tidak hanya seputar emas, PT ANTAM juga mempunyai kegiatan lain seperti mengolah dan memurnikan perak hingga platina.

Sementara UBS merupakan emas yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di kota Surabaya.

Foto: Sahabat Pegadaian

Apa sih bedanya kedua logam mulia dari kedua perusahaan tersebut? Berikut perbedaan emas batangan Antam dan UBS:

1. Ukuran

Produk emas batangan yang dikeluarkan Antam terdiri dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat higga 1.000 gram atau 1 kilogram.

Sementara emas yang diproduksi oleh UBS relatif terbatas dalam segi ukuran. Perusahaan ini hanya merilis emas batangan dengan ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Jika dilihat dari ukuran, emas batangan Antam relatif lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan keluaran UBS yang memiliki dimensi lebih lebar. Keduanya mempunyai kesamaan, yaitu memiliki kadar emas sebanyak 99,99 persen.

2. Sertifikat

Emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya atau terlaminating. Emas antam merupakan perusahaan yang emas produksinya bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) sehingga lebih mudah dijual di pasar dan di negara manapun.

Di pasaran juga masih tersedia emas Antam dengan versi kemasan lama, dimana sertifikatnya masih berupa kertas berhologram terpisah.

Sementara emas di UBS hanya memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Untuk pecahan emas paling kecil sampai 4 gram, sertifikatnya berbentuk kertas dimana emas terlaminasi di dalamnya menyerupai bentuk SIM card.

Untuk pecahah di atas 5 gram, UBS mengeluarkan sertifikat berbentuk kertas hologram yang terpisah dengan emasnya dan bisa dikeluarkan dari kemasan plastik sehingga bisa dipegang secara langsung.

3. Stok

Emas Antam bisa dibeli langsung di Unit Bisnis Antam yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Selain itu, PT Antam saat ini juga membuka butik emas di berbagai kota untuk penjualan langsung emas batangan produksinya.

Emas UBS tidak memiliki pusat penjualan khusus sebagaimana Antam. Kesamaan keduanya, kedua emas batangan itu bisa ditemukan dengan mudah di toko emas, Pegadaian, maupun marketplace.

Walau demikiam, jika kamu membeli di toko emas, stoknya terbatas dan hanya untuk ukuran tertentu. Sehingga untuk pembeliannya, baik UBS maupun Antam, terkadang harus melakukan pemesan.

4. Harga

Naik turun harga emas batangan Antam maupun UBS bisa dilihat pada website resmi penjualan kedua perusahaan. Emas Antam relatif memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan UBS.

Sebagai contoh, berikut harga logam mulia batangan di laman penjualan UBS dan Antam -pada saat artikel ini dibuat:

Harga Emas UBS

  1. Pecahan ukuran 0,5 gram Rp 495.300.
  2. Pecahan 1 gram Rp 868.200
  3. Pecahan 2 gram Rp 1.698.600
  4. Pecahan 3 gram Rp 2.526.300
  5. Pecahan 4 gram Rp 3.339.600
  6. Pecahan 5 gram Rp 4.156.500
  7. Pecahan 10 gram Rp 8.221.200
  8. Pecahan 25 gram Rp 20.411.250

Harga Emas Antam

  1. Pecahan ukuran 0,5 gram Rp 484.000
  2. Pecahan 1 gram Rp 919.000
  3. Pecahan 2 gram Rp 1.787.000
  4. Pecahan 3 gram Rp 2.559.000
  5. Pecahan 5 gram Rp 4.415.000
  6. Pecahan 10 gram Rp 8.765.000
  7. Pecahan 25 gram Rp 21.805.000

Di atas sudah dijelaskan mengenai perbedaan emas Antam dan UBS. Apakah kamu sudah dapat memilih dimana akan melakukan investasi emas? Perlu diingat jika investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang kamu punya. Selamat berinvestasi!

vncoartikeladmin

Recent Posts

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

5 hari ago

Nikah Modal 20 Juta? Bisa!

Biaya nikah 20 juta, memang bisa? Menggelar pernikahan seringkali dipandang sebagai tantangan finansial yang cukup…

5 hari ago

Kapan Sih Waktu Paling Pas Buat Foto Prewedding?

Memasuki fase perencanaan pernikahan, pasti kamu dan pasangan nggak mau melewatkan satu momen penting yang…

6 hari ago

Memilih Lab Grown Diamond sebagai Cincin Pernikahan, Bukan Berlian Biasa!

Hey kamu yang sedang mengulik cincin pernikahan yang istimewa! Memberikan perhiasan menjadi salah satu cara…

6 hari ago

Ingin Menikah? Ini lah 8 Kriteria Pasangan Menurut Islam yang Perlu kamu Tahu

Menurut ajaran Islam, memilih pasangan hidup adalah keputusan yang sangat penting dan harus dilakukan dengan…

1 minggu ago

Apa itu Dipingit? Serba-Serbi Pingitan Mulai dari Pengertian sampai Pandangan Dalam Islam

Kalian tentu sudah tidak asing lagi kan dengan kata pingitan, bukan? Ya, pingitan merupakan salah…

1 minggu ago