8 Fakta Emas unik

8 Fakta Unik Seputar Emas

Banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk tentang fakta emas, kebanyakan hanya mengetahui emas adalah logam mulia yang harganya mahal. Dibandingkan dengan jaman sekarang, emas dalam bentuk batangan atau bentuk lainnya lebih populer pada jaman dahulu.

Namun, tahukah kamu tentang fakta-fakta emas dalam bentuk emas batangan atau bentuk lainnya itu sendiri?

  1. Berasal dari Luar Angkasa

Image result for space made by goldSebelum dibentuk menjadi cincin kawin, emas adalah salah satu elemen yang terdapat dari bebatuan yang perlu melalui proses rumit untuk pemisahannya. Berbeda dengan cerita-cerita yang mengatakan bahwa emas berasal dari pot leprechaun yang berada di akhir lengkung pelangi.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa emas berasal dari luar angkasa, mereka menemukan bahwa emas ada di bumi karena dibawa oleh asteroid yang terjadi karena ledakan supernova di angkasa. Para peneliti kemudian menemukan bahwa emas lebih banyak ditemukan di planet lain.

  1. Memiliki Tekstur Lunak

Dalam batuan terdapat butiran-butiran atau bijih-bijih emas yang kemudian harus diekstraksi untuk dipisahkan. Kemudian emas yang berwarna kuning berkilau dan berbiji ini akan dipanaskan. Karena memiliki tekstur yang lunak, emas yang sudah melebur akan menjadi cairan kental yang bisa dicetak menjadi emas batangan atau pun ke bentuk-bentuk lainnya.

  1. Alat Tukar Dagang

Image result for dinarJika saat ini emas batangan atau pun emas dalam bentuk lainnya dijadikan investasi dan perhiasan untuk memperlihatkan status seseorang, di jaman dahulu emas lebih berfungsi sebagai alat tukar dagang. Seperti halnya uang kertas di jaman sekarang, emas juga memiliki fungsi yang sama di jaman dulu.

Kamu mungkin pernah melihat film-film tentang peradaban yang lebih tua dimana orang-orang menggunakan batu-batu emas dan perak dalam ukuran tertentu dalam berbelanja, bukan? Itu adalah bukti bahwa emas adalah alat tukar dagang karena dianggap berharga dan memiliki nilai tinggi.

  1. Abadi

Dibandingkan dengan logam, emas memiliki sifat yang abadi. Emas entah dalam bentuk emas batangan atau pun yang sudah diolah ke bentuk lain, tetap akan memiliki unsur yang sama dan tidak akan bisa berkarat.

  1. Logam Mulia

Emas baik dalam bentuk bukan emas batangan, merupakan logam mulia karena memiliki sifat abadi yang anti korosi atau pun oksidasi. Karena emas sulit bereaksi dengan asam, emas memiliki harga lebih tinggi dibandingkan logam jenis lainnya.

  1. Ada Pada Semua Ponsel

Image result for gold in smartphonesYang dimaksudkan disini bukanlah emas batangan, tetapi memang setiap handphone atau ponsel itu ada emasnya. Emas yang melapisi komponen-komponen tertentu dalam ponsel merupakan faktor penting karena mampu menghantarkan arus listrik tanpa adanya hambatan.

Coba kamu pikirkan, kenapa ada yang mau membeli ponsel bekas atau pun alat elektronik dalam kondisi mati atau rusak sekalipun? Ternyata selain ada komponen yang bisa diambil untuk keperluan servis alat lainnya, ada emas dalam bentuk campuran logam lain di dalamnya. Maka dari itu, semakin mahal harga ponsel, semakin banyak campuran emas yang digunakan.

  1. Dipakai Sebagai Obat

Related imageSelain digunakan dalam pembuatan kosmetik, emas banyak dipakai sebagai obat dalam dunia kesehatan. Emas memiliki kandungan isotop radioaktif Au-198 yang diketahui bisa menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

  1. Dijadikan Makanan

Image result for food by goldSeperti yang kamu sudah sering lihat di media sosial atau pun situs lainnya atau mencobanya sendiri, emas yang berwujud leaf gold dan bukanlah emas batangan sudah menjadi kewajiban untuk membuat makanan apa pun menjadi luxury.

Mulai dari dumpling yang disajikan dengan sejumput emas di atasnya, coklat-coklat berselimut emas, hingga chicken wings yang diselimuti oleh liquid gold bercampur buffalo sauce. Menarik, bukan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *